Mubadalah.id – Pernah dengar lagu berjudul, ‘Kidung Reksabumi’ yang dibawakan oleh Sindy Purbawati? Lagu dengan instrumen creepy berbahasa jawa itu secara umum terdiri dari tiga bait dengan empat baris. Jika kita terjemahkan, isinya kurang lebih menggambarkan keadaan hutan yang gundul, kemarahan gunung berapi, dan hilangnya banyak nyawa akibat bencana alam. Kalau membaca keseluruhan liriknya, lagu ini spesifik merujuk pada kondisi bumi yang renta akibat ulah manusia.
Beberapa kali mendengarkan lagu tersebut dengan seksama, saya jadi teringat salah satu mata kuliah di konsentrasi yang saya ambil, tentang ekofeminisme. Di sana saya tahu bahwa cara pandang antroposentrisme telah membutakan mata hati manusia, sehingga menjadikan alam tidak lebih dari sekadar objek pemuas.
Alam, oleh kelompok antroposen ini, kita eksploitasi secara membabi buta untuk kepentingan manusia. Ngeri sekali. Lalu apakah kepentingan manusia berbanding lurus dengan kesejahteraan seluruh umat manusia? Nyatanya tidak.
Konflik Antar Sesama Manusia
Ada persoalan yang lebih kompleks sedang terjadi, antar sesama manusia. Konflik yang runcing dan pelik, yang membuat satu kelompok merasa paling benar, sementara yang lain menjadi bagian yang marginal, tersisih, dan rentan. Konflik berkepanjangan ini kemudian membuat manusia lupa bahwa bumi yang ia tempati sudah sangat jauh dari baik-baik saja.
Salah satu yang menohok bagi saya ketika menyadari bahwa nyawa tidak lebih penting dari tempat ibadah dan keyakinan seseorang. Bahwa perbedaan yang merupakan fitrah manusia, justru menjadi sebab utama hilangnya nyawa. Mengutip kompas, 7 Desember 2022 lalu. Setidaknya ada tujuh kasus bom bunuh diri yang terjadi di Indonesia dan keseluruhannya menelan korban jiwa. Korbannya tidak hanya orang dewasa, tetapi juga anak-anak.
Terangnya, lewat lagu tersebut saya menyadari bahwa Indonesia masih jauh dari potret ideal keberagaman bangsa. Apalagi soal kesadaran akan lingkungan hidup, yang selama ini cenderung kita abaikan. Isu lingkungan seakan tidak memiliki irisan dengan isu kemanusiaan. Bahkan mungkin dianggap berada di blind spot, sehingga tidak terjangkau pandangan manusia. Padahal ada benang merah yang menghubungkan dua kondisi pelik tesebut, yakni ketamakan manusia.
Memahami Kesalingtergantungan Umat Manusia
Bulan lalu, selepas penyelenggaraan Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) II, saya berkesempatan mendapat souvenir berupa buku baru Kiai Faqihudin Abdul Kodir, yang menulis tentang relasi mubadalah antara muslim dengan umat berbeda agama dan kepercayaan. Sebagaimana judul yang ada di sampul depan, buku setebal 234 halaman tersebut berisi tiga bab yang utuh membincangkan hubungan antara umat muslim dengan umat yang berbeda.
Dalam buku tersebut, saya mendapat pemahaman yang lebih mendalam terkait dalil-dalil yang menerangkan hubungan antar agama. Bahkan sejak masa Rasulullah Saw, terdapat teladan demi teladan yang bisa menjadi inspirasi umat masa kini untuk menghormati umat yang berbeda baik secara suku, ras, terutama agama. Selain interpretasi atas QS. Al-Hujurat ayat 13, ternyata dalam sirah Nabi juga dikisahkan mengenai akhlak Muhammad Saw terhadap non-muslim.
Kiai Faqih tidak lupa menyertakan hadits-hadits yang bisa dijadikan landasan bahwa seluruh umat manusia adalah saudara. Seperti dalam Musnad Imam Ahmad bin Hanbal nomor 19601. Secara singkat, dalam hadits tersebut dikisahkan bahwa dalam akhir shalat Nabi Saw, beliau berdoa kepada Allah dengan mengucap kalimat syahadah. Adapun pada syahadah ketiga, Nabi Muhammad bersaksi bahwa seluruh manusia di muka bumi ini adalah saudara (Kodir, 2022: 83-85).
Sebagai saudara, aspek relevan yang bisa dibangun tentu adalah semangat persatuan, bukan peperangan. Di mana upaya yang dibangun dari semangat tersebut adalah bersatu untuk memerangi perpecahan dan kedzaliman. Dalam konteks berbangsa dan bernegara, implementasi dari hadits tersebut bisa lebih jauh menyasar pada upaya untuk saling menciptakan peradaban yang damai dan berkeadilan.
Refleksi dari Lagu Kidung Reksabumi
Namun, sebagaimana saya katakan pada awal tulisan ini, ada musuh bersama yang perlu kita perangi. Kesejahteraan umat manusia tidak akan bertahan lama jika musuh bersama tersebut tidak segera kita atasi, yakni persoalan lingkungan. Bumi yang makin renta membutuhkan kerja ekstra dari seluruh elemen untuk menyokong sendi-sendinya. Di sinilah posisi umat lintas iman menjadi krusial.
Kesalingtergantungan antar umat beragama nyatanya juga berbanding lurus dengan kesalingtergantungan antara manusia dengan alam. Hal ini menuntut masing-masing agama untuk bertindak secara nyata dalam upaya mencegah kerusakan alam yang makin parah.
Kesadaran bahwa seluruh individu manusia adalah saudara tidak hanya penting dalam mewujudkan sikap toleransi antar umat beragama, tetapi juga penting dalam memenuhi tanggung jawab untuk menyelamatkan lingkungan hidup, menjaga bumi yang kita tinggali.
Hal tersebut senada dengan dua baris lirik Kidung Reksabumi di bait kedua, “Reksa Bumi ajeg asri / Mindha among karsa sagotro” yang artinya ketika kita mampu menjaga alam tetap asri atau indah, maka sama saja kita telah menjaga keluarga kita, menjaga rumah seisinya.
Pada dasarnya, lagu ini memiliki pesan tersirat yang dapat menumbuhkan kesadaran baru bagi pendengarnya. Kidung Reksabumi nyatanya telah mengajak saya untuk merefleksikan ulang posisi saya sebagai manusia. Bahwa sebagai bagian dari alam semesta, manusia tidak boleh memiliki sikap tamak atau serakah dalam laku hidupnya, baik serakah dalam materi maupun soal beragama. []