Mubadalah.id – Kisah-kisah hikmah dari Jalaluddin Rumi sejatinya bukan hanya indah dari segi sastra. Akan tetapi juga mengandung pesan yang mendalam, dan menyentuh nurani. Kisah Rumi isinya sarat dengan apa yang terjadi pada kehidupan keseharian kita. Maka dari itu, kisah-kisahnya sangat relevan untuk kita ulang atau kita ceritakan kembali di zaman kiwari ini.
Ada satu kisah hikmah dari sufi agung asal Persia tersebut yang sangat patut untuk kita renungi. Pada satu kesempatan, Rumi pernah berkata kepada murid-muridnya. “Tahukah kalian mengapa Allah mencela untuk meniru suara keledai dan al-Quran mengatakan suara ini paling tidak baik?” Tentu penyebutan suara keledai ini tidaklah tanpa makna dan pastinya memiliki hikmah yang sangat bermanfaat bagi manusia.
Rumi kemudian menjelaskan intisari ayat al-Quran yang menyatakan bahwa:
وَاقْصِدْ فِي مَشْيِكَ وَاغْضُضْ مِنْ صَوْتِكَ إِنَّ أَنْكَرَ الْأَصْوَاتِ لَصَوْتُ الْحَمِيرِ
“Sesungguhnya suara yang paling buruk adalah suara keledai.” (QS. Lukman [13]: 19)
Kata Rumi: Perumpamaan Keledai dalam al-Quran
Pada zaman dahulu, ketika Allah menciptakan semua makhluk hidup, Ia menganugerahkan kepada masing-masing makhlukNya kemampuan untuk bersuara. Ketika untuk pertama kalinya mereka mengeluarkan suara, seluruh makhluk memuji dan mengagungkan Allah— semua, kecuali keledai. Keledai hanya mau bersuara saat ia merasa lapar atau ketika sedang terkuasai oleh hawa nafsunya.
Narasi Rumi tentang perumpamaan keledai dalam al-Quran adalah ajakan untuk kita merenung. Kita melihat manusia pada masa ini, banyak dari mereka yang bertingkah serupa. Bagaimana tidak? Ketika bencana melanda bumi, ketika kemiskinan meningkat, dan saudara-saudara kita tertimpa kesusahan, banyak yang memilih diam. Seolah itu bukan menjadi urusannya.
Namun ketika berbicara urusan pribadi terganggu, gaji, tunjangan, atau fasilitas pribadi, mereka menjadi sangat lantang. Aksi mereka cepat, suara mereka keras. Namun, ketika kepentingan itu telah terpenuhi, mereka kembali bungkam, seperti tidak pernah peduli sebelumnya.
Ada juga orang yang bersuara keras, vokal, dan kritis. Di mana-mana dia menjadi singa mimbar, bahkan ada juga terkenal sebagai pengikut garis keras, tetapi tiba tiba suaranya hilang. Rupanya ia kini sudah menduduki jabatan yang basah di tengah-tengah orang yang dahulu ia kecam.
Rupanya lagi, suara kerasnya itu hanya suara keledai. Suara yang keluar karena lapar.
Pesan untuk Aktivis, Jangan Berperilaku Seperti Keledai
Sebagaimana Jalaluddin Rahmat yang menafsirkan ayat di atas, bahwa keledai memiliki sifat yang buruk. Berbeda dengan hewan dan binatang lain. Ia memiliki sifat egois yang hanya bersuara jika berhubungan langsung dengan kepentingan dirinya, seperti lapar, haus, dan kawin. Artinya keledai tidak begitu peduli dengan kondisi sekelilingnya jika belum menyangkut dengan kebutuhannya.
Sifat tersebut juga tidak jarang dimiliki oleh manusia, individualis, egois, pragmatis oportunis, mementingkan kebutuhan diri sendiri tanpa memperhatikan orang lain.
Dalam konteks sosial masyarakat misalnya, seorang aktivis atau pejabat pemerintahan mulai kritis dan mau berbicara vokal jika hal itu berurusan untuk kepentingannya sendiri. Atau sebalikanya yang biasanya bersuara lantang untuk melawan kezaliman, tiba-tiba suaranya mengecil atau bahkan hilang karena ternyata telah diberikan uang sogokan.
Padahal sejak dulu Islam telah memerintahkan kita untuk berpikir tentang pentingnya jam’iyah atau kebersamaan ketimbang memikirkan kepentingan diri atau kelompoknya saja. Kita diminta untuk bersuara ketika keadilan terampas, bukan hanya ketika perut lapar. Kita diperintahkan untuk peduli terhadap sesama, bukan hanya ketika keuntungan pribadi terancam.
Rasulullah bersabda, “Barang siapa di pagi harinya tidak memikirkan urusan kaum Muslimin, maka ia bukan bagian dari mereka.” (HR. Thabrani)
Dalam hadis lain, riwayat dari Ibnu Abbas, Nabi Saw bersabda: “Seorang pemimpin adalah pelayan bagi masyarakatnya.” Sehingga setiap perilaku dan kebijakan pemimpin, aktivis, atau orang yang memiliki kedudukan dan kita hormati seharusnya diorientasikan untuk kemaslahatan masyarakat. Bukan kemaslahatan diri maupun kelompoknya semata. Wallahu a’lam.[]