• Login
  • Register
Rabu, 29 Maret 2023
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Memaknai Isra Mi’raj, Sebuah Kritik atas Glorifikasi Kisah Perempuan Pendosa

Isra Mi’raj sebagaimana yang melekat dalam pemahaman saya adalah gambaran tentang perempuan pendosa. Padahal di sisi lain, cikal bakal adanya perjalanan spiritual Isra Mi’raj ini salah satunya juga disebabkan oleh perempuan. Ialah sayyidah Khadijah, istri tercinta Nabi Muhammad saw

Lutfiana Dwi Mayasari Lutfiana Dwi Mayasari
18/02/2023
in Publik, Rekomendasi
0
Memaknai Isra Mi'raj

Memaknai Isra Mi'raj

906
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Isra Mi’raj adalah perjalanan spriritual Nabi yang sangat luar biasa. Dimulai dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjidil Aqsha di Yerusslaem. Sebuah kota yang hingga kini menjadi symbol peradaban tiga agama samawi di dunia. Selain kisah tersebut, memaknai Isra Mi’raj dalam pemahaman saya juga identik dengan kisah banyaknya perempuan penghuni neraka yang Nabi temui sepanjang perjalanan.

Perempuan yang dibakar mulutnya karena hobi mengghibah, perempuan yang digantung rambutnya karena tidak menutup aurat dengan baik. Juga perempuan pezina yang berbau seperti bangkai, serta perempuan yang disiksa tubuhnya karena membangkang terhadap suami. Cerita tersebut terus para pemuka agama produksi, dan juga beberapa guru di jenjang pendidikan dasar.

Di jenjang Pendidikan yang lebih tinggi lagi ternyata narasi yang saya terima juga masih sama. Kutipan kitab sirah nabawiyah karya Syaikh Shafiyyurrahman al Mubarakfury tentang golongan perempuan ahli neraka yang Nabi temui saat Isra Mi’raj menegaskan pemahaman yang tersampaikan oleh guru-guru di tingkat dasar dahulu. Bedanya pada jenjang Pendidikan yang lebih tinggi, pendapat tersebut mereka legasi dengan pandangan tokoh besar.

Daftar Isi

    • Khadijah sebagai Cikal Bakal  Peristiwa Isra Mi’raj
  • Baca Juga:
  • Islam Pada Awalnya Asing
  • Jogan Ramadhan Online: Pengajian Khas Perspektif dan Pengalaman Perempuan
  • Kitab Sittin Al-‘Adliyah: Laki-laki dan Perempuan Dilarang Saling Merendahkan
  • Kitab Sittin Al-‘Adliyah: Nabi Saw Melarang Umatnya Merendahkan Perempuan
    • Sayyidah Khadijah Menguatkan Nabi
    • Isra Mi’raj sebagai Simbol Ketidakabadian Dunia

Khadijah sebagai Cikal Bakal  Peristiwa Isra Mi’raj

Isra Mi’raj sebagaimana yang melekat dalam pemahaman saya adalah gambaran tentang perempuan pendosa. Padahal di sisi lain, cikal bakal adanya perjalanan spiritual Isra Mi’raj ini salah satunya juga disebabkan oleh perempuan. Ialah sayyidah Khadijah, istri tercinta Nabi Muhammad saw. Namun sayangnya, kisah inspiratif Khadijah sebagai sebab terjadinya peristiwa Isra Miraj ini sangat jarang tersampaikan.

Khadijah adalah mitra kerja dan partner terbaik Nabi selama mendakwahkan agama Islam, bahkan sebelum Nabi mendapatkan wahyu. Sebagai seorang saudagar yang kaya raya, ia mendorong dan mendukung Nabi dalam menyebarkan agama Islam. Khadijah adalah prototipe perempuan modern, mandiri, bertanggungjawab, energik dan visioner.

Baca Juga:

Islam Pada Awalnya Asing

Jogan Ramadhan Online: Pengajian Khas Perspektif dan Pengalaman Perempuan

Kitab Sittin Al-‘Adliyah: Laki-laki dan Perempuan Dilarang Saling Merendahkan

Kitab Sittin Al-‘Adliyah: Nabi Saw Melarang Umatnya Merendahkan Perempuan

Hal ini bisa kita lihat saat Nabi pulang dari Gua Hira. Setelah ditinggal berhari-hari untuk uzlah, Nabi pulang dalam keadaan ketakutan yang sangat luar biasa. Alih-alih mengajukan banyak pertanyaan kepada Nabi, Khadijah langsung menyelimuti Nabi dan langsung menenangkan beliau. Sayyidah Khadijah mengambil selimut yang tebal untuk menghangatkan tubuh Nabi, sembari mendengarkan cerita Nabi yang di luar batas nalar dan rasionalitas akal tersebut.

Jikalau bukan karena kebaikan hati dan sifat mulia Khadijah, tentunya sebagai istri akan merasa emosional jika mendapati suami yang tidak pulang berhari-hari, justru menceritakan hal-hal mistis dan unlogic. Namun Khadjah tidak melakukan hak tersebut, justru Khadijah pula yang membawa Nabi pada Waraqah bin Naufal (ahli kitab) untuk menanyakan peristiwa apa yang dialami oleh suaminya tersebut.

Waraqah menyebutkan tanda-tanda kenabian dalam diri Nabi. Sosok yang mendatangi Nabi adalah An-Namus (wahyu) sebagaimana yang mendatangi Nabi Musa dan Nabi Isa. Ia melanjutkan bahwa Nabi akan banyak mendapatkan musuh dan perlawanan karena syariat yang nanti Nabi sebarkan. Hingga iapun berkata:

“Jikalau aku masih hidup pada hari itu, niscaya aku akan membantumu sebenar-benarnya.”

Sayyidah Khadijah Menguatkan Nabi

Dalam kondisi penuh kebimbangan karena peristiwa yang di luar nalar tersebut, Khadijah hadir menjadi sosok penguat Nabi untuk menjalankan perintah wahyu selanjutnya. Khadijah membenarkan risalah yang dibawa oleh Nabi, dan mengimani Allah SWT. Ialah pulalah sosok pertama kali yang mengimani risalah Nabi Muhammad. Dukungan dari Khadijah ini semakin menambah kekuatan Nabi untuk terus mendakwahkan agama Allah SWT. Hingga beliau menyatakan:

“Waktu tidur telah lenyap wahai Khadijah, Jibril telah menyuruh saya memperingatkan manusia dan mengajak mereka hanya beribadah pada Allah”

Semenjak itulah, Khadijah terus berada di sisi Nabi dalam berdakwah. Tanpa mengeluh, tanpa putus asa, tanpa menuntut. Beliau berjuang dengan sekuat tenaga dan kemampuan yang beliau miliki. Bahkan saat suku Quraisy mengembargo Nabi di Syi’b (lembah) selama tiga tahun, Khadijah ikut serta bersama dengan Nabi. Sosok perempuan yang berlatar belakang saudagar kaya tersebut ikut merasakan kecemasan, menahan lapar, mendapat penganiayaan dari kerabat, dan mengalami banyak kesedihan tanpa mengeluh.

Hingga pada akhirnya, tepatnya pada 10 Ramadan di tahun 10 kenabian, Khadijah meninggalkan Nabi Muhammad untuk selama-lamanya. Penguburan al-Hujun adalah tempat terakhir Nabi menemani Khadijah di dunia. Semenjak itu pula, bayangan Khadijah melekat kuat di benak Nabi. Tak ada yang keluar dari ucapan Nabi kecuali kebaikan Khadijah dan dukungannya untuk Islam.

Kesedihan Nabi semakin bertambah karena selain belahan jiwanya yaitu Khadijah, Abu Thalib sosok paman yang mendukung dakwah Islam juga meninggal tepat tiga hari sebelum Khadijah. Adanya perjalanan spiritual Nabi dalam bentuk Isra Mi’raj ini adalah salah satu cara Tuhan melipur lara Nabi Muhammad yang mengalami duka mendalami setelah kematian keduanya. Kesedihan terbesar Nabi tersebut terkenal dengan Ammul Huzn (tahun kesedihan).

Isra Mi’raj sebagai Simbol Ketidakabadian Dunia

Jikalau pertemuan dengan Khadijah adalah impian dan pelipur lara Nabi, tentu hal yang mudah bagi Allah untuk mempertemukan dua insan di dua dimensi tersebut dengan kuasa-Nya. Namun, Allah memberikan pelajaran berharga lain bagi Nabi. Bahwa Isra adalah bentuk pembebasan manusia dari ketertundukan dan ketergantungan pada makhluk. Dengan Isra itu pula, Allah memberikan sebuah pelajaran berharga bahwa tidak ada yang abadi di dunia. Maka menjadi seorang hamba, juga tidak boleh menghamba pada makhluk Allah.

Dengan Mi’raj, Allah memberikan pelajaran bahwa jika seseorang sudah bisa membebaskan diri dari kesedihan karena makhluk, maka perjalanan menuju kedekatan spiritual tertinggi akan mudah tercapai. Kedekatan dengan Allah akan tercapai jika hubungan dengan sesama makhluk terjalin dengan tujuan mengapai ridha-Nya.

Perlu kita tegaskan bahwa memaknai Isra Mi’raj juga simbol kebangkitan Nabi setelah ditinggal oleh sosok perempuan yang paling beliau cintai. Maka makna dari Isra Mi’raj bukan hanya tentang visualisasi perempuan sebagai makhluk pendosa. Seorang  pendosa tak memiliki jenis kelamin, yang terlihat adalah bagaimana kesalahan dan dosa tersebut masing-masing individu juga bisa melakukannya. Penzina perempuan dan laki-laki, penggibah perempuan dan laki-laki, pada hakikatnya akan mendapatkan ganjaran yang sama. Begitupula dengan amal kebaikan, juga kita lihat dari nilai kebaikan yang ia lakukan bukan karena jenis kelaminnya. []

 

Tags: Ahlu BaytislamIsra mi'rajKeluarga NabiperempuanPerjalanan Nabisejarah
Lutfiana Dwi Mayasari

Lutfiana Dwi Mayasari

Dosen IAIN Ponorogo. Berminat di Kajian Hukum, Gender dan Perdamaian

Terkait Posts

Sittin al-‘Adliyah

Kitab Sittin Al-‘Adliyah: Prinsip Kasih Sayang Itu Timbal Balik

28 Maret 2023
Tradisi di Bulan Ramadan

Menggali Nilai-nilai Tradisi di Bulan Ramadan yang Mulia

28 Maret 2023
Flexing Ibadah

Flexing Ibadah selama Ramadan, Bolehkah?

28 Maret 2023
Propaganda Intoleransi

Waspadai Propaganda Intoleransi Jelang Tahun Politik

27 Maret 2023
Akhlak dan perilaku yang baik

Pentingnya Memiliki Akhlak dan Perilaku yang Baik Kepada Semua Umat Manusia

26 Maret 2023
kitab Sittin al-‘Adliyah

Kitab Sittin Al-‘Adliyah: Laki-laki dan Perempuan Dilarang Saling Merendahkan

26 Maret 2023
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Sittin al-‘Adliyah

    Kitab Sittin Al-‘Adliyah: Prinsip Kasih Sayang Itu Timbal Balik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengapa Menjadi Bapak Rumah Tangga Dianggap Rendah?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menggali Nilai-nilai Tradisi di Bulan Ramadan yang Mulia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Islam Pada Awalnya Asing

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Imam Malik: Sosok yang Mengapresiasi Tradisi Lokal

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Islam Pada Awalnya Asing
  • Jalan Tengah Pengasuhan Anak
  • Imam Malik: Sosok yang Mengapresiasi Tradisi Lokal
  • Mengapa Menjadi Bapak Rumah Tangga Dianggap Rendah?
  • Kitab Sittin Al-‘Adliyah: Prinsip Kasih Sayang Itu Timbal Balik

Komentar Terbaru

  • Profil Gender: Angka tak Bisa Dibiarkan Begitu Saja pada Pesan untuk Ibu dari Chimamanda
  • Perempuan Boleh Berolahraga, Bukan Cuma Laki-laki Kok! pada Laki-laki dan Perempuan Sama-sama Miliki Potensi Sumber Fitnah
  • Mangkuk Minum Nabi, Tumbler dan Alam pada Perspektif Mubadalah Menjadi Bagian Dari Kerja-kerja Kemaslahatan
  • Petasan, Kebahagiaan Semu yang Sering Membawa Petaka pada Maqashid Syari’ah Jadi Prinsip Ciptakan Kemaslahatan Manusia
  • Berbagi Pengalaman Ustazah Pondok: Pentingnya Komunikasi pada Belajar dari Peran Kiai dan Pondok Pesantren Yang Adil Gender
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist