Mubadalah.id – Moderat atau dalam bahasa arabnya wasatha memiliki arti tengah-tengah. Dalam Alqur’an ummatan wasatha termaktub dalam QS. Al-Baqarah [2]: 143. Quraisy Shihab dalam Tafsir Al-Misbah mengomentari ayat tersebut dengan posisi pertengahan membuat manusia tidak memihak ke kiri dan ke kanan. Sikap tidak ekstrem kanan atau pun kiri tersebut, menurut Shihab, mengantar manusia berlaku adil (al-Misbah, Vol. 1, hlm. 415).
Wahbah az-Zuhaili dalam Tafsir Munir mengatakan bahwa al-wasth artinya pertengahan sesuatu atau poros lingkaran. Kata tersebut, lanjutnya, dipakai untuk menyatakan tentang hal-hal yang terpuji, seperti berani, adalah sikap tengah di antara ifraath (kelebihan) dan tafriith (kelalaian) (Al-Munir, Vol 1, hlm. 288). Contoh lain dari sikap moderat/pertengahan adalah sikap dermawan. Orang dermawan itu moderat, sebab ia berada di dua kutub ekstrem yakni pelit dan boros.
Kemenag dalam bukunya Moderasi Beragama berpandangan bahwa prinsip dasar dari moderasi adalah adil dan berimbang. Adil dan berimbang dalam menempatkan antara akal dan wahyu, jasmani dan rohani, hak dan kewajiban dan antara kepentingan individual dan komunal. (Kemenag, 2019: 19).
Pandangan di atas menjadi penting bagi kita untuk selalu bersikap moderat. Sebelum bersikap kita perlu memiliki wawasan moderat utamanya dalam beragama. Berwawasan Islam moderat tentu akan membawa kita kepada berbagai sikap dewasa dalam beragama. Lalu, kenapa kita harus berwawasan Islam moderat? Setidaknya ada beberapa alasan:
Pertama, supaya tidak gumunan. Beragama dengan kagetanan/gumunan tentu saja tidak menarik. Sedikit-sedikit kafir, bidngah, dan syirik. Tidak hanya tidak menarik, beragama dengan gumunan terasa hampa dan gersang. Penyebabnya sederhana yakni anti terhadap budaya dan tradisi yang telah diwariskan secara turun temurun dari leluhur bangsa.
Kecenderungan untuk tidak mengakomodasi budaya ini juga berimplikasi kepada mengikisnya warisan budaya Nusantara. Penulis ingat betul ketika Kementerian Agama yang masih di nahkodai Pak Lukman Hakim mengundang Mas Yasser Arafat untuk membaca Alqur’an dengan langgam Jawa. Sontak jagad maya Indonesia heboh.
Pro-kontra jelas terjadi. Alhasil, masyarakat Indonesia sadar, berapa banyak hari ini anak-anak milenial yang masih mewarisi langgam Jawa dari leluhur mereka. Lalu, berapa banyak mushala-mushala dan masjid-masjid yang melantukan shalawat dengan langgam Jawa seperti dulu mbah buyut kita.
Kedua, mampu mendialogkan budaya dan Islam. Kita semua tau bahwa dialektika tradisi/kebudayaan dan Islam di Indonesia telah berlangsung lama. Pun kita juga tau kalau juga banyak tradisi yang kita impor dari luar, utamanya Arab Saudi ketika dipimpin oleh Raja Su’ud dengan ideologi wahabi menjadi faham resmi negaranya.
Di Indonesia, dialog antara budaya dan Islam berlangsung sejak lama. Utamanya di zaman Walisongo. Contoh sederhana adalah Kanjeng Sunan Kalijaga dalam berdakwah menyebarkan Islam dengan menggunakan wayang.
Terhadap wayang, Kanjeng Sunan Kalijaga tidak mengharamkan atau pun membid’ahkan karena tidak ada di zaman Nabi, justru sebaliknya ia adalah alat menyebarkan nilai-nilai Islam moderat. Meminjam istilahnya Kiai Said Aqil Siradj, budaya adalah insfrastruktur sebuah bangsa. Sehingga, Islam, khususnya di Indonesia, tidak bisa dilepaskan dari budaya yang telah ada.
Dan, ketiga, mencintai negerinya dengan sepenuh hati. Wawasan Islam moderat yang terakhir, setelah tidak membuat orang gumunan dan mampu mendialogkan budaya dan Islam, adalah mampu mencintai negerinya dengan sepenuh hati, hubbul wathan minal iman.
Bagaimana mungkin seorang yang beriman menjalankan ritual ibadah tanpa memiliki tanah air? Di sinilah relevansi mencintai tanah air itu sebuah kewajiban. Atau dalam bait-bait puisinya Kiai Zawawi Imran menggambarkan bahwa; aku lahir di sini, makan dan minum dari tanah negeri ini, pun aku bersujud pada Allah juga di negeri ini. Jika suatu saat ajalku tiba, tubuhku juga akan dikubur di bumi negeri ini. (Tentu puisi teks aslinya dari puisi Kiai Zawawi Imran lebih indah).
Ulama-ulama kita mulai dari zaman Walisongo, Kiai Hasyim Asy’ari, Mbah Ahmad Dahlan dan lainnya, telah memberi contoh agar kita selalu mencintai tanah air. Mereka rela hilang nyawa demi mempertahankan Indonesia dari penjajah. Sudah seharusnya kita melanjutkan serta merawat negeri tercinta Indonesia. Wallahu’alam bish-shawab. []