• Login
  • Register
Kamis, 10 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Figur

Mengenal Konsep Feminisme Islam Nurcholish Madjid

Cak Nur adalah orang yang memiliki kepekaan terhadap gender. Kepekaan tersebut menjadi landasan ketauhidan terhadap Tuhan Yang Esa, dengan melihat persamaan laki-laki dan perempuan sebagai manusia yang sama dalam penciptaan Tuhan

Muallifah Muallifah
21/06/2022
in Figur
0
Feminisme Islam

Feminisme Islam

594
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Prof. Alimatul Qibtiyah, S.Ag., M.Si, M.A,Ph.D, selanjutnya kita sebut Prof Alimatul dalam sambutan pengukuhan gelar doktor pada kamis 17 September 2020 silam, menjelaskan secara detail bagaimana perjuangan panjang tentang feminisme Islam.

Bagi Prof. Alimatul, feminis Islam menunjukkan tradisi Islam sebagai landasan pertimbangan. Makna ini bisa juga kita artikan bagaimana mempertemukan feminisme dan Islam yang kadang masih banyak tertolak oleh kalangan umat Islam sendiri. Mengapa masih banyak penolakan? Berikut penjelasan konsep feminisme Islam Nurcholis Madjid atau yang lebih dikenal dengan sapaan Cak Nur.

Pertama, Nurcholish Madjid memulai dengan gagasan tentang persamaan manusia. Allah menciptakan manusia tanpa membedakan jenis kelamin. Cak Nur dalam pandangannya tentang relasi kemanusiaan, ketauhidan menjadi pijakan utama dalam melihat relasi kekuasaan. Tidak ada penghambaan manusia selain kepada Tuhan.

Dalam konteks ini, jenis kelamin tidak menjadi alasan mengapa seseorang harus kita bedakan. Sebab pada dasarnya, baik laki-laki atau perempuan, memiliki posisi yang sama di hadapan Tuhan, yakni sebagai hamba.

Landasan Teologis Feminisme Islam

Berdasarkan landasan teologis ini pula, manusia sebagai penyembah Tuhan, akan berpikiran bahwa, hakikat dan martabat manusia tidak dilihat dari perbedaan jenis kelamin. Ketika seseorang sudah fokus terhadap dasar tauhid tersebut, maka yang tercipta adalah kehidupan yang egaliter tanpa melihat jenis kelamin seseorang.

Baca Juga:

Ikhtiar Menyuarakan Kesetaraan Disabilitas

Benarkah Feminisme di Indonesia Berasal dari Barat dan Bertentangan dengan Islam?

Keadilan sebagai Prinsip dalam Islam

Tauhid sebagai Dasar Kesetaraan

Kedua, gagasan tentang kehalalan pernikahan beda agama. Dalam gagasan ini, banyak sekali yang menolak pernikahan beda agama. Tulisan ini bukan untuk memperdebatkan kehalalan pernikahan beda agama, akan tetapi melihat konsep pernikahan yang menjadi gagasan Cak Nur sebagai upaya mempertemukan gagasan dan menciptakan toleransi satu sama lain.

Bagi Cak Nur, institusi pernikahan adalah sebuah proses pertemuan laki-laki dan perempuan sebagai salah satu ibadah yang terpanjang umat manusia. Ruang tersebut harus dijalankan dengan kejujuran satu sama lain, keterbukaan, serta saling mencintai antara yang satu dengan lain.

Atas dasar itu, Cak Nur membolehkan perempuan muslim menikah dengan laki-laki non muslim. Hal ini karena, pernikahan tersebut bisa menjadi salah satu ruang belajar toleransi di dalamnya. Relasi perempuan dan laki-laki dalam sebuah pernikahan, tidak lain untuk membangun budi pekerti yang luhur (akhlakul karimah) sehingga relasi tersebut harus suci, penuh kejujuran dan bukan semata-mata sebagai pemuas nafsu semata.

Feminisme Islam Nurcholish Madjid: Jilbab dalam Pemikiran Cak Nur

Ketiga, gagasan tentang jilbab dan hijab. Bagi Cak Nur, jilbab bukanlah kewajiban sebagai umat Islam. Sebab Al-Quran menurunkan ayat tentang kewajiban menutup aurat tersebut, hanya pada konteks zaman Rasulullah. Ia memposisikan jilbab sebagai budaya dibandingkan dengan ajaran agama. Fungsi jilbab sebenarnya, perlindungan terhadap perempuan.

Dalam konteks penjelasan Cak Nur, perlu dipahami pula, masyarakat Barat, khususnya non muslim menganggap bahwa, penggunaan jilbab terhadap perempuan muslim justru sebagai bentuk pengekangan terhadap kebebasan perempuan. Sehingga Cak Nur menjawab stigma negatif tersebut dengen menekankan bahwa, penggunaan jilbab bagi perempuan adalah bentuk perlindungan dan kemuliaan perempuan.

Dari ketiga pandangan di atas, kiranya kita bisa memahami bahwa Cak Nur adalah orang yang memiliki kepekaan terhadap gender. Kepekaan tersebut menjadi landasan ketauhidan terhadap Tuhan Yang Esa, dengan melihat persamaan laki-laki dan perempuan sebagai manusia yang sama dalam penciptaan Tuhan.

Gagasan Cak Nur sebagai Dasar Feminisme Islam

Melalui buku yang tertulis oleh Cak Nur, yang berjudul “Iman dan Emansipasi Harkat Kemanusiaan“. Dan dalam buku Karya Lengkap Nurcholish Madjid memuat gagasan penting tentang spirit (semangat) peletakan dasar transendensi feminisme Islam.

Cak Nur melihat perempuan tidak sebagai subjek yang semata-mata dalam posisinya sebagai istri, adalah orang yang kita suruh, menghamba kepada suami, kemudian melaksanakan perintah suami dan mematuhi segala larangannya. Namun, ia melihat perempuan sebagai objek utuh yang harus terlihat secara kompleks bagaimana kemampuannnya.

Tidak hanya itu, relasi keluarga yakni suami dan istri mengutamakan kejujuran, keterbukaan, saling memahami satu sama lain. Melalui relasi tersebut, tentu tidak akan terjadi kekerasan dalam rumah tangga. Terjadinya kekerasan dalam rumah tangga seperti banyak yang terlaporkan oleh beberapa pasangan belakangan ini.

Terakhir, penggunaan jilbab atau tidak, perlu kita lihat sebagai sesuatu yang pembahasannya sangat kompleks. Pilihan berjilbab atau tidak, justru adalah pilihan yang tidak mengekang perempuan dan secara sadar perempuan menentukannya sendiri. []

Tags: feminismeFeminisme IslamGendergerakan perempuankeadilanKesetaraan
Muallifah

Muallifah

Penulis asal Sampang, sedang menyelesaikan studi di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Tinggal di Yogyakarta

Terkait Posts

Ekoteologi

Menyemarakkan Ajaran Ekoteologi ala Prof KH Nasaruddin Umar

13 Juni 2025
Hj. Biyati Ahwarumi

Hj. Biyati Ahwarumi, Perempuan di Balik Bisnis Pesantren Sunan Drajat

23 Mei 2025
Nyai Nur Channah

Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah

19 Mei 2025
Nyai A’izzah Amin Sholeh

Nyai A’izzah Amin Sholeh dan Tafsir Perempuan dalam Gerakan Sosial Islami

18 Mei 2025
Nyai Ratu Junti

Nyai Ratu Junti, Sufi Perempuan dari Indramayu

17 Mei 2025
Nyi HIndun

Mengenal Nyi Hindun, Potret Ketangguhan Perempuan Pesantren di Cirebon

16 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Melawan Perundungan

    Melawan Perundungan dengan Asik dan Menyenangkan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ketika Perempuan Tak Punya Hak atas Seksualitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Stop Menormalisasi Pelecehan Seksual: Terkenal Bukan Berarti Milik Semua Orang

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Life After Graduated: Perempuan dalam Pilihan Berpendidikan, Berkarir, dan Menikah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kuasa Suami atas Tubuh Istri

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Jalanan Jogja, Kopi yang Terlambat, dan Kisah Perempuan yang Tersisih
  • Sudah Saatnya Menghentikan Stigma Perempuan Sebagai Fitnah
  • Film Horor, Hantu Perempuan dan Mitos-mitos yang Mengikutinya
  • Hingga Saat Ini Perempuan Masih Dipandang sebagai Fitnah
  • Sudahkah Etis Jokes atau Humor Kepada Difabel? Sebuah Pandangan Islam

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID