• Login
  • Register
Rabu, 21 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Menjadi Hakim yang Adil Gender

Interpretasi mubadalah dapat digunakan hakim untuk menjawab persolan gender dalam sengketa yang diajukan kepadanya

Mohammad Sahli Ali Mohammad Sahli Ali
05/03/2024
in Publik
0
Hakim Adil Gender

Hakim Adil Gender

569
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Hakim dalam kesehariannya berhadapan langsung dengan pencari keadilan, mengindentifikasi kebutuhan hukum mereka, menganalisis konflik yang muncul, bergulat dengan pengungkapan fakta hukum. Selain itu menganalisis peraturan hukum dan bermuara dengan dihasilkannya putusan pengadilan yang menjadi penentu kualitas dan kredibilitas seorang hakim.

Hal ini sebagaimana ungkapan bahwa putusan hakim merupakan mahkotanya para hakim. Sehingga setiap keputusan yang hakim jatuhkan, perlu memperhatikan hal yang esensial. Yakni: keadilan (gerechtigheit), kememfaatan (zwachmatigheit), dan kepastian (rechtsecherheit).

Namun, Munculnya kritik dari masyarakat terhadap putusan hakim menunjukkan kurang puasnya masyarakat terhadap kinerja pengadilan. Khususnya pengadilan agama yang mereka anggap masih bisa gender. Sebagaimana yang Musdah Mulia ungkapkan bahwa bias gender terjadi salah satunya karena masih rendahnya sensitivitas gender di lingkungan penegak hukum terutama di kalangan hakim.

Hal senada juga Lies Marcoes kemukakan, bahwa hakim perlu merubah cara pandang, maindset yang bias gender. Karena selama ini isteri yang harus terus menerus kita tuntut untuk tabah, kuat, sabar dalam mengarungi rumah tangga. Isteri adalah pelayan suami dan anak-anak, sehingga harus melakukan perubahan cara melihat keadilan.

Hakim Berkeadilan Gender

Selain itu, Mansour Fakih menyebutkan bahwa tanda putusan hakim yang adil gender tertandai dengan hadirnya marginaslisasi perempuan, subordinasi pada salah satu jenis kelamin, dan stereotype terhadap jenis kelamin tertentu. Lalu kekerasan terhadap jenis kelamin tertentu, serta peran perempuan yang menanggung beban kerja domestik lebih banyak dan lebih lama.

Baca Juga:

Kontekstualisasi Ajaran Islam terhadap Hari Raya Waisak

Persoalan Gender dalam Fikih Kesaksian

Wajah Perempuan Bukan Aurat, Tapi Keadilan yang Tak Disuarakan

Bagaimana Gerakan Kesalingan Membebaskan Laki-laki Juga?

Agar pandangan di atas tidak lagi kita tujukan kepada hakim Pengadilan Agama, hakim adil gender dalam memutus perkara harus telegitimasi dan termotivasi untuk melakukan ijtihad, menafsirkan teks-teks hukum yang bias gender. Bahkan melangkah lebih jauh ke balik teks hukum (beyond legal text).

Hakim pengadilan agama adalah penegak nilai-nilai hukum Islam, Hakim bukanlah corong fikih atau hukum Islam terapan yang telah ada. Namun, hakim juga sebagai pembaharu yang bisa mewujudkan hukum yang berkeadilan gender melalui putusannya.

Metode yang paling lazim yang hakim pakai untuk melakukan ijtihad atau penemuan hukum adalah dengan menggunakan metode interpretasi terhadap teks-teks hukum. Oleh karena itu, kiranya Interpretasi teks hukum yang dapat kita jadikan alternatif solusi bagi hakim sebagai upaya menghadirkan putusan yang adil gender adalah dengan menggunakan pendekatan interpretasi mubadalah yang Faqihuddin Abdul Kodir prakarsai, atau yang sering kita sapa dengan sebutan Kang Faqih.

Pendekatan Mubadalah

Menurut Kang Faqih Interpretasi Mubadalah sengaja ia hadirkan untuk melengkapi dinamika teks dan realitas dalam tradisi Islam. Di mana selama ini kurang menunjukkan kesadaran bahwa perempuan dan laki-laki adalah setara.

Metode interpretasi mubadalah merupakan interaksi antara teks dan realitas, yang harapannya mampu memberikan makna konstruktif terhadap realitas kehidupan perempuan dan mengangkat prinsip-prinsip relasi antara laki-laki dan perempuan.

Ada tiga langkah yang bisa hakim lakukan dalam melakukan interpretasi mubadalah. Yakni menemukan nilai prinsipal, kemudian mencari gagasan utama atau ideal moral, dan terakhir menurunkan ideal moral tersebut kepada jenis kalamin yang tidak tersebutkan dalam teks.

Dengan demikian, interpretasi mubadalah dapat hakim gunakan untuk menjawab persolan gender dalam sengketa yang diajukan kepadanya. Seperti dalam permasalahan pernikahan, perceraian, penyelesaian konflik dalam rumah tangga, pengasuhan anak, serta dalam masalah kewarisan.

Namun, dalam penerapannya ada beberapa teks yang perlu kehati-hatian dalam mengoperasikan interpretasi mubadalah. Misalnya, teks yang membolehkan laki-laki pada kondisi tertentu untuk menikah lebih dari satu orang atau poligami. Makna kebolehan suami beristeri lebih dari satu orang bukanlah gagasan utama ayah, sehingga perempuan tidak boleh bersuami lebih dari satu orang atau poliandri. []

 

 

Tags: GenderHakim Adil Genderkeadilan
Mohammad Sahli Ali

Mohammad Sahli Ali

Mohammad Sahli Ali (Alumni Prodi Hukum Keluarga Fakultas Syariah UIN Antasari Banjarmasin) Facebook : Mohammad Sahli Ali / Ig : @sahliali20

Terkait Posts

Peran Aisyiyah

Peran Aisyiyah dalam Memperjuangkan Kesetaraan dan Kemanusiaan Perempuan

20 Mei 2025
Peluang Kerja bagi Penyandang Disabilitas

Ironi Peluang Kerja bagi Penyandang Disabilitas: Kesenjangan Menjadi Tantangan Bersama

20 Mei 2025
Inses

Grup Facebook Fantasi Sedarah: Wabah dan Ancaman Inses di Dalam Keluarga

17 Mei 2025
Dialog Antar Agama

Merangkul yang Terasingkan: Memaknai GEDSI dalam terang Dialog Antar Agama

17 Mei 2025
Inses

Inses Bukan Aib Keluarga, Tapi Kejahatan yang Harus Diungkap

17 Mei 2025
Kashmir

Kashmir: Tanah yang Disengketakan, Perempuan yang Dilupakan

16 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Bangga Punya Ulama Perempuan

    Saya Bangga Punya Ulama Perempuan!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Peran Aisyiyah dalam Memperjuangkan Kesetaraan dan Kemanusiaan Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KB Menurut Pandangan Fazlur Rahman

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KB dalam Pandangan Riffat Hassan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ironi Peluang Kerja bagi Penyandang Disabilitas: Kesenjangan Menjadi Tantangan Bersama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Pengertian dan Hadits Larangan Melakukan Azl
  • Rahasia Tetap Berpikir Positif Setiap Hari, Meski Dunia Tak Bersahabat
  • KB dalam Hadits
  • Ulama Perempuan sebagai Puser Bumi
  • Menyusui Anak dalam Pandangan Islam

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version