Mubadalah.id – Di pesisir utara pantai pulau Jawa, seperti Cirebon, Indramayu, dan Subang, terdapat sebuah tradisi yang biasa disebut “nadran”. Nadran juga dikenal dengan sebutan pesta laut, sedekah laut, sedekah bumi, upacara buang saji, dan labuh saji.
Nadran adalah lambang rasa syukur manusia pada Tuhan. Karena Tuhan telah memberi manusia kehidupan, memelihara bumi tempat kehidupan, dan yang melimpahkan rezeki.
Dengan begitu nadran di kampungku dimaknai sebagai rasa terima kasih pada segala nikmat yang telah Tuhan berikan pada manusia. Itu artinya memahaminya bisa dengan sangat sederhani yaitu kalau kita mengambil atau menerika, maka kita juga harus memberi.
Kalau kita setiap hari mengambil makanan dari laut, maka sudah seharusnya kita juga memberi dan menjaga apa yang ada di laut.
Dalam Tulisan Abdul Rosyidi di Mubadalah.id menjelaskan bahwa “Nadran” atau “nyadran” berasal dari bahasa Sansekerta “sradha” yang berarti keyakinan atau keimanan. Sradha merupakan aspek keimanan yang lekat dengan agama Hindu.
Tradisi Nusantara
Nadran berasal dari upacara dan ritual Hindu kuno di Nusantara yang masih dilestarikan masyarakat hingga Islam datang. Nadran sering diidentikkan dengan ritual melarung kepala kerbau di tengah laut sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta.
Oleh karenanya, nadran biasa dilakukan oleh masyarakat bahari atau para pelaut yang menggantungkan penghidupannya dari hasil laut.
Inti dari upacara nadran adalah mempersembahkan sesaji kepada penguasa laut, agar Allah Swt memberi hasil laut yang berlimpah, sekaligus sebagai ritual tolak bala (keselamatan).
Secara gambaran besar tradisi nadran terdapat beberapa macam kegiatan. Pertama, pertunjukkan seni tradisional seperti Wayang, Organ Tunggal, Tarling, dan kesenian lainnya. Kedua, pasar tradisional (dadakan).
Ketiga, tawasulan dan yasinan. Keempat, makan bersama atau bancakan. Kelima, membuat perahu yang berisikan tumpeng, buah-buahan, sayur-sayuran, bumbu dapur, dan makanan lainnya untuk dilemparkan ke laut.
Sebelum makanan tersebut para nelayan lemparkan ke laut, perahu tersebut mereka arak terlebih dahulu ke beberapa tempat yang sudah ia tentukan. Lalu para nelayan membawanya ke laut untuk ia persembahkan kepada penguasa laut.
Nadran dan Pentingnya Menjaga Alam
Dari penjabaran di atas, ternyata upacara tradisi nadran memiliki nilai-nilai filosofis yang luar biasa, salah satunya tentang menjaga alam. Selama ini, kita selalu diajarkan bahwa Tuhan telah mencipatakan alam dan isinya untuk kita ambil manfaatnya sepuas-puasnya.
Tetapi kita tidak pernah diajarkan bahwa alam dan isinya juga merupakan makhluk hidup yang jika diperlakukan semena-mena, maka lama-lama akan rusak dan hancur.
Itulah mengapa nadran menurut saya bisa kita maknai sebagai simbol menjaga alam. Karena laut telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat pesisir, seperti memberikan hasil ikan laut, kerang-kerangan, hingga garam-garaman.
Maka sudah seharusnya kita berterimakasih pada alam dengan tidak merusak dan mengekploitasinya, tapi menjaganya dengan tidak berlebih-lebihan mengambil apa yang ada di laut dan selama satu tahun sekali memberi mereka makanan. Sebagai simbol terima kasih.
Dalam hal ini Allah Swt dalam QS. al-A’raf ayat 56 juga telah menjelaskan bahwa salah satu tugas manusia di muka bumi ini ialah menjaga alam agar tidak cepat rusak. Ayat tersebut berbunyi:
وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَا وَادْعُوْهُ خَوْفًا وَّطَمَعًاۗ اِنَّ رَحْمَتَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِيْن
Artinya: “Janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi setelah Allah Swt atur dengan baik. Berdo’alah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat dengan orang-orang yang berbuat baik.” (QS. al-A’raf: 56).
Oleh karena itu, sebagai masyarakat pesisir saya sangat bangga karena tradisi nadran masih terjaga dengan baik di kampungku. Ini menandakan bahwa para pelaut di lingkunganku masih memiliki kesadaran bahwa alam dan manusia adalah relasi yang setara. Keduanya saling menjaga dan memberikan manfaat. []