Mubadalah.id – Dalam upaya memuluskan penjajahannya di Nusantara, VOC (Belanda) turut memanfaatkan agama. Banyak siasat berbau politisasi agama yang mereka lakukan dalam sejarah kolonial. Misalnya, mereka memanfaatkan Kristenisasi untuk menekan pengaruh para penguasa Nusantara yang umumnya beragama Islam.
Salah satu upaya penjajahan berkedok Kristenisasi yang VOC lakukan, adalah membagikan beras kepada pribumi yang baru memeluk Kristen. Siasat penjajahan yang kemudian memunculkan istilah “Kristen Beras” kala itu.
Nengah Bawa Atmadja dalam Geneologi Keruntuhan Majapahit menjelaskan, “J.P. Coen, selaku gubernur tanah jajahan, memperkenalkan cara untuk menarik minat masyarakat kepada agama Kristen Protestan. Yakni dengan membagi-bagikan beras kepada anak yang benar-benar masuk ke sekolah Kristen.
Dari cara ini kemudian muncul istilah ‘Kristen Beras’, sebutan untuk mereka yang mengikuti agama baru (Kristen Protestan) karena keuntungan ekonomi. Cara baru itu dikuatkan pula dengan Peraturan Kompeni Tahun 1635 yang mengijinkan pemberian beras dalam jumlah tertentu bagi pemeluk Kristen Protestan yang baru.”
Tentu pihak Islam menganggap kebijakan (siasat) VOC itu sebagai ancaman. Misalnya, bagi Sultan Agung–raja Mataram yang memandang dirinya sebagai raja Jawa sekaligus pelindung agama Islam–tentu ini menjadi gangguan nyata.
Dan, begitupun bagi pihak Islam yang lainnya. Sehingga, tidak heran jika perang kala itu turut terhiasi dengan slogan perang suci membela agama. Sebab dampak dari ulah VOC yang membawa-bawa agama untuk kepentingan penjajahan mereka.
Menelisik Misi VOC
Apakah VOC memang membawa misi Kristen ke Nusantara? Dan, apakah kelakuan VOC sejalan dengan nafas kekristenan? Kita perlu memahami dua pertanyaan ini, agar tidak keliru memandang kasih Kristen terhadap umat agama lain.
VOC (Belanda) datang ke Nusantara bukan untuk misi injili atau penyebaran ajaran Kristen. Tujuan mereka sepenuhnya adalah untuk menguasai sumber daya alam di Nusantara, sedangkan agama hanya menjadi alat untuk memuluskan upaya penjajahan. Maka, dalam upaya memuluskan penjajahannya, VOC tidak hanya memanfaatkan Kristenisasi, di daerah lain, seperti Blambangan, mereka justru mendorong Islamisasi.
Pada dasarnya, VOC menyesuaikan siasat keagamaan berdasarkan kondisi wilayah jajahan. Bagi mereka bukan soal apakah Kristen atau Islam yang berkembang, namun yang utama adalah penjajahan mereka tidak terganggu. Sikap yang tidak jauh beda dengan berbagai kelompok saat ini yang kerap mempolitisasi agama untuk memuluskan tujuan kelompoknya.
Sikap VOC sendiri yang memanfaatkan Kristenisasi untuk kepentingan penjajahan, itu tidak sejalan dengan nafas kekristenan sebagai agama kasih dan damai. Bahkan, tipikal dari gereja Belanda yang umumnya bermazhab Calvinis malah tidak mengenal misi injili.
Protestan Calvinis hanya mengenal menyebarkan kasih tanpa harus mengajak orang masuk ke agama mereka. Namun, sayangnya, akibat politisasi agama oleh VOC, menjadikan wajah Kristen kala itu seakan sebagai musuh Islam yang nyata. Padahal umat Kristiani dan Muslim dapat hidup bersama sebagai kawan baik.
Bayangan Panjang Sejarah Kolonial
Sebagaimana Raewyn Connel, dkk., dalam Toward a Global Sociology of Knowledge: Post-Colonial Realities and Intellectual Practices, menjelaskan bahwa bayangan panjang sejarah kolonial (penjajahan) memengaruhi domain pengetahuan. Itu berdampak dalam “the re-forming of the natives’ minds (pembentukan ulang pikiran penduduk asli)”.
Maka, berangkat dari penjelasan Connel dkk., kita dapat memahami bahwa ulah VOC yang melakukan penjajahan berkedok Kristenisasi tidak hanya berdampak di masa itu, namun juga bukan tidak mungkin membayangi kehidupan beragama sampai saat ini.
Keparnoan “sebagian” umat Muslim menerima bantuan dari umat agama lain, pandangan penuh kecurigaan, serta berbagai pola pikir negatif terhadap non-Muslim, semua itu bisa jadi tidak lepas dari bayangan penjajahan Belanda yang mengadu-dombakan agama.
Siasat penjajahan yang selama ratusan tahun menciptakan sejarah, kalau seakan jika ada umat Kristen, dan termasuk umat agama yang lain, membagikan bantuan kepada umat Islam itu adalah upaya penyebaran agama. Hal yang tanpa sadar memprogram pikiran masyarakat antarumat beragama untuk saling curiga, sehingga merusak toleransi masyarakat.
Kita memang perlu mengakui bahwa sejarah Kristenisasi dalam masyarakat Muslim “akibat politik penjajahan Belanda”, itu memang pernah ada. Namun, selamanya terjebak dalam bayangan sejarah kolonial itu bukan sikap yang bijak.
Kita perlu move on dari pola pikir mencurigai umat berbeda agama yang sebenarnya merupakan warisan era kolonial. Kemudian membangun sikap saling percaya antarumat beragama. Demikian itulah sejatinya merupakan kearifan masyarakat Nusantara, sebagai bangsa yang mengedepankan prinsip ke-bhineka-an dalam kehidupan antarumat beragama. []