• Login
  • Register
Selasa, 1 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Rekomendasi

Membincang Toleransi Muslim dan Kristen di Momen Idulfitri

Toleransi antara umat Muslim, Protestan, Katolik, Hindu, Budha, Khonghucu, Penghayat, Baha’i, dan umat lainnya adalah sangat mungkin.

Moh. Rivaldi Abdul Moh. Rivaldi Abdul
03/04/2025
in Rekomendasi
0
Toleransi Muslim dan Kristen

Toleransi Muslim dan Kristen

1.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Toleransi Muslim dan Kristen menghiasi momen hari raya Idulfitri. Mulai dari umat Kristiani yang ikut menjaga kelancaran pawai takbiran. Seperti yang terjadi di Kupang, Nusa Tenggara Timur. (Detik.com, 31/03/2025). Hingga umat Katolik yang memperkenankan halaman gereja mereka untuk tempat Salat Id, ketika masjid sudah tidak mampu menampung jemaah yang memebludak. Sebagaimana kejadian di Gereja Hati Kudus dan Masjid Agung Jami, Kota Malang, Jawa Timur. (Detik.com, 31/03/2025).

Dan, banyak lagi momen toleransi lainnya. Hal ini menjadi bukti nyata, bahwa non-Muslim dapat berlaku baik terhadap kita umat Muslim. Perbedaan agama tidak mesti berujung pada kebencian antarumat, itu bisa mengambil wujud kerukunan antarumat. Tentu, kerukunan adalah hal yang lebih baik dalam realitas masyarakat Indonesia yang majemuk.

Perihal Toleransi Orang Kristen, al-Qur’an Telah Mengabarkan Hal Ini

Saya jadi ingat dengan firman Allah SWT, dalam Surah al-Maidah Ayat 82; “…Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: ‘Sesungguhnya kami ini orang Nasrani.’ Yang demikian itu disebabkan karena di antara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri.”

Maksud orang Nasrani adalah orang Kristen. Ayat ini menerangkan bahwa orang Kristen dapat menjalin relasi baik dengan Muslim. Hal ini tidak lepas dari ajaran kasih dalam agama mereka. Pendeta dan rahib dapat kita maknai, adanya pemuka agama yang mengajarkan untuk saling mengasihi antarsesama manusia. Ajaran yang membuat mereka tidak sombong atas imannya, sehingga memungkinkan relasi dengan umat Muslim.

Ajaran kasih itu yang menjadikan umat Kristiani peduli dengan kelancaran pawai takbiran, meski mereka tahu yang menggema adalah Allahu-akbar (Allah Maha Besar). Membuat umat Katolik mau memperkenankan halaman gereja untuk tempat Salat Id, meski mereka tahu ibadah dan iman kita berbeda.

Baca Juga:

Prinsip Wa Laa Tusrifuuu dalam Mengurangi Konsumerisme pada Perayaan Lebaran

Doa Rasulullah dan Ulama Salih di Akhir Ramadan

Idulfitri, Hari Merayakan Toleransi: Sucinya Hati dari Nafsu Menyakiti Umat yang Berbeda Agama

Puasa Sebagai Perisai dari Bencana Kemanusiaan Akibat Perpecahan Antarumat Beragama

Toleransi Nabi terhadap Rombongan Kristen

Dalam sejarahnya, Nabi Muhammad SAW juga pernah menunjukkan ajaran kasih yang serupa dengan sikap toleran orang-orang Kristen di momen Idulfitri ini. Sikap yang menggambarkan makna al-Maidah 82, bahwa orang Islam dan orang Kristen dapat menjalin relasi yang baik.

Di mana, Nabi pernah memperkenankan rombongan orang-orang Kristen untuk memanfaatkan bagian Masjid Nabawih sebagai tempat kebaktian. Terhadap rombongan Kristen itu, sebagaimana mengutip Quraish Shihab dalam Toleransi: Ketuhanan, Kemanusiaan, dan Keberagamaan, Nabi juga berjanji untuk menjaga mereka. Tidak hanya dalam urusan sosial, namun juga dalam hal kemerdekaan beragama.

“Buat para penganut agama Nasrani, bila mereka memerlukan sesuatu untuk perbaikan tempat ibadah mereka, atau satu kepentingan mereka dan agama mereka, bila mereka membutuhkan bantuan dari kaum muslimin, maka hendaklah mereka dibantu….” Demikian penggalan janji Nabi kepada rombongan orang-orang Kristen.

Dalam hal ini, al-Qur’an telah mengabarkan bahwa orang Kristen dapat menjalin relasi baik dengan umat Muslim. Di sisi lain, Nabi sendiri juga telah mencontohkan sikap toleran terhadap orang Kristen. Maka, masihkah kita ingin berkata kerukunan antarumat beragama adalah tidak mungkin dan tidak perlu?

Tidak Hanya dengan Kristen, Toleransi Juga dengan Umat Berbeda Agama yang Lain

Apakah hanya orang Nasrani yang mungkin berlaku baik pada umat Muslim? Atau, apakah Muslim hanya perlu membangun toleransi dengan orang Kristen? Jawabannya, tentu tidak hanya dengan orang Kristen, namun juga dengan umat berbeda agama lainnya.

Sebagaimana ada pesan untuk menjalin relasi baik dengan orang Kristen, itu juga berlaku dengan umat agama lain. Poin dari al-Maidah 82 dan sikap baik Nabi terhadap rombongan Kristen, adalah kesadaran untuk membangun dan menjaga kerukunan antarumat beragama.

Mereka yang berbeda agama dapat bersahabat dengan Muslim. Begitupun, umat Muslim juga dapat bersahabat dengan umat berbeda agama. Syaratnya, sepanjang kita berjalan pada koridor ajaran kasih antarsesama manusia, dan bukan berdiri atas kesombongan.

Berdasarkan pandangan Faqihuddin Abdul Kodir dalam Relasi Mubadalah Muslim dengan Umat Berbeda Agama, hal ini termasuk prinsip maslahah dalam relasi kesalingan antarumat beragama. Dalam prinsip maslahah antarumat, semua pemeluk agama menjadi subjek yang melakukan dan memperoleh kebaikan dalam kehidupan damai bersama.

Dalam hal ini, saya pikir semua agama mengajarkan prinsip maslahah, tentu dengan kerangka ajaran masing-masing. Oleh karena itu, toleransi antara umat Muslim, Protestan, Katolik, Hindu, Budha, Khonghucu, Penghayat, Baha’i, dan umat lainnya adalah sangat mungkin. Juga sangat penting, jika kita mencitakan kedamaian dalam kehidupan masyarakat yang beragam agama ini. []

Tags: Hari Raya IdulfitriKeberagamaanKerukunan Antarumat BeragamaToleransi beragamaUmat Islam dan Kristen
Moh. Rivaldi Abdul

Moh. Rivaldi Abdul

S1 PAI IAIN Sultan Amai Gorontalo pada tahun 2019. S2 Prodi Interdisciplinary Islamic Studies Konsentrasi Islam Nusantara di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sekarang, menempuh pendidikan Doktoral (S3) Prodi Studi Islam Konsentrasi Sejarah Kebudayaan Islam di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Terkait Posts

Toxic Positivity

Melampaui Toxic Positivity, Merawat Diri dengan Realistis Ala Judith Herman

30 Juni 2025
Geng Motor

Begal dan Geng Motor yang Kian Meresahkan

29 Juni 2025
Fiqh Al-Usrah

Fiqh Al-Usrah Menjembatani Teks Keislaman Klasik dan Realitas Kehidupan

28 Juni 2025
Sejarah Indonesia

Dari Androsentris ke Bisentris Histori: Membicarakan Sejarah Perempuan dalam Penulisan Ulang Sejarah Indonesia

27 Juni 2025
Humor Seksis

Tawa yang Menyakiti; Diskriminasi Gender Di Balik Humor Seksis

26 Juni 2025
Menjaga Ekosistem

Apa Kepentingan Kita Menjaga Ekosistem?

25 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Toxic Positivity

    Melampaui Toxic Positivity, Merawat Diri dengan Realistis Ala Judith Herman

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Women as The Second Choice: Perempuan Sebagai Subyek Utuh, Mengapa Hanya Menjadi Opsi?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ikhtiar Menyuarakan Kesetaraan Disabilitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bukan Lagi Pinggir Kota yang Sejuk: Pisangan Ciputat dalam Krisis Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kekerasan dalam Pacaran Makin Marak: Sudah Saatnya Perempuan Selektif Memilih Pasangan!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Menjaga Pluralisme Indonesia dari Paham Wahabi
  • Taman Eden yang Diciptakan Baik Adanya: Relasi Setara antara Manusia dan Alam dalam Kitab Kejadian
  • Kekerasan dalam Pacaran Makin Marak: Sudah Saatnya Perempuan Selektif Memilih Pasangan!
  • Melampaui Toxic Positivity, Merawat Diri dengan Realistis Ala Judith Herman
  • Bukan Lagi Pinggir Kota yang Sejuk: Pisangan Ciputat dalam Krisis Lingkungan

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID