• Login
  • Register
Rabu, 21 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Aktual

Pelanggengan Stigma di Balik Ramai-ramai Kuliner Janda

Fatikha Yuliana Fatikha Yuliana
18/07/2018
in Aktual
0
Ilustrasi: zomato[dot]com

Ilustrasi: zomato[dot]com

35
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Sejak beberapa hari ini di beranda media sosial saya berseliweran orang-orang membagikan artikel yang memuat berita kuliner dengan dibumbuhi kata “janda”, menjadi kuliner janda.

Artikel yang berisi tentang fenomena rumah makan di suatu daerah yang menyematkan embel-embel janda di belakang namanya, berikut dengan pramusaji yang juga berstatus janda dengan memakai kostum cosplay yang tergolong mini.

Tak hanya itu, kata ‘janda’ juga disematkan dalam daftar nama-nama menu makanan dan minuman di rumah makan tersebut.

Banyak dari mereka yang justru lebih fokus membicarakan pramusajinya daripada membahas rasa dan kualitas makanan yang ada di rumah makan tersebut.

Dari sini muncul pertanyaan di benak saya, mengapa stigma negatif janda tetap mengakar dan semakin kuat?

Baca Juga:

Catcalling Masih Merajalela: Mengapa Kita Tidak Boleh Diam?

Menyusui Anak dalam Pandangan Islam

KB dalam Pandangan Islam

Perempuan, Kehamilan Tak Diinginkan, dan Kekejaman Sosial

Baca juga: Stereotip Perempuan Indramayu

Mengutip Simone de Beauvoir, konstruksi gender menjadikan relasi kuasa antara laki-laki dan perempuan tidak seimbang.

Perempuan dianggap sebagai individu kelas dua bahkan sebagian ada yang menganggap perempuan hanya sebatas pelengkap.

Perempuan dinilai tidak berperan penting dalam membentuk peradaban, tidak sebagai bagian masyarakat yang pantas diakui eksistensinya, ada pula yang menganggap perempuan sebagai pemanis, terlebih jika perempuan berstatus janda.

Dalam budaya masyarakat kita yang patriarkis, status janda dianggap sebagai yang liyan, janda dianggap sebagai posisi yang rendah, dan tidak layak diakui peran dan eksistensinya dalam masyarakat.

Baca juga: Mitos Kecantikan dan Kebanggaan Perempuan

Padahal Islam mengajarkan bahwa manusia di bumi sabagai khalifah fil ardh, baik laki-laki maupun perempuan mempunyai peran dan tanggung jawab yang sama.

Islam juga menginspirasi bahwa perempuan adalah bagian dari entitas yang tidak berbeda dengan laki-laki. Yang membedakan adalah status ketakwaaan mereka. Tolok ukurnya bukan berorientasi pada jenis kelamin ataupun status ke-single-an. Laki-laki atau perempuan, janda atau single, kedudukannya sebagai manusia sama saja.

Perempuan yang berstatus janda selalu lekat dengan stigma, bahkan stigma juga turut muncul dari kalangan perempuan itu sendiri, dan tak jarang pula menghakimi.

Janda selalu mendapat stereotip negatif dalam masyarakat kita. Janda yang berparas cantik dan usianya masih muda disebut janda kembang. Janda yang sering keluar rumah hingga larut malam disebut janda nggak bener. Janda yang memiliki kehidupan yang sukses dicurigai sebagai janda simpanan.

Baca juga: Laki-laki Juga Fitnah bagi Perempuan

Pandangan bahwa janda hanya bisa mengandalkan fisik tanpa memiliki skill yang mumpuni ini mempertegas stereotip janda yang masih sangat kuat di masyarakat kita.

Dalam kasus restoran di atas, stigma janda lalu dieksploitasi menjadi sebuah komoditas. Stigma dan stereotip janda dijadikan strategi pemasaran oleh para pemodal. Perempuan dijadikan korban eksploitasi dan komodifikasi melalui tubuh dan statusnya.

Yang menyedihkan lagi jika pemodal adalah perempuan. Mungkin tujuannya memberi lapangan pekerjaan untuk perempuan yang berstatus janda, agar bisa hidup mandiri dan menghidupi keluarga.

Baca juga: Bukan ‘Dunia Terbalik’

Namun, konsep yang dipilih pemodal dengan mengkomodifikasi tubuh dan status janda sebagai strategi pemasaran ini justru melanggengkan stereotip negatif terhadap perempuan yang berstatus janda, sekaligus merendahkan perempuan itu sendiri.

Memangnya tidak ada konsep lain selain memakai kostum cosplay yang mini? Memangnya janda tidak memiliki skill lebih mumpuni selain yang bernuansa sensual? Memangnya yang bisa dikerjakan janda hanya melayani orang?

Saya kira, banyak perempuan yang berstatus janda memiliki kecerdasan dan skill mumpuni yang tidak melulu fisik. Masih banyak konsep yang bisa dijadikan opsi untuk strategi pemasaran tanpa harus mengeksploitasi tubuh dan status perempuan apalagi sampai melanggengkan stigma.[]

Tags: ayam jandabebek jandabias genderGenderislamKuliner jandapelabelanperempuanStereotipstigma
Fatikha Yuliana

Fatikha Yuliana

Fatikha Yuliana, terlahir di Indramayu. Alumni Ponpes Putri Al-Istiqomah Buntet Pesantren Cirebon. Berkuliah di Institut Studi Islam Fahmina (ISIF) Cirebon. Jatuh cinta pada kopi dan pantai.

Terkait Posts

Kebangkitan Ulama Perempuan

Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon

19 Mei 2025
Rieke Kebangkitan Ulama Perempuan

Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

19 Mei 2025
Mendokumentasikan Peran Ulama Perempuan

KUPI Dorong Masyarakat Dokumentasikan dan Narasikan Peran Ulama Perempuan di Akar Rumput

19 Mei 2025
Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

Alasan KUPI Jadikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

19 Mei 2025
Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan

KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

18 Mei 2025
Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia: Bersama Ulama dan Guru Perempuan, Bangkitlah Bangsa!

16 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Pengepungan di Bukit Duri

    Film Pengepungan di Bukit Duri : Kekerasan yang Diwariskan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KB dalam Pandangan Fiqh

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Hadits-hadits yang Membolehkan Azl

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Catcalling Masih Merajalela: Mengapa Kita Tidak Boleh Diam?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ulama Perempuan sebagai Puser Bumi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • KB dalam Pandangan Fiqh
  • Catcalling Masih Merajalela: Mengapa Kita Tidak Boleh Diam?
  • Hadits-hadits yang Membolehkan Azl
  • Film Pengepungan di Bukit Duri : Kekerasan yang Diwariskan
  • Pengertian dan Hadits Larangan Melakukan Azl

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version