• Login
  • Register
Minggu, 6 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hikmah

Pentingnya Memahami Asbabul Nuzul Ayat Al-Qur’an agar Tidak Bias Gender

Ayat-ayat spesifik (partikular) dalam al-Qur'an seperti yang ditunjukkan antara lain oleh QS. an-Nisa : 34 ini, menurut pandangan KH. Husein Muhammad, perlu dipahami sebagai teks-teks yang sedang berdialog dan memberikan respon atas suatu masalah pada orang-orang pada waktu itu

Redaksi Redaksi
30/12/2024
in Hikmah, Pernak-pernik
0
ayat al-Qur'an

ayat al-Qur'an

702
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Masalah besar yang dihadapi para penafsir teks-teks keagamaan adalah bahwa ayat al-Qur’an juga mengandungi teks-teks yang merujuk masalah-masalah tertentu (spesifik). Misalnya al-Qur’an surat an-Nisa ayat 34 dan al-Baqarah ayat 282.

Pembacaan literal atau tekstual terhadap ayat ini menunjukkan bahwa laki-laki memiliki keunggulan (superioritas) di atas perempuan, dan oleh karena itu laki-laki dalam banyak hal memiliki hak-hak penuh sementara perempuan memperoleh separuh dari padanya.

Pembacaan seperti ini dengan mudah dapat memberikan arti bahwa ayat ini bias gender. Ayat-ayat seperti ini tentu membutuhkan analisis secara kontekstual.

Kalau tidak, maka hal itu bisa menghasilkan kesimpulan bahwa ayat-ayat al-Qur’an saling bertentangan (kontradiksi). Keadaan ini adalah tidak mungkin dan tidak boleh terjadi dalam teks-teks Tuhan.

Ayat-ayat spesifik (partikular) dalam al-Qur’an seperti yang ditunjukkan antara lain oleh QS. an-Nisa : 34 ini, menurut pandangan KH. Husein Muhammad, perlu dipahami sebagai teks-teks yang sedang berdialog dan memberikan respon atas suatu masalah pada orang-orang pada waktu itu.

Baca Juga:

Bias Kultural dalam Duka: Laki-laki Tak Boleh Sepi, Perempuan Harus Mengisi

Dr. Nur Rofiah Tegaskan Pentingnya Mengubah Cara Pandang untuk Hentikan Kekerasan Seksual pada Anak

Jangan Membedakan Perlakuan antara Anak Laki-laki dan Perempuan

Ayat Al-Qur’an tentang Relasi Suami dan Istri

Pada saat yang sama, juga merespon yan al-Qur’an ajukan terhadap masalah tersebut sekaligus juga sesungguhnya merupakan respon transformatif. Terutama pada kenyataan kebudayaan yang sedang berlangsung, dengan penyelesaian yang sangat relevan sekaligus mengandung nilai moral.

Dengan kata lain, ayat ini sedang memperbaiki nasib kaum perempuan dari pada keadaan mereka sebelumnya dan untuk seterusnya menuju kepada keadaan yang lebih ideal.

Dengan demikian, ia tidak boleh berlaku tetap, melainkan kondisional, atau tertakluk pada ciri-ciri tertentu.

Mengandung Moral

Khalid Abou al-Fadl, Profesos Hukum Islam di UCLA, AS, dengan sangat menarik mengatakan bahwa aturan-aturan hukum yang bersifat khusus (partikular) yang terdapat dalam sumber-sumber sahih dapat melihatnya sebagai aturan yang mengandung moral.

Akan tetapi, aturan tersebut lebih menerimanya sebagai penyelesaian yang bersifat ketuhanan terhadap masalah khusus yang wujud dalam keadaan tertentu.

Dengan berubahnya kondisi aturan-aturan hukum yang bersifat khusus tersebut boleh saja gagal memenuhi tujuan moralnya.

Dari sinilah sekali lagi kita harus mengkaji teks-teks khusus tersebut dalam konteksnya sendiri.

Penafsiran tekstual ke atasnya dengan begitu tidak boleh melakukannya secara normatif. Jika kita memahaminya menurut makna tekstualnya dan kita memerlukan secara normatif untuk menjawab konteks sosial yang sudah berubah. Maka ayat tersebut mungkin sekali tidak lagi relevan dan boleh jadi tidak memenuhi kehendak ideal syari’ah.

Kajian teks-teks keagamaan dengan pendekatan kontekstual sesungguhnya telah muncul pada zaman awal (klasik) Islam. Pendekatan kontekstual adalah pendekatan untuk melihat konteks sejarah-sosial, yang dalam tradisi Islam menyebutnya sebagai Asbabul Nuzul. []

Tags: al-quranAsbabul Nuzulayatbias genderGendermemahamipentingnyaTidak
Redaksi

Redaksi

Terkait Posts

Bekerja adalah bagian dari Ibadah

Bekerja itu Ibadah

5 Juli 2025
Bekerja

Jangan Malu Bekerja

5 Juli 2025
Bekerja dalam islam

Islam Memuliakan Orang yang Bekerja

5 Juli 2025
Kholidin

Kholidin, Disabilitas, dan Emas : Satu Tangan Seribu Panah

5 Juli 2025
Sekolah Tumbuh

Belajar Inklusi dari Sekolah Tumbuh: Semua Anak Berhak Untuk Tumbuh

4 Juli 2025
Oligarki

Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi

4 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Gerakan KUPI

    Berjalan Bersama, Menafsir Bersama: Epistemic Partnership dalam Tubuh Gerakan KUPI

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kisah Jun-hee dalam Serial Squid Game dan Realitas Perempuan dalam Relasi yang Tidak Setara

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • ISIF akan Gelar Halaqoh Nasional, Bongkar Ulang Sejarah Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kholidin, Disabilitas, dan Emas : Satu Tangan Seribu Panah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Islam Memuliakan Orang yang Bekerja

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Bekerja itu Ibadah
  • Menemukan Wajah Sejati Islam di Tengah Ancaman Intoleransi dan Diskriminasi
  • Jangan Malu Bekerja
  • Yang Benar-benar Seram Itu Bukan Hidup Tanpa Nikah, Tapi Hidup Tanpa Diri Sendiri
  • Islam Memuliakan Orang yang Bekerja

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID