Selasa, 16 September 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Pengaburan Femisida

    Di Balik Topeng Penyesalan: Narasi Tunggal Pelaku dan Pengaburan Femisida

    Bincang Syariah Goes to Campus

    Kemenag Gelar Blissful Mawlid “Bincang Syariah Goes to Campus” Ajak Generasi Muda Rawat Bumi

    Ulama Perempuan KUPI

    Doa, Seruan Moral, dan Harapan Ulama Perempuan KUPI untuk Indonesia

    Ulama Perempuan KUPI yang

    Nyai Badriyah Fayumi: Maklumat Ulama Perempuan KUPI untuk Menyelamatkan Indonesia

    Ekoteologi

    Forum Rektor Bersama Gusdurian Dorong Ekoteologi Kampus

    Tuntutan 17+8

    Kamala Chandrakirana: Demokrasi Indonesia Hadapi “Krisis dalam Krisis”

    Keselamatan Bangsa

    Jaringan KUPI Akan Gelar Doa Bersama dan Maklumat Ulama Perempuan Indonesia

    Deligitimasi Otoritas

    Agama, Rakyat, dan Proses Delegitimasi Otoritas

    Nyai Badriyah

    Nyai Badriyah Fayumi: Gus Dur Selalu Letakkan Kemanusiaan di Atas Politik

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Content Creator

    Kontenisasi Murid: Ketika Guru Merangkap Content Creator

    Bissu

    Bissu dan Identitas Gender: Melampaui Konsep Gender Biner Barat

    Nilai Asih-asuh

    Integrasi Nilai Asih-asuh dalam Tafsir Al-Qur’an: Sebuah Telaah Tematik

    Akurasi data

    Akurasi Data Masih Jadi Problematika, Kapan Inkusivitas akan Mengada?

    Terjebak dalam Kehidupan

    Mengapa Kita Sering Terjebak dalam Kehidupan?

    Pengguna Kursi Roda

    Salatnya Pengguna Kursi Roda itu Bukan Ruhsah, tapi Azimah

    Korban Femisida

    Stop Bullying Korban Femisida!

    Bincang Syariah Goes to Campus

    Kemenag Gelar Blissful Mawlid “Bincang Syariah Goes to Campus” Ajak Generasi Muda Rawat Bumi

    Negara, Kekuasaan

    Negara, Kekuasaan, dan Problematika Kemanusiaan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Pinjol

    Ketika Game Online Menjerat Anak ke Dalam Jebakan Pinjol

    Adil Gender

    Membangun Masa Depan yang Setara dengan Parenting Adil Gender

    Kekerasan Terhadap Anak

    Rumah yang Tak Lagi Aman: Darurat Kekerasan terhadap Anak

    Malaysia

    SIS Forum Peringatkan: RUU Mufti 2024 Bisa Menyeret Malaysia ke Arah Otoritarianisme

    Pasca Perceraian

    SIS Forum Mari Perjuangkan Hak Finansial Perempuan Malaysia Pasca Perceraian  

    Anak

    Jangan Didik Anak dengan Cara Kekerasan

    Ojol

    Aksi Solidaritas Beli Makanan untuk Ojol di Indonesia dari SIS Forum Malaysia

    Abul ‘Ash

    Abul ‘Ash bin Ar-Rabi’: Menantu Nabi yang Tetap Menjaga Pernikahan Meski Beda Keyakinan

    Makkah

    Ketika Nabi Muhammad Saw Pulang ke Makkah

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Pengaburan Femisida

    Di Balik Topeng Penyesalan: Narasi Tunggal Pelaku dan Pengaburan Femisida

    Bincang Syariah Goes to Campus

    Kemenag Gelar Blissful Mawlid “Bincang Syariah Goes to Campus” Ajak Generasi Muda Rawat Bumi

    Ulama Perempuan KUPI

    Doa, Seruan Moral, dan Harapan Ulama Perempuan KUPI untuk Indonesia

    Ulama Perempuan KUPI yang

    Nyai Badriyah Fayumi: Maklumat Ulama Perempuan KUPI untuk Menyelamatkan Indonesia

    Ekoteologi

    Forum Rektor Bersama Gusdurian Dorong Ekoteologi Kampus

    Tuntutan 17+8

    Kamala Chandrakirana: Demokrasi Indonesia Hadapi “Krisis dalam Krisis”

    Keselamatan Bangsa

    Jaringan KUPI Akan Gelar Doa Bersama dan Maklumat Ulama Perempuan Indonesia

    Deligitimasi Otoritas

    Agama, Rakyat, dan Proses Delegitimasi Otoritas

    Nyai Badriyah

    Nyai Badriyah Fayumi: Gus Dur Selalu Letakkan Kemanusiaan di Atas Politik

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Content Creator

    Kontenisasi Murid: Ketika Guru Merangkap Content Creator

    Bissu

    Bissu dan Identitas Gender: Melampaui Konsep Gender Biner Barat

    Nilai Asih-asuh

    Integrasi Nilai Asih-asuh dalam Tafsir Al-Qur’an: Sebuah Telaah Tematik

    Akurasi data

    Akurasi Data Masih Jadi Problematika, Kapan Inkusivitas akan Mengada?

    Terjebak dalam Kehidupan

    Mengapa Kita Sering Terjebak dalam Kehidupan?

    Pengguna Kursi Roda

    Salatnya Pengguna Kursi Roda itu Bukan Ruhsah, tapi Azimah

    Korban Femisida

    Stop Bullying Korban Femisida!

    Bincang Syariah Goes to Campus

    Kemenag Gelar Blissful Mawlid “Bincang Syariah Goes to Campus” Ajak Generasi Muda Rawat Bumi

    Negara, Kekuasaan

    Negara, Kekuasaan, dan Problematika Kemanusiaan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Pinjol

    Ketika Game Online Menjerat Anak ke Dalam Jebakan Pinjol

    Adil Gender

    Membangun Masa Depan yang Setara dengan Parenting Adil Gender

    Kekerasan Terhadap Anak

    Rumah yang Tak Lagi Aman: Darurat Kekerasan terhadap Anak

    Malaysia

    SIS Forum Peringatkan: RUU Mufti 2024 Bisa Menyeret Malaysia ke Arah Otoritarianisme

    Pasca Perceraian

    SIS Forum Mari Perjuangkan Hak Finansial Perempuan Malaysia Pasca Perceraian  

    Anak

    Jangan Didik Anak dengan Cara Kekerasan

    Ojol

    Aksi Solidaritas Beli Makanan untuk Ojol di Indonesia dari SIS Forum Malaysia

    Abul ‘Ash

    Abul ‘Ash bin Ar-Rabi’: Menantu Nabi yang Tetap Menjaga Pernikahan Meski Beda Keyakinan

    Makkah

    Ketika Nabi Muhammad Saw Pulang ke Makkah

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah

Peran Putri Owutango dalam Perkembangan Islam di Gorontalo

Putri Owutango tidak hanya menghendaki raja dan rakyatnya memeluk Islam. Namun juga adat istiadat harus sejalan dengan ajaran Islam

Moh. Rivaldi Abdul Moh. Rivaldi Abdul
3 Juni 2023
in Figur, Rekomendasi
0
Perkembangan Islam di Gorontalo

Perkembangan Islam di Gorontalo

1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Kalau sedang berada di Kota Gorontalo, cobalah luangkan waktu ke Tamalate. Di sana, ada Masjid Sabilulhuda yang merupakan salah satu masjid bersejarah di Gorontalo. Di masjid itu, terukir nama seorang perempuan; “Masjid Besar Sabilulhuda ‘Boki Owutango’ Tamalate (946 H/1525 M).”

Ini menjadi menarik, sebab adanya nama Owutango di masjid bersejarah, seakan mengabarkan kepada kita bahwa, dalam perkembangan Islam di Gorontalo ada andil sosok perempuan yang namanya terukir di masjid itu.

Siapa kiranya Boki Owutango? Kenapa namanya menghiasi nama Masjid Sabilulhuda yang merupakan salah satu masjid bersejarah di Gorontalo?

Seorang Perempuan yang Berpengaruh

Cerita rakyat Gorontalo tentang “Asal-usul dan Kisah Putri Owutango,” menceritakan kalau Putri Owutango merupakan anak dari raja Palasa, Gumoyala atau Boualo, yang menikah dengan Putri Sayagutone. Dia lahir di Gorontalo, dan tumbuh sebagai seorang muslimah di Palasa.

Menurut Ka’apu, seorang warga Tamalate yang terpandang paham sejarah setempat, menjelaskan kepada saya, kalau Putri Owutango adalah seorang perempuan yang pada masanya, abad ke-16 M, berkuasa di Tamalate. Oleh karena itu, tidak heran jika namanya terabadikan di Masjid Sabilulhuda Tamalate.

Namun, kalau memandang Putri Owutango sebagai penguasa dalam artian raja setempat, ini menjadi agak bertentangan dengan narasi pernikahan Raja Amai dan Putri Owutango dalam cerita rakyat Gorontalo. Di mana, pasca-pernikahan di Palasa, keduanya berangkat ke Gorontalo.

Dalam perjalanan itu, ada delapan orang raja di bawah vasal Palasa yang mendampingi Raja Amai dan Putri Owutango, dan satu dari kedelapan raja itu adalah raja Tamalate.

Narasi Putri Owutango dalam Cerita Rakyat

Sumber ini memang tidak menyebutkan siapa nama-nama dari kedelapan raja itu. Namun, mengingat narasi dalam cerita rakyat ini, bahwa raja Tamalate merupakan satu dari delapan raja; raja Tamalate, Lemboo, Siendeng, Hulangato, Sipayo, Bunuyo, Soginti, dan Sidoan, yang mendampingi Raja Amai dan Putri Owutango dalam perjalanan ke Gorontalo. Maka, narasi itu tidak merujuk kepada sosok Putri Owutango sebagai raja Tamalate.

Meski begitu, cerita rakyat ini, tidak serta-merta mematahkan Putri Owutango sebagai sosok perempuan yang memiliki kuasa atau pengaruh di Tamalate. Sebab, mengingat dia merupakan anak dari raja Palasa, maka sudah barang tentu memiliki kewibawaan (kekuasaan) di wilayah asal ayahnya yang salah satunya adalah Tamalate. Dan, statusnya sebagai boki (ratu/istri raja) Gorontalo, itu juga menjadikan dia semakin berpengaruh dalam masyarakat.

Selain itu, penggambaran Owutango dalam cerita rakyat yang berani menggugat Raja Amai. Sebab dia pandang hanya suka bermalas-malasan dalam jabatannya, itu menggambarkan kalau sosoknya bukan sekadar boki yang bersembunyi di dalam istana. Melainkan, sosok perempuan pemimpin (boki/ratu) yang turut memerhatikan perkembangan yang terjadi di wilayahnya. Tentu, termasuk yang dia perhatikan adalah Tamalate.

Oleh karena itu, tidak akan berlebihan untuk kita, memandang Putri Owutango sebagai sosok perempuan pemimpin, yang pada abad ke-16 M memiliki pengaruh kuat dalam masyarakat Gorontalo khususnya Tamalate.

Mengislamkan Raja, Masyarakat, dan Adat Gorontalo

Putri Owutango adalah sosok perempuan yang dalam sejarahnya punya andil besar dalam perkembangan Islam di Gorontalo. Meski, umumnya, narasi kesejarahan seakan sekadar memosisikannya sebagai tokoh pendukung. Di mana atas berkatnya raja masuk Islam. Selain itu kehadiran Putri Owutango sangat penting dalam titik balik penerimaan Islam masyarakat Gorontalo.

Basri Amin dalam “Lokalitas Islam Gorontalo,” menjelaskan bahwa adanya pernikahan dua golongan elite kerajaan, Putri Owutango (Palasa) dan Raja Amai (Gorontalo), menjadi menguntungkan dan mempercepat Islamisasi dalam masyarakat Gorontalo. Sebab, raja telah menerima Islam, maka selanjutnya menjadi lebih mudah dalam menyebarkan Islam di kalangan masyarakat.

Proses pengislaman Raja Amai–raja Gorontalo yang pertama menerima Islam. Hal itu bermula dalam kunjungannya ke kerajaan-kerajaan di Teluk Tomini, guna memperkuat hubungan kerjasama. Di Kerajaan Palasa, Raja Amai jatuh hati kepada Putri Owutango yang, sebagaimana telah saya jelaskan sebelumnya, merupakan anak raja Palasa.

Dan, sang raja Gorontalo kemudian melamar sang putri Palasa. Namun, Putri Owutango tidak langsung menerima lamaran ini. Dia mengajukan syarat yang harus Raja Amai penuhi.

Sebagaimana yang M.H. Lipoeto jelaskan dalam Sedjarah Gorontalo, saya kutip dari Mahyudin Damis dalam “Ikrar U Duluwo Limo Lo Pohalaa: Bentuk Kesadaran Etnis Gorontalo Era Prakolonial,” bahwa; “Dia (Owutango) bersedia kawin asalkan Amai dan rakyatnya masuk Islam lebih dahulu.”

Lebih lanjut, berdasarkan penjelasan Basri Amin, tidak hanya raja dan rakyat yang masuk Islam, namun juga adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat Gorontalo harus bersumber pada al-Qur’an (ajaran Islam).

Oleh karena itu, Raja Amai menerima persyaratan tersebut, dan keduanya menikah. Maka, sebagaimana kesepakatan awal, mulailah Kerajaan Gorontalo menyesuaikan adat istiadat dengan syariat. Pada masa Raja Amai, kemudian terumuskan satu prinsip adat; saraa topa-topango to adati (syariat bertumpu pada adat).

Narasi Sejarah Menyorot Raja Amai

Pandangan ini kemudian menjadi pegangan utama dalam kehidupan masyarakat Gorontalo. Kala itu, yang mulai berpola pada kehidupan Islami. Prinsip adat ini terus berproses, hingga pada masa Sultan Eato (1673-1679), menemukan bentuk; adati hula-hulaa to saraa, saraa hula-hulaa to Quruani (adat bersendi syariat, dan syariat bersendi al-Qur’an).

Sampai di sini, umumnya, narasi sejarah lebih banyak menyorot sosok Raja Amai, dan beberapa raja selanjutnya, sebagai peletak dasar peradaban Islam di Gorontalo, dan agak mengesampingkan sosok Putri Owutango.

Padahal, sebagaimana yang telah terjelaskan sebelumnya, dapat kita katakan berkat Putri Owutango lah Raja Amai dan banyak rakyat Gorontalo menerima Islam. Termasuk, komitmen keislamannya juga mendorong penyesuaian antara adat dan syariat di Kerajaan Gorontalo.

Bahkan, mengingat Putri Owutango tidak hanya menghendaki raja dan rakyatnya memeluk Islam. Namun juga adat istiadat harus sejalan dengan ajaran Islam. Maka, bukan sesuatu yang tidak mungkin, jika dia turut terlibat dalam perumusan adat Gorontalo, kala itu, yang mulai berpola pada kehidupan Islami.

Maka dari itu, Putri Owutango adalah sosok perempuan yang memiliki peran besar dalam sejarah Islamisasi Gorontalo. []

Tags: GorontaloHer StoryPenulisan Sejarah PerempuanSejarah Perempuan
Moh. Rivaldi Abdul

Moh. Rivaldi Abdul

S1 PAI IAIN Sultan Amai Gorontalo pada tahun 2019. S2 Prodi Interdisciplinary Islamic Studies Konsentrasi Islam Nusantara di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sekarang, menempuh pendidikan Doktoral (S3) Prodi Studi Islam Konsentrasi Sejarah Kebudayaan Islam di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Terkait Posts

Sejarah Ulama Perempuan
Personal

Membongkar Sejarah Ulama Perempuan, Dekolonialisme, dan Ingatan yang Terpinggirkan

15 Agustus 2025
Sejarah Perempuan Madura
Figur

Membicarakan Sosok Rato Ebu dalam Sejarah Perempuan Madura

7 Agustus 2025
Melawan Lupa
Publik

Perempuan Melawan Lupa terhadap Upaya Penghapusan Sejarah

29 Juli 2025
Sejarah Ulama Perempuan
Publik

Menguatkan Peran Ibu Nyai Pesantren dengan Penulisan Ulang Sejarah Ulama Perempuan

20 Juli 2025
Sejarah Ulama Perempuan
Pernak-pernik

Sejarah Ulama Perempuan yang Membisu dalam Bayang-bayang Kolonialisme Ekonomi

8 Juli 2025
Sejarah Indonesia
Publik

Dari Androsentris ke Bisentris Histori: Membicarakan Sejarah Perempuan dalam Penulisan Ulang Sejarah Indonesia

27 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Bissu

    Bissu dan Identitas Gender: Melampaui Konsep Gender Biner Barat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Di Balik Topeng Penyesalan: Narasi Tunggal Pelaku dan Pengaburan Femisida

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Integrasi Nilai Asih-asuh dalam Tafsir Al-Qur’an: Sebuah Telaah Tematik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • SIS Forum Peringatkan: RUU Mufti 2024 Bisa Menyeret Malaysia ke Arah Otoritarianisme

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Membangun Masa Depan yang Setara dengan Parenting Adil Gender

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Ketika Game Online Menjerat Anak ke Dalam Jebakan Pinjol
  • Kontenisasi Murid: Ketika Guru Merangkap Content Creator
  • Membangun Masa Depan yang Setara dengan Parenting Adil Gender
  • Bissu dan Identitas Gender: Melampaui Konsep Gender Biner Barat
  • Rumah yang Tak Lagi Aman: Darurat Kekerasan terhadap Anak

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID