• Login
  • Register
Selasa, 3 Oktober 2023
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah

Peran Putri Owutango dalam Perkembangan Islam di Gorontalo

Putri Owutango tidak hanya menghendaki raja dan rakyatnya memeluk Islam. Namun juga adat istiadat harus sejalan dengan ajaran Islam

Moh. Rivaldi Abdul Moh. Rivaldi Abdul
03/06/2023
in Figur, Rekomendasi
0
Perkembangan Islam di Gorontalo

Perkembangan Islam di Gorontalo

753
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Kalau sedang berada di Kota Gorontalo, cobalah luangkan waktu ke Tamalate. Di sana, ada Masjid Sabilulhuda yang merupakan salah satu masjid bersejarah di Gorontalo. Di masjid itu, terukir nama seorang perempuan; “Masjid Besar Sabilulhuda ‘Boki Owutango’ Tamalate (946 H/1525 M).”

Ini menjadi menarik, sebab adanya nama Owutango di masjid bersejarah, seakan mengabarkan kepada kita bahwa, dalam perkembangan Islam di Gorontalo ada andil sosok perempuan yang namanya terukir di masjid itu.

Siapa kiranya Boki Owutango? Kenapa namanya menghiasi nama Masjid Sabilulhuda yang merupakan salah satu masjid bersejarah di Gorontalo?

Daftar Isi

    • Seorang Perempuan yang Berpengaruh
  • Baca Juga:
  • Putri Ong Tien dan Perkembangan Budaya di Cirebon
  • Peran Perempuan dalam Sejarah di Indonesia
  • Nyai Khoiriyah Hasyim: Ulama Perempuan Indonesia yang Memperjuangkan Pendidikan Perempuan di Makkah pada Abad ke-20 M
  • Aktivitas Perempuan Nusantara di Tanah Suci Makkah pada Abad ke-20 M
    • Narasi Putri Owutango dalam Cerita Rakyat
    • Mengislamkan Raja, Masyarakat, dan Adat Gorontalo
    • Narasi Sejarah Menyorot Raja Amai

Seorang Perempuan yang Berpengaruh

Cerita rakyat Gorontalo tentang “Asal-usul dan Kisah Putri Owutango,” menceritakan kalau Putri Owutango merupakan anak dari raja Palasa, Gumoyala atau Boualo, yang menikah dengan Putri Sayagutone. Dia lahir di Gorontalo, dan tumbuh sebagai seorang muslimah di Palasa.

Menurut Ka’apu, seorang warga Tamalate yang terpandang paham sejarah setempat, menjelaskan kepada saya, kalau Putri Owutango adalah seorang perempuan yang pada masanya, abad ke-16 M, berkuasa di Tamalate. Oleh karena itu, tidak heran jika namanya terabadikan di Masjid Sabilulhuda Tamalate.

Baca Juga:

Putri Ong Tien dan Perkembangan Budaya di Cirebon

Peran Perempuan dalam Sejarah di Indonesia

Nyai Khoiriyah Hasyim: Ulama Perempuan Indonesia yang Memperjuangkan Pendidikan Perempuan di Makkah pada Abad ke-20 M

Aktivitas Perempuan Nusantara di Tanah Suci Makkah pada Abad ke-20 M

Namun, kalau memandang Putri Owutango sebagai penguasa dalam artian raja setempat, ini menjadi agak bertentangan dengan narasi pernikahan Raja Amai dan Putri Owutango dalam cerita rakyat Gorontalo. Di mana, pasca-pernikahan di Palasa, keduanya berangkat ke Gorontalo.

Dalam perjalanan itu, ada delapan orang raja di bawah vasal Palasa yang mendampingi Raja Amai dan Putri Owutango, dan satu dari kedelapan raja itu adalah raja Tamalate.

Narasi Putri Owutango dalam Cerita Rakyat

Sumber ini memang tidak menyebutkan siapa nama-nama dari kedelapan raja itu. Namun, mengingat narasi dalam cerita rakyat ini, bahwa raja Tamalate merupakan satu dari delapan raja; raja Tamalate, Lemboo, Siendeng, Hulangato, Sipayo, Bunuyo, Soginti, dan Sidoan, yang mendampingi Raja Amai dan Putri Owutango dalam perjalanan ke Gorontalo. Maka, narasi itu tidak merujuk kepada sosok Putri Owutango sebagai raja Tamalate.

Meski begitu, cerita rakyat ini, tidak serta-merta mematahkan Putri Owutango sebagai sosok perempuan yang memiliki kuasa atau pengaruh di Tamalate. Sebab, mengingat dia merupakan anak dari raja Palasa, maka sudah barang tentu memiliki kewibawaan (kekuasaan) di wilayah asal ayahnya yang salah satunya adalah Tamalate. Dan, statusnya sebagai boki (ratu/istri raja) Gorontalo, itu juga menjadikan dia semakin berpengaruh dalam masyarakat.

Selain itu, penggambaran Owutango dalam cerita rakyat yang berani menggugat Raja Amai. Sebab dia pandang hanya suka bermalas-malasan dalam jabatannya, itu menggambarkan kalau sosoknya bukan sekadar boki yang bersembunyi di dalam istana. Melainkan, sosok perempuan pemimpin (boki/ratu) yang turut memerhatikan perkembangan yang terjadi di wilayahnya. Tentu, termasuk yang dia perhatikan adalah Tamalate.

Oleh karena itu, tidak akan berlebihan untuk kita, memandang Putri Owutango sebagai sosok perempuan pemimpin, yang pada abad ke-16 M memiliki pengaruh kuat dalam masyarakat Gorontalo khususnya Tamalate.

Mengislamkan Raja, Masyarakat, dan Adat Gorontalo

Putri Owutango adalah sosok perempuan yang dalam sejarahnya punya andil besar dalam perkembangan Islam di Gorontalo. Meski, umumnya, narasi kesejarahan seakan sekadar memosisikannya sebagai tokoh pendukung. Di mana atas berkatnya raja masuk Islam. Selain itu kehadiran Putri Owutango sangat penting dalam titik balik penerimaan Islam masyarakat Gorontalo.

Basri Amin dalam “Lokalitas Islam Gorontalo,” menjelaskan bahwa adanya pernikahan dua golongan elite kerajaan, Putri Owutango (Palasa) dan Raja Amai (Gorontalo), menjadi menguntungkan dan mempercepat Islamisasi dalam masyarakat Gorontalo. Sebab, raja telah menerima Islam, maka selanjutnya menjadi lebih mudah dalam menyebarkan Islam di kalangan masyarakat.

Proses pengislaman Raja Amai–raja Gorontalo yang pertama menerima Islam. Hal itu bermula dalam kunjungannya ke kerajaan-kerajaan di Teluk Tomini, guna memperkuat hubungan kerjasama. Di Kerajaan Palasa, Raja Amai jatuh hati kepada Putri Owutango yang, sebagaimana telah saya jelaskan sebelumnya, merupakan anak raja Palasa.

Dan, sang raja Gorontalo kemudian melamar sang putri Palasa. Namun, Putri Owutango tidak langsung menerima lamaran ini. Dia mengajukan syarat yang harus Raja Amai penuhi.

Sebagaimana yang M.H. Lipoeto jelaskan dalam Sedjarah Gorontalo, saya kutip dari Mahyudin Damis dalam “Ikrar U Duluwo Limo Lo Pohalaa: Bentuk Kesadaran Etnis Gorontalo Era Prakolonial,” bahwa; “Dia (Owutango) bersedia kawin asalkan Amai dan rakyatnya masuk Islam lebih dahulu.”

Lebih lanjut, berdasarkan penjelasan Basri Amin, tidak hanya raja dan rakyat yang masuk Islam, namun juga adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat Gorontalo harus bersumber pada al-Qur’an (ajaran Islam).

Oleh karena itu, Raja Amai menerima persyaratan tersebut, dan keduanya menikah. Maka, sebagaimana kesepakatan awal, mulailah Kerajaan Gorontalo menyesuaikan adat istiadat dengan syariat. Pada masa Raja Amai, kemudian terumuskan satu prinsip adat; saraa topa-topango to adati (syariat bertumpu pada adat).

Narasi Sejarah Menyorot Raja Amai

Pandangan ini kemudian menjadi pegangan utama dalam kehidupan masyarakat Gorontalo. Kala itu, yang mulai berpola pada kehidupan Islami. Prinsip adat ini terus berproses, hingga pada masa Sultan Eato (1673-1679), menemukan bentuk; adati hula-hulaa to saraa, saraa hula-hulaa to Quruani (adat bersendi syariat, dan syariat bersendi al-Qur’an).

Sampai di sini, umumnya, narasi sejarah lebih banyak menyorot sosok Raja Amai, dan beberapa raja selanjutnya, sebagai peletak dasar peradaban Islam di Gorontalo, dan agak mengesampingkan sosok Putri Owutango.

Padahal, sebagaimana yang telah terjelaskan sebelumnya, dapat kita katakan berkat Putri Owutango lah Raja Amai dan banyak rakyat Gorontalo menerima Islam. Termasuk, komitmen keislamannya juga mendorong penyesuaian antara adat dan syariat di Kerajaan Gorontalo.

Bahkan, mengingat Putri Owutango tidak hanya menghendaki raja dan rakyatnya memeluk Islam. Namun juga adat istiadat harus sejalan dengan ajaran Islam. Maka, bukan sesuatu yang tidak mungkin, jika dia turut terlibat dalam perumusan adat Gorontalo, kala itu, yang mulai berpola pada kehidupan Islami.

Maka dari itu, Putri Owutango adalah sosok perempuan yang memiliki peran besar dalam sejarah Islamisasi Gorontalo. []

Tags: GorontaloHer StoryPenulisan Sejarah PerempuanSejarah Perempuan
Moh. Rivaldi Abdul

Moh. Rivaldi Abdul

S1 PAI IAIN Sultan Amai Gorontalo pada tahun 2019. S2 Prodi Interdisciplinary Islamic Studies Konsentrasi Islam Nusantara di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sekarang, menempuh pendidikan Doktoral (S3) Prodi Studi Islam Konsentrasi Sejarah Kebudayaan Islam di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Terkait Posts

Sayyidah Aisyah

5 Fun Fact tentang Sayyidah Aisyah, Sosok Perempuan Inspiratif dalam Panggung Sejarah Kenabian

3 Oktober 2023
Cerita Petani

Cerita Petani dan Refleksi Spirit Gerwani

2 Oktober 2023
Bidadari Surga

Obyektifikasi Perempuan dalam Narasi Bidadari Surga

1 Oktober 2023
Misi Sosial Profetik

Membincang Misi Sosial Profetik Nabi Muhammad SAW

30 September 2023
Ning Sheila Hasina

Melawan Catcalling dengan Elegansi ala Ning Sheila Hasina

29 September 2023
Misi Utama Kenabian

Maulid Nabi: Meneladani Rasulullah saw; Upaya Menegakkan Misi Utama Kenabian

28 September 2023
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Menolak Perjodohan

    Perempuan Berhak Menolak Perjodohan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 5 Fun Fact tentang Sayyidah Aisyah, Sosok Perempuan Inspiratif dalam Panggung Sejarah Kenabian

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengapa Gambar Perempuan Membatik masih Mewarnai Pamflet Hari Batik Nasional?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Benarkah Istri adalah Hiasan Dunia?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Insecurity Laki-laki dan Strategi Ketahanan Mental Keluarga

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Suami dan Istri adalah Sama-sama Hiasan Dunia
  • Mengenal Mojokerto Melalui Buk Buk Neng
  • Relasi Mubadalah Pastikan Laki-laki Menjadi Saleh dan Perempuan Jadi Shalihah
  • Merayakan Hari Kesaktian Pancasila dengan Refleksi Ulang Implementasi Sila Kedua: Merawat Alam dan Lingkungan
  • Beragam Mitos Stereotip Negatif kepada Pendaki Perempuan

Komentar Terbaru

  • Ainulmuafa422 pada Simple Notes: Tak Se-sederhana Kata-kata
  • Muhammad Nasruddin pada Pesan-Tren Damai: Ajarkan Anak Muda Mencintai Keberagaman
  • Profil Gender: Angka tak Bisa Dibiarkan Begitu Saja pada Pesan untuk Ibu dari Chimamanda
  • Perempuan Boleh Berolahraga, Bukan Cuma Laki-laki Kok! pada Laki-laki dan Perempuan Sama-sama Miliki Potensi Sumber Fitnah
  • Mangkuk Minum Nabi, Tumbler dan Alam pada Perspektif Mubadalah Menjadi Bagian Dari Kerja-kerja Kemaslahatan
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist