• Login
  • Register
Senin, 27 Juni 2022
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Pernak-pernik

Pilihan Estetika dalam Titik Temu Perbedaan

Dalam kehidupan sehari-hari menyangkut berbedaan budaya dan agama, di dalamnya tentu ada perbedaan persepsi, kepekaan dan pilihan atas estetika

Listia Listia
24/11/2021
in Pernak-pernik
0
Estetika

Estetika

50
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Saya bersyukur, siang tadi mendapatkan banyak wawasan yang menggembirakan di forum “Etalase Pemikiran Perempuan”. Saya kebagian di Panel 1 dengan tema ‘Perempuan, Budaya dan Pendidikan Alternatif’,  membagi cerita tentang pendidikan keagamaan alternatif, yaitu model pendidikan interreligius yang dikembangkan oleh perkumpulan Pappirus.

Ada pertanyaan menarik dan mengejutkan karena saya pribadi belum merefleksikan hal ini. Saya berterimakasih bahwa forum ini membuat saya berfikir lebih luas. Pertanyaannya kurang lebih begini ; bagaimana pendidikan keagamaan yang menekankan adanya titik temu dalam perbedaan ini, berbicara tentang pilihan estetika?

Dalam kehidupan sehari-hari menyangkut perbedaan budaya dan agama, di dalamnya tentu ada perbedaan persepsi, kepekaan dan pilihan atas estetika. Ini adalah hal yang tampaknya bukan hanya saya yang kurang memperhatikan, tapi kemungkinan banyak orang sering mengabaikan.

Katakanlah saya ambil contoh dari tradisi agama saya soal suara azan, yang bagi orang dari tradisi lain mungkin terdengar seperti ‘nyanyian’, yang  bagi masyarakat muslim biasa saja atau mudah diterima apa pun vokal dan nada yang digunakan, namun hal itu tidak mudah dinikmati (atau bahkan mungkin karena bernada sumbang dan frekuensi sangat keras sehingga ‘mengganggu’) bagi telinga orang yang tidak berkepentingan dengan tradisi agama ini. Ke -indah-an/ tidak indah suara di udara terbuka milik umum ini perlu disadari sebagai hal yang penting untuk didialogkan.

Di lain kesempatan beberapa tahun lalu saya mengantar anak-anak kampung mengunjungi Candi Borobudur di pagi berangkat lepas subuh. Karena saya berpakaian brukut; baju panjang plus kerudung, saya merasa sudah cukup sopan untuk memasuki  area tempat suci itu.

Baca Juga:

Menggali Makna Tradisi Lebaran Topat dan Praonan

Mengurai Makna Tradisi Rewang di Jawa Saat Acara Hajatan

Perdamaian Dunia dalam Al-Qur’an yang Dijunjung Tinggi

Perempuan Dan Gerakan Sosial dari Tradisi Rewang

Ternyata saya masih dicegat petugas, “Mba, untuk yang dewasa harus pakai kain ini”. Oh ternyata baju saya yang panjang belum cukup. Saya pun mengambil kain yang disediakan dan membebatkan kian seperti pakai jarik sambil mikir perbedaan persepsi tentang pakaian yang sopan ini. Dalam konteks interreligius, estetika tidak bisa bebas nilai karena keberadaanya terkait dengan segi-segi kehidupan manusia lain.

Menurut saya rasa keindahan itu ada sisi-sisi yang bersifat bentukan lingkungan budaya, geografis dan ragam sarana yang digunakan yang membentuk kebiasaan sehingga menghasilkan perbedaan, tetapi ada sisi-sisi yang universal berupa ketersentuhan hati-nurani-intelektual oleh suasana yang menciptakan gairah karena hadirnya makna dalam suatu konteks hidup personal atau kelompok.

Di sinilah saya menjawab pertanyaan dengan menghadirkan pemikiran Mahatma Gandhi. Kebetulan tokoh pergerakan kemerdekaan India seorang spiritual yang mengambil inspirasi dari berbagai sumber  ajaran agama.

Di antara pemikiran Gandhi yang dikenal luas adalah tentang tujuh dosa sosial (Kekayaan tanpa kerja, kesenangan tanpa hati nurani, pendidikan tanpa karakter, perdagangan tanpa moralitas, ilmu pengetahuan tanpa kemanusiaan, agama tanpa sikap mau berkorban dan politik tanpa prinsip).

Saya mengutip dosa sosial  ‘kesenangan tanpa hati nurani’ dalam menjawab soal pilihan estetika ini. Bahwa dalam ruang hidup yang penuh perbedaan agama, budaya, cara hidup, …semua orang atau kelompok tidak dapat memaksakan pilihan estetikanya pada semua orang;  bahwa persepsi, kepekaan dan pilihan estetika selalu perlu didialogkan dengan tolok ukurnya adalah kedamaian bagi semua pihak.

Bila ada pemaksaan nilai keindahan (termasuk nilai kebaikan dan kebenaran) pada semua orang, maka yang terjadi adalah kekerasan yang bertentangan dengan hati nurani . Estetika sebagai bagian dan hasil dari suatu persitiwa kemanusiaan, bila dimunculkan dengan tanpa hati nurani maka hal itu bagian dari dosa sosial karena memiliki dampak merusak hubungan-hubungan.

Namun bila pilihan estetika yang dihadirkan tanpa memaksa semua orang menikmati , tanpa kekerasan simbolik pada publik, maka kehadirannya mendamaikan, adalah sumber kebahagiaan yang meluhurkan martabat kemanusiaan dan mendorong lahirnya kreativitas yang lain. []

Tags: agamaBudayaEstetikaperbedaan
Listia

Listia

Pegiat pendidikan di Perkumpulan Pendidikan Interreligus (Pappirus)

Terkait Posts

wukuf di arafah

Makna Wukuf di Arafah

26 Juni 2022
Hikmah Pelaksanaan Ibadah Haji

3 Hikmah Pelaksanaan Ibadah Haji

25 Juni 2022
wuquf

Wukuf : Arena Persaudaraan Umat Manusia

25 Juni 2022
Pekerjaan Rumah Tangga adalah Tanggung Jawab Bersama

Pekerjaan Rumah Tangga adalah Tanggung Jawab Bersama

24 Juni 2022
Praktik 'Azl Tanpa Izin Istri

Islam Melarang Praktik ‘Azl Tanpa Izin Istri

23 Juni 2022
ayat damai

Pentingnya Memahami Struktur Ayat Damai dan Perang

22 Juni 2022

Discussion about this post

No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Darurat Sampah

    Re Grow Solusi Darurat Sampah Pangan di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Makna Wukuf di Arafah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Doa Ketika Wukuf di Arafah Sesuai Anjuran Rasulullah Saw

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kecantikan Perempuan dan Luka-Luka yang Dibawanya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Legenda Malahayati dari Aceh yang Jauh dari Stigma Negatif Janda

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Siapa Bilang Perempuan Haid Tidak Lebih Mulia dari yang Suci?
  • Doa Ketika Sampai di Tempat Tujuan
  • Legenda Malahayati dari Aceh yang Jauh dari Stigma Negatif Janda
  • Doa Ketika Wukuf di Arafah Sesuai Anjuran Rasulullah Saw
  • Makna Wukuf di Arafah

Komentar Terbaru

  • Tradisi Haul Sebagai Sarana Memperkuat Solidaritas Sosial pada Kecerdasan Spiritual Menurut Danah Zohar dan Ian Marshal
  • 7 Prinsip dalam Perkawinan dan Keluarga pada 7 Macam Kondisi Perkawinan yang Wajib Dipahami Suami dan Istri
  • Konsep Tahadduts bin Nikmah yang Baik dalam Postingan di Media Sosial - NUTIZEN pada Bermedia Sosial Secara Mubadalah? Why Not?
  • Tasawuf, dan Praktik Keagamaan yang Ramah Perempuan - NUTIZEN pada Mengenang Sufi Perempuan Rabi’ah Al-Adawiyah
  • Doa agar Dijauhkan dari Perilaku Zalim pada Islam Ajarkan untuk Saling Berbuat Baik Kepada Seluruh Umat Manusia
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2021 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Login
  • Sign Up

© 2021 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist