• Login
  • Register
Minggu, 6 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hikmah

Pluralisme Gus Dur, Gagasan Para Sufi

Gus Dur memang sosok yang selalu ingin memandang manusia, siapa pun mereka dan di manapun mereka berada, sebagai manusia ciptaan Tuhan

KH. Husein Muhammad KH. Husein Muhammad
12/12/2022
in Hikmah, Pernak-pernik
0
Gus Dur

Gus Dur

349
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Gus Dur dikenal sebagai Bapak Pluralisme—terserah jika ada orang yang tidak suka atau berbeda pendapat dengan sebutan ini.

Konon, Djohan Effendi, sahabat setianya, pernah diminta oleh Gus Dur agar jika ia kelak wafat, nisannya ditulis: Di Sini Dikubur Sang Pluralis.

Banyak orang sepakat atas predikat ini. Mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, menyebut Gus Dur sebagai Bapak Pluralisme Indonesia atas gagasan-gagasan universal mengenai pentingnya menghormati perbedaan.

Ya, Gus Dur memang sosok yang selalu ingin memandang manusia, siapa pun mereka dan di manapun mereka berada, sebagai manusia ciptaan Tuhan.

Sebagaimana Tuhan menghormatinya, ia pun ingin menghormatinya. Sebagaimana Tuhan mengasihinya, ja juga ingin mengasihinya. “Takhallaqu bi akhlaq Allah (Berakhlaklah dengan akhlak Allah),” kata pepatah sufi.

Baca Juga:

Menjaga Pluralisme Indonesia dari Paham Wahabi

Menyulam Spiritualitas dan Rasionalitas: Belajar Menyebut Nama Tuhan dari Perempuan Abad 16

Pentingnya Menanamkan Moderasi Beragama Sejak Dini Ala Gus Dur

Sharing Properti: Gagasan yang Berikan Pemihakan Kepada Perempuan

Dalil Teologis

Sejauh yang saya tahu, Gus Dur tak banyak bicara soal wacana pluralisme berikut dalil-dalil teologisnya sebagaimana kebanyakan sarjana dan aktivis HAM.

Tetapi, ia mengamalkannya, mempraktikkannya, dan memberi contoh atasnya. Pluralisme jauh lebih banyak Gus Dur praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kalaupun ia meminta dalil agama soal pluralisme, ia menyampaikan ayat suci al-Qur’an berikut ini:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku, supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya, orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya, Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. al-Hujuraat, (49:13).

Dalam ayat tersebut, makna li ta’aarafu (saling mengenal) tidak sekadar mengetahui nama, alamat rumah, nomor telepon, atau wajah dan bagian-bagian tubuh yang lain.

Saling mengenal, dalam hal ini, memahami kebiasaan, tradisi, adat istiadat, pikiran, hasrat-hasrat yang lain, yang berbeda, yang tak sama.

Lebih dari segalanya, li ta’aarafu berarti agar manusia saling menjadi arif, bijaksana, dan rendah hati satu sama lain.

Konteks Sufisme

Dalam konteks sufisme, terma ini dimaknai lebih menukik ke dalam. Kaum sufi memaknainya sebagai orang yang menyerap pengetahuan ketuhanan melalui intuisi dan perjuangan batin.

Ayat tersebut menyebutkan bahwa yang paling mulia di hadapan Tuhan adalah yang paling takwa—bukan karena suku tertentu, bukan karena tertentu, dan bukan karena identitas tertentu.

Juga, bukan pula yang paling gagah atau yang paling cantik, bukan yang paling kaya atau rumahnya yang paling megah.

Takwa bukan sekadar dan hanya berarti sering datang ke masjid atau menghadiri secara rutin majelis taklim, membaca kitab suci, memutar-mutar tasbih, bangun malam, atau puasa sunnah.

Tetapi, lebih dari itu, takwa adalah mengendalikan amarah, hasrat-hasrat rendah, menjaga hati, dan tidak melukai. Serta tidak mengancam, ramah, sabar, rendah hati, dan sejuta makna kebaikan kepada yang lain, manusia dan kepada alam semesta. []

Tags: Gagasangus durpluralismeSufiSufisme
KH. Husein Muhammad

KH. Husein Muhammad

KH Husein Muhammad adalah kyai yang aktif memperjuangkan keadilan gender dalam perspektif Islam dan salah satu pengasuh PP Dar al Tauhid Arjawinangun Cirebon.

Terkait Posts

Bekerja adalah bagian dari Ibadah

Bekerja itu Ibadah

5 Juli 2025
Bekerja

Jangan Malu Bekerja

5 Juli 2025
Bekerja dalam islam

Islam Memuliakan Orang yang Bekerja

5 Juli 2025
Kholidin

Kholidin, Disabilitas, dan Emas : Satu Tangan Seribu Panah

5 Juli 2025
Sekolah Tumbuh

Belajar Inklusi dari Sekolah Tumbuh: Semua Anak Berhak Untuk Tumbuh

4 Juli 2025
Oligarki

Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi

4 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Gerakan KUPI

    Berjalan Bersama, Menafsir Bersama: Epistemic Partnership dalam Tubuh Gerakan KUPI

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kisah Jun-hee dalam Serial Squid Game dan Realitas Perempuan dalam Relasi yang Tidak Setara

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • ISIF akan Gelar Halaqoh Nasional, Bongkar Ulang Sejarah Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Islam Memuliakan Orang yang Bekerja

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kholidin, Disabilitas, dan Emas : Satu Tangan Seribu Panah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Bekerja itu Ibadah
  • Menemukan Wajah Sejati Islam di Tengah Ancaman Intoleransi dan Diskriminasi
  • Jangan Malu Bekerja
  • Yang Benar-benar Seram Itu Bukan Hidup Tanpa Nikah, Tapi Hidup Tanpa Diri Sendiri
  • Islam Memuliakan Orang yang Bekerja

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID