Mubadalah.id – Tumbuhnya media di Indonesia menjadi sesuatu yang tak terbendung sejak masa reformasi. Data Dewan Pers menunjukan jumlah media yang meningkat tajam di Indonesia, yaitu sebanyak empat puluh tujuh ribu media. Di antara sejumlah media itu, potret tubuh perempuan masih dianggap menarik menjadi sumber pemberitaan. Belum lagi tumbuhnya sosial media yang jika ditaksir jumlahnya hingga jutaan.
Banyaknya jumlah media ini kemudian memberikan catatan penting bagi perempuan. Beberapa media bertumbuh secara positif, ini terlihat dari komitmen mereka dalam menuliskan persoalan kekerasan yang menimpa perempuan. Namun sebaliknya, banyak juga media yang senang menuliskan sensasionalisme tubuh perempuan. Media seperti ini juga tumbuh subur.
Kekerasan seksual terutama pada perempuan dilanggengkan pula oleh beberapa media massa (online) lewat pemberitaan yang bersifat patriartkis. Perempuan yang sebetulnya korban kekerasan seksual, namun dalam penulisan berita malah diarahkan dan dibentuk sebagai subjek utama. Sensasi ini tidak hanya ada dalam tulisan, namun juga merambah pada bagaimana cara pandang media terhadap pekerja dan tubuh perempuan, serta kebijakan yang kemudian mengatur tubuh perempuan.
Dalam bedah film yang dilaksanakan oleh Womens March Indramayu, mengangkat isu tentang bagaimana perempuan dalam indrustri media yang berjudul More Than Work. Film ini bercerita tentang kondisi pekerja media perempuan dan bagaimana perubahan media baru. Konten media yang umumnya disuguhkan saat ini, jarang membicarakan tentang potret perempuan di media, juga jarang membicarakan persoalan yang menimpa pekerja-pekerja perempuan di media.
Film“More than Work” yang disutradarai oleh Luviana ini berkisah tentang Dhiar, perempuan pekerja media di Jakarta yang mendapatkan kekerasan seksual dari atasannya. Dhiar selama lima tahun berjuang untuk menuntaskan kasusnya hingga ke pengadilan.
Salah satu adegan yang terlihat pada film tersebut menggambarkan seorang perempuan berjalan perlahan memasuki salah satu gedung di ibu kota. Ia memasuki satu gedung ke gedung lainnya. Sesekali dia terlihat berbincang serius dengan perempuan lain, mengungkapkan pengalaman pahit yang dialaminya. Pengalaman kelam yang harus dia telan saat dia bekerja sebagai sekretaris pimpinan di salah satu perusahaan media.
Perempuan itu lalu bertutur tentang perlakuan bosnya yang mencoba melecehkan dirinya di ruangan kerja. “Saya sudah berusaha menolaknya, tapi dia malah mengancam saya agar tidak berbuat macam-macam. Saya ancam balik dia, kalau dia tidak berhenti maka saya akan berteriak” tutur perempuan itu.
Kisah kedua dalam film tersebut menggambarkan sosok Barbie Kumalasari, seorang artis yang harus menghabiskan uangnya karena ia selalu dibully mengenai tubuhnya yang gemuk. Ia pun menuturkan bahwa untuk mendapatkan peran utama di sebuah sinteron televisi ternyata tak mudah, para perempuan harus berjuang menjadi sesuatu yang dimaui industri media.
Perempuan yang bertubuh kurus selalu dianggap paling laku dibandingkan yang bertubuh gemuk. Yang berambut lurus selalu dianggap lebih laku dibandingkan yang berambut keriting. Padahal baik yang kurus maupun gemuk, yang rambut pendek maupun panjang sejatinya tak pernah lepas dari penilaian industri.
Standarisasi kecantikan yang tidak memanusiakan tubuh perempuan, sudah sepatutnya ditinggalkan, cantik itu beragam dan tak harus serupa. Ghaddul Basar itu bukan Ghaddul ‘Uyun atau menundukkan mata sehingga tidak mau melihat lawan jenis, Ghaddul Basar bermakna tidak memandang lawan jenis sebagai makhluk seksual, tidak memandang lawan jenis dari sisi fisik dan biologis saja, tapi makhluk intelektual, makhluk spiritual, dan makhluk yang berakal budi. Ghaddul Basar itu; mengontrol cara kita memandang dengan tujuan Hifdzul furuj. Begitulah Islam mengatur cara pandang sesama makhluknya
Film yang diproduksi oleh Konde Production ini dirilis di Jakarta pada 15 Juni 2019. Film yang mendapatkan dukungan dari Cipta Media Ekpresi, Ford Foundation, dan Wikimedia. “Film dokumenter ini memang diproduksi untuk menjadi film yang bisa menjadi bagian dari kampanye agar tubuh perempuan dihargai, lebih-lebih tubuh para pekerja perempuan di media,” Ujar Luviana, sutradara film ini dalam sebuah pers release. Juga pada malam itu, ia menjadi salah satu pembicara.
Film produksi Konde Production ini telah dan akan terus ditayangkan di kampus-kampus, komunitas dan jaringan media, komunitas perempuan, komunitas jaringan buruh, dan lain-lain sesuai kebutuhan dan permintaan. Semoga bisa menjadi tontonan yang bisa menyadarkan kita tentang bagaimana fenomena pekerja dan tubuh perempuan di media. []