Sudah lama tidak menonton televisi, saya baru mengetahui bahwa serial Power Rangers ditayangkan kembali oleh salah satu saluran televisi Indonesia beberapa hari yang lalu. Gara-gara iklan tersebut, saya jadi mengingat-ingat bagaimana teman-teman perempuan saya waktu kecil dulu selalu berebut ingin menjadi Power Ranger merah muda ketika kami bermain perang-perangan.
Saya sendiri lebih sering memilih menjadi Ranger biru atau Ranger kuning, semata-mata karena malas berpartisipasi dalam drama perebutan yang justru menghabiskan waktu bermain kami tersebut. Tak jarang, hari sudah telanjur terlalu sore saat Ranger merah muda akhirnya terpilih, sehingga kami harus segera pulang jika tidak ingin kena omel ayah dan ibu sebab adzan Maghrib sebentar lagi berkumandang.
Alasan teman-teman perempuan saya begitu serius memperebutkan peran Ranger merah muda adalah karena pemeran pink Ranger selalu ‘lebih cantik’ daripada yellow Ranger, khususnya dalam versi Amerika. Ranger merah muda selalu digambarkan mempunyai sifat yang lebih feminin, dan tak jarang menjadi eye candy di antara para Ranger laki-laki. Jarang ada yang mau dengan sukarela memilih peran Ranger kuning (ketika saya memilih menjadi blue Ranger) karena dia selalu digambarkan lebih tidak feminin.
Sejarah asosiasi warna merah muda dengan femininitas
Pada tahun 2018, portal berita CNN menayangkan artikel yang berjudul The Complicated Gender History of Pink, yang menjelaskan bahwa sebelum abad ke-19, warna merah muda sebetulnya tidak diasosiasikan dengan femininitas ataupun perempuan.
Justru warna merah muda sempat dianggap menampilkan kesan lebih kuat sehingga pernah diasosiasikan dengan anak laki-laki, menurut sebuah artikel populer yang terbit di tahun 1918 yang dikutip oleh CNN. Masa pun bergulir hingga pada era 1920-an, seorang milyuner asal Amerika Serikat, Henry Huntington mempublikasikan dua lukisan abad ke-18 yang dia koleksi.
Salah satu lukisan yang berjudul “The Blue Boy” menampilkan gambar seorang anak laki-laki mengenakan baju biru, sedangkan lukisan yang lain yang berjudul “Pinkie” menampilkan gambar seorang anak perempuan berpakaian serba merah muda. Menilik sejarah bagaimana warna merah muda dikaitkan dengan femininitas tersebut, jelas tidak terdapat fakta ilmiah yang bisa dijadikan landasan atas asosiasi warna ini.
Pink Power Ranger dan konsep cantik yang lebih disukai
Berawal dari sebuah karya seni yang kemudian diinterpretasikan oleh banyak orang, bergulirlah konstruksi sosial mengenai warna merah muda tersebut. Budaya populer melestarikan dan merayakan konstruksi sosial ini, melalui pink Power Ranger contohnya.
Ranger merah muda hampir selalu diperankan oleh perempuan berambut pirang sebahu atau sepinggang dan sering memakai pakaian atau aksesoris warna pink dalam kesehariannya ketika sedang tidak menjadi Ranger.
Sementara itu, Ranger kuning diperankan oleh aktor dengan penampilan yang lebih bervariasi – terkadang aktor keturunan Afrika, terkadang keturunan Asia. Pemilihan pemeran ini sangat berpengaruh pada konsep “cantik” yang diyakini oleh teman-teman kecil saya.
Ketika suatu ketika pemeran Ranger pink bukanlah perempuan berambut panjang atau berambut pirang dan berkulit putih (Kaukasia), teman-teman saya akan berkomentar, “Lho, pink Ranger-nya kok jelek? Enggak suka, ah! Enggak cocok! Dia harusnya jadi Ranger kuning aja!”
Sembari mengingat-ingat kenangan masa kecil di atas, saya tersadar betapa pengalaman tersebut menunjukkan bahwa perempuan memang sudah dikonstruksi sedemikian rupa sejak kecil untuk lebih mengunggulkan femininitas, yang dilambangkan dengan warna pink atau merah muda.
Bersamaan dengan warna ini, ada simbol-simbol lain yang kemudian dipahami sebagai penanda kecantikan yang unggul, sekaligus femininitas yang lebih mudah dimengerti; rambut panjang, rambut pirang, dan kulit putih (Kaukasia). Ketika ada alternatif yang disuguhkan yang tidak memiliki penanda-penanda tersebut, benak anak-anak yang masih sederhana tidak mau atau kesulitan menerimanya.
Apabila konstruksi sosial tersebut tidak dipertanyakan dan ditantang, anak-anak akan kekurangan keragaman representasi dalam masyarakat, dalam hal ini kecantikan dan femininitas yang dapat diterima. Hal ini bisa jadi mempersulit anak-anak untuk untuk menerima keragaman yang setara ketika dewasa nanti.
Skenario terburuknya mungkin akan berujung pada sikap seksis dan misoginis, kecenderungan untuk mempraktekkan body-shaming, atau bahkan perilaku rasis. Resiko-resiko tersebut bukannya tidak dapat dikoreksi pada usia dewasa, namun mencegahnya terjadi sedari dini dengan menghadirkan representasi yang inklusif dalam tontonan, bacaan, atau sumber budaya populer lainnya untuk anak-anak tentu akan jauh lebih baik. []