• Login
  • Register
Jumat, 4 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Keluarga

Relasi Orang Tua dan Anak dalam Pandangan Rumi

Afifah Ahmad Afifah Ahmad
27/07/2020
in Keluarga
0
Ilustrasi Oleh Nurul Bahrul Ulum

Ilustrasi Oleh Nurul Bahrul Ulum

117
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Alkisah, seorang ibu menghadap Sayidina Ali, lalu ia menceritakan kondisi anaknya yang berada di tepi rooftop sebuah rumah. Ia berusaha memanggil dan memberikan isyarat, tapi anak itu tidak merespon. Jika dibiarkan begitu saja, ia khawatir anaknya akan jatuh.

Karena anak kecil memang belum memahami arti bahaya. Sayidina Ali menyarankan untuk membawa anak kecil lain yang sebaya ke atap rumah tersebut. Karena secara natural seseorang akan menyukai orang yang mirip dengannya. Ibu itu mengikuti saran Sayidina Ali. Benar saja, begitu si anak melihat teman sebayanya, ia segera mendekat dan akhirnya terhindar dari bahaya.

Cerita Rumi yang direkam dalam kitab Matsnawi jilid 4 bait 2657-2668 ini, merupakan kisah penuh pembelajaran bagi kita sebagai orang tua. Kita semua tentu tahu, anak-anak bukanlah orang dewasa mini. Mereka merupakan sosok yang memiliki identitas tersendiri. Cara pandang dan kebutuhan anak pun tentu berbeda dengan orang dewasa. Karena itu, diperlukan komunikasi yang tepat antara keduanya.

Dengan mencermati cerita di atas dan beberapa puisi Rumi lainnya, ada pesan tersurat maupun tersirat tentang bagaimana sebaiknya menjalin relasi antara orang tua dan anak.

Pertama, orang tua perlu memperlakukan anak sesuai dengan pemahaman di usianya. Pesan ini diperkuat oleh puisi lainnya dalam kitab Matsnawi, jilid 4 bait 2577-2578, Rumi menjelaskan: Ketika seseorang berbicara dengan anak, hendaknya ia menggunakan bahasa yang dimengerti anak. Rumi mencontohkan, ketika orang tua meminta anak untuk pergi ke sekolah, reward yang dijanjikan orang tua harus berupa sesuatu yang real seperti membelikan hadiah tertentu atau makanan. Tidak dengan mengucapkan kata-kata abstrak dan bernada pesimistis, seperti: kalau tidak belajar kamu akan bodoh atau kalau tidak belajar kamu akan masuk neraka.

Baca Juga:

Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan

Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim

Merencanakan Anak, Merawat Kemanusiaan: KB sebagai Tanggung Jawab Bersama

Kisah Jun-hee dalam Serial Squid Game dan Realitas Perempuan dalam Relasi yang Tidak Setara

Kedua, orang tua perlu memberikan ruang dan kesempatan yang cukup kepada anak untuk bermain. Bermain bagi anak bukan sekedar hiburan, melainkan cara ia belajar dan mengembangkan kemampuannya. Karena itu, bermain merupakan kebutuhan utama dan penting untuk anak. Rumi dalam kitab Matsnawi jilid 3 bait 511 menyebutkan: “Ketika mendengar kata main, anak-anak akan berlari secepat kuda zebra”. Hal ini menunjukkan bahwa bermain adalah sesuatu yang amat dibutuhkan dalam kejiwaan dan tumbuh kembang anak.

Ketiga, bermain saja tidak cukup, anak juga perlu berkomunikasi dengan teman sebayanya. Dan tampaknya, inilah pesan yang sangat jelas dan kongkrit dalam cerita tersebut. Argumentasi dasar yang digunakan dalam cerita Rumi adalah seseorang cenderung lebih nyaman bersama orang yang memiliki kemiripan dengannya. Apalagi anak-anak yang masih mengandalkan insting dalam dirinya dan belum banyak dipengaruhi oleh lingkungan lebih luas.

Pandangan Rumi yang terinspirasi dari pesan Sayidina Ali ini diperkuat oleh berbagai riset ilmiah tentang manfaat teman sebaya dalam perkembangan sosial anak. Laporan American Academy of Pediatrics (AAP) tahun 2018 menyebutkan anak-anak yang bermain dengan teman seusinya, akan cepat belajar keterampilan sosial-emosional, kognitif, bahasa, dan pengaturan diri.

Sejalan dengan hasil pengamatan AAP, laman popmama.com juga melansir berbagai manfaat bermain dengan teman sebaya bagi anak, di antaranya: Terhindar dari sifat egois, anak akan banyak belajar dari teman sebayanya, mengembangkan rasa percaya diri, membangun kehidupan sosial yang baik, dan menumbuhkan rasa toleransi sejak dini.

Dan tentu masih banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh, saat anak bermain dan berkomunikasi dengan teman sebayanya. Peran kita sebagai orang tua, memberikan kepercayaan kepada anak sambil tetap mendampinginya. Masalahnya, di masa pandemi seperti sekarang ini, interaksi anak dengan teman-temannya menjadi sangat terbatas. Mereka tidak dapat lagi bertemu di sekolah, tempat les, atau kompleks perumahan. Anak-anak termasuk yang paling terdampak saat pandemi dibanding anggota keluarga lainnya.

Sebagai orang tua, tentu saja kita dituntut peka menghadapi situasi saat ini. Bagi keluarga yang memiliki anak sebaya, seperti adik, sepupu, atau saudara lainnya, mungkin akan sedikit membantu. Tapi bagi anak tunggal dari keluarga perantau tentu tantangannya lebih besar, seperti yang kami alami. Kalau saya sendiri menyiasatinya dengan memberikan kesempatan kepada putra saya untuk ngobrol dengan teman-temannya melalui VC atau bermain game online secara team.

Tentu itu saja tidak cukup, bermain dan berkomunikasi secara fisik memang sulit tergantikan. Di sinilah, tantangan orang tua untuk belajar menyelami dunia anak. Sebagaimana pesan Rumi di poin pertama, bagaimana kita menempatkan diri sebagai teman sebaya anak dengan belajar memahami kebutuhan dan keinginannya. Misalnya, saya mencari tahu berbagai istilah dalam gamer bahkan terkadang ikut memainkannya secara bersama. Dengan begitu, anak juga akan legowo melakukan berbagai kegiatan edukasi yang sudah disepakati dan direncanakan bersama.

Menjadi orang tua memang seperti menempuh perjalanan tak berujung. Di satu waktu kita merasa berhasil, di lain waktu harus menerima kekurangan dan kembali belajar. Setiap peristiwa adalah pengalaman baru yang tak selalu bisa disikapi dengan resep yang sama. Yang terpenting adalah menjaga komunikasi yang efektif dan tepat sasaran, sebagaimana pesan yang disampaikan Nabi Sulaiman kepada Hud-hud: “Wahai Hud-hud, bicaralah kepada aneka burung dengan bahasa mereka masing-masing, agar pesanmu tersampaikan dengan baik” (Rumi, Matsnawi, jilid 4, bait 851).

Hari anak nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli, menjadi momentum yang tepat untuk kembali evaluasi dan merenungkan perjalanan kita sebagai orang tua maupun pendidik. Semoga setiap anak dapat memanfaatkan waktu luang, bergaul dengan anak yang sebaya, bermain, berekreasi, dan berkreasi sesuai dengan minat, bakat, dan tingkat kecerdasannya demi pengembangan diri, sebagaimana amanat yang dicita-citakan pasal 11, undang-undang no.23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. []

Afifah Ahmad

Afifah Ahmad

Founder ngajirumi.com, penulis, traveller, dan penyuka karya sastra sufistik

Terkait Posts

Marital Rape

Ketika Istilah Marital Rape Masih Dianggap Tabu

2 Juli 2025
Anak Difabel

Di Balik Senyuman Orang Tua Anak Difabel: Melawan Stigma yang Tak Tampak

1 Juli 2025
Peran Ibu

Peran Ibu dalam Kehidupan: Menilik Psikologi Sastra Di Balik Kontroversi Penyair Abu Nuwas

1 Juli 2025
Geng Motor

Begal dan Geng Motor yang Kian Meresahkan

29 Juni 2025
Keluarga Maslahah

Kiat-kiat Mewujudkan Keluarga Maslahah Menurut DR. Jamal Ma’mur Asmani

28 Juni 2025
Sakinah

Apa itu Keluarga Sakinah, Mawaddah dan Rahmah?

26 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Konten Kesedihan

    Fokus Potensi, Difabel Bukan Objek Konten Kesedihan!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ketika Istilah Marital Rape Masih Dianggap Tabu

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengapa Perceraian Begitu Mudah untuk Suami?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Meninjau Ulang Cara Pandang terhadap Orang yang Berbeda Keyakinan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bisnis Mentoring Poligami: Menjual Narasi Patriarkis atas Nama Agama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan
  • Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim
  • Merencanakan Anak, Merawat Kemanusiaan: KB sebagai Tanggung Jawab Bersama
  • Kisah Jun-hee dalam Serial Squid Game dan Realitas Perempuan dalam Relasi yang Tidak Setara
  • Bisnis Mentoring Poligami: Menjual Narasi Patriarkis atas Nama Agama

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID