• Login
  • Register
Jumat, 4 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Featured

Makna Salawat Bani Hasyim: Salawat Perdamaian

Salawat ini bagi para pengamalnya memiliki banyak keistimewaan yang berbeda antara satu pengamal dan pengamal lainnya. Hal tersebut dikarenakan hajat dan masalah kehidupan manusia yang berbeda-beda

Aspiyah Kasdini RA Aspiyah Kasdini RA
18/05/2022
in Featured, Hikmah, Rekomendasi
0
Salawat Bani Hasyim

Salawat Bani Hasyim

419
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Dalam tradisi ikhwan (secara istilah: bermakna persaudaraan antar pengikut tariqat, dalam hal ini Thariqah Qadiriyah Naqsyabandiyah (TQN)) TQN Pondok Pesantren Suryalaya, salawat Bani Hasyim  merupakan salah satu amaliyah yang memiliki banyak faidah bagi para pengamalnya, terutama tentang hajat dan meminta pertolongan dalam kondisi yang sangat mendesak. Berikut redaksinya

اللهم صل على النبي الهاشمي محمد وعلى اله وسلم تسليما

Allāhumma Ṣalli ‘ala an-Nabiyyi al-Hāshimī Muḥammad wa ‘Alā ‘Ālihi wa Saliim Taslīmā.

Dalam literarur lisan yang dipercaya dan masyhur, salawat ini didapatkan oleh Abah Sepuh (Syekh Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad) saat diminta oleh Gurunya, Syekh Tolhah Kalisapu Cirebon, untuk mengambil ijazah dan ngalap barokah kepada Syekh Kholil Bangkalan.

Di antara 12 orang murid Syekh Tolhah yang diminta untuk berangkat dari Cirebon ke Madura, hanya Abah Sepuh seorang diri sajalah yang dapat tiba di Madura dan bertemu Syekh Kholil. Oleh beliau, Abah Sepuh diberikan ijazah salawat Bani Hasyim ini dan kemudian diberikan pula perahu, yang dapat dinaiki untuk satu orang, untuk kembali ke Cirebon.

Siapa yang dapat menyana, salawat Bani Hasyim ini menjadi keistimewaan untuk Abah Sepuh bahkan sejak pertama kali diberikan kepadanya. Dengan melantunkan salawat tersebut, Abah Sepuh dapat sampai kembali di Cirebon dengan selamat dan waktu yang tergolong cepat. Kedatangan Abah Sepuh telah dinanti oleh Gurunya, Syekh Tolhah/Mama Guru Agung, dengan bahagia karena muridnya tersebut telah selesai menjalankan tugas yang diberikan olehnya dengan baik.

Oleh Abah Sepuh, salawat Bani Hasyim ini diijazahkan kembali kepada anaknya, Abah Anom, untuk terus diamalkan dan dilestarikan. Salawat ini bagi para pengamalnya memiliki banyak keistimewaan yang berbeda antara satu pengamal dan pengamal lainnya. Hal tersebut dikarenakan hajat dan masalah kehidupan manusia yang berbeda-beda. Hingga saat ini, salawat tersebut masih terus dilantunkan dan diamalkan sebagai wirid oleh para pengamal TQN Pon.Pes Suryalaya.

Baca Juga:

Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi

Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?

Tafsir Sakinah

Benarkah Feminisme di Indonesia Berasal dari Barat dan Bertentangan dengan Islam?

Semua umat Muslim mengakui, bahwa membaca salawat kepada Kanjeng Nabi memiliki banyak manfaat dan merupakan perintah-Nya (QS. Al-Ahzab: 56), sehingga tidak sedikit kaum muslimin-muslimat yang memberikan waktu khusus untuk dapat membaca salawat kepada Kanjeng Nabi dengan beragam bacaan dan jumlah tertentu.

Tidak hanya syafaat akhirat yang akan diterima oleh para pembacanya, tetapi juga syafaat dunia yang dapat langsung dirasakan oleh mereka. Bagaimana salawat ini dapat menjadi penolong di dunia? Salah seorang wakil talkin dari Abah Anom, Almarhum KH. Nur Muhammad Suharto, menjelaskan hal tersebut dengan mengklasifikasinya menjadi dua kategori:

Pertama, pertolongan yang bersifat zahir. Salawat dapat menjadi penolong di dunia bagi siapapun yang dengan tulus-ikhlas melantunkannya kepada Kanjeng Nabi. Seperti para pengamal salawat Bani Hasyim, salawat ini terbukti banyak memberikan pertolongan-pertolongan duniawi kepada mereka, seperti terhindar dari hujan, selamat dari begal, dimudahkan pada saat ujian, penyakit tumor yang menghilang, dan masih banyak lagi.

Pertolongan-pertolongan yang dapat dibuktikan pula oleh orang lainnya ini adalah pertolongan yang merupakan buah dari pengamalan salawat yang bersifat zahir atau dapat diinderai (dibuktikan dan dirasakan oleh kelima panca indera).

Kedua, pertolongan yang bersifat batin. Salawat dapat menjadi penolong yang bersifat batiniyyah adalah ketika ia dibacakan, ia dapat memberikan pengaruh pada ketenangan, kedamaian, kerelaan, dan kebahagiaan jiwa para pembacanya. Menurut KH. Nur Muhammad Suharto, pengaruh tersebut dapat dirasakan apabila setiap insan mampu menghayati setiap kalimat berikut makna yang terkandung dalam salawat yang diwiridkan.

Khususnya salawat Bani Hasyim, dalam salawat tersebut ditegaskan bahwa Kanjeng Nabi adalah seorang Nabi yang berasal dari bangsawan Bani Hasyim. Seperti yang tertulis dalam sejarah, Hasyim bin Abdul Manaf adalah buyut Kanjeng Nabi dari jalur ayahnya, dan marga Bani Hasyim merupakan marga paling terhormat dalam suku Quraisy. Mereka yang terlahir dari garis keturunan ini merupakan orang-orang terpandang di Makkah. Hingga saatnya Kanjeng Nabi diutus menjadi rasul, pertentangan datang para pemuka sosial di sana, termasuk oleh pamannya sendiri yang juga berasal dari kaum Bani Hasyim, ia adalah Abu Lahab.

Nama Abu Lahab tentunya tidak asing bagi setiap umat Muslim, karena namanya dan isterinya diabadikan dalam Alquran berserta karakternya yang sangat memerangi ajaran yang dibawa oleh Kanjeng Nabi (lihat QS. Al Lahab 1-5). Abdul Uzza bin Abdul Muthallib adalah nama asli dari Abu Lahab, ia ditakdirkan lahir sebagai tokoh yang memerangi dakwah Kanjeng Nabi yang berasal dari keluarganya sendiri. KH. Nur Muhamamd Suharto menambahkan, dalam konteks salawat Bani Hasyim, di dalamnya kita juga senantiasa memohonkan keselamatan untuk Abu Lahab yang merupakan bagian dari Bani Hasyim.

Tentunya penafsiran ini akan bersifat kontroversi, mengingat akhlak Abu Lahab yang sangat kuat dalam memerangi ajaran yang dibawa Kanjeng Nabi. Namun bukan akhlak Abu Lahab yang menjadi titik utamanya, melainkan sifat menerima dan legowo atas perbuatan zalim yang mungkin diterima seseorang selama menjalani kehidupan di dunia. Siapapun itu pasti pernah merasa tidak cocok terhadap suatu pemahaman, ideologi atau juga sikap yang ditunjukkan orang lain terhadap dirinya.

Perbedaan akan hal-hal tersebut acap kali menimbulkan beragam konflik di tengah masyarakat yang heterogen. Terlebih jika kita menunjukkan respon perlawanan yang serupa, tentu konflik akan terjadi tanpa dapat dihindari. Konflik ini tentu memberi banyak kerugian yang bersifat batiniyyah dan psikis, seperti ketakutan, resah, marah, dengki, hasud, dan lainnya.

Kendati makna Alu/keluarga Nabi dalam teks salawat itu beragam (bisa dimaknai keluarga seiman, bisa juga dimaknai keluarga sedarah), dalam penafsiran KH. Nur Muhammad Suharto beliau memasukkan semua makna tersebut untuk memperoleh maksud yang lebih komprehensif. Maksud yang menekankan bahwa dunia ini diciptakan secara seimbang, apapun itu selalu memiliki dua sisi yang berbeda, ada baik dan buruk, ada terang dan gelap, ada panas dan dingin, semuanya adalah makhluk Tuhan Yang Maha Mengetahui segalanya.

Termasuk tentang sifat dan akhlak manusia, Abu Lahab kah atau justru itu kita, kita semua berpotensi untuk menjadi baik dan buruk, sehingga pemaknaan KH. Nur Muhammad Suharto agar salawat Bani Hasyim khususnya, dapat menjadi penolong secara batiniyyah ialah agar kita senantiasa berfokus untuk mengevaluasi akhlak diri, bukan akhlak orang lain.

Juga agar kita semua senantiasa terus mendoakan kebaikan serta keselamatan untuk siapapun tanpa terkecuali (baik yang menyayangi ataupun yang memerangi kita). Dengan demikian, jiwa akan terasa tenang, damai, dan bahagia. Jika masing-masing pribadi mampu menciptakan kedamaian dalam dirinya, maka ia tidak akan menimbulkan perpecahan terhadap sesamanya. []

Tags: islamNusantaraSalawat Bani HasyimSalawat PerdamaiansejarahtarekattasawufThariqahTradisi
Aspiyah Kasdini RA

Aspiyah Kasdini RA

Alumni Women Writers Conference Mubadalah tahun 2019

Terkait Posts

Gerakan KUPI

Berjalan Bersama, Menafsir Bersama: Epistemic Partnership dalam Tubuh Gerakan KUPI

4 Juli 2025
Oligarki

Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi

4 Juli 2025
Islam Harus

Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?

3 Juli 2025
Ruang Aman, Dunia Digital

Laki-laki Juga Bisa Jadi Penjaga Ruang Aman di Dunia Digital

3 Juli 2025
Laki-laki dan Perempuan dalam fikih

Hak dan Kewajiban Laki-laki dan Perempuan dalam Fikih: Siapa yang Diuntungkan?

3 Juli 2025
Perceraian untuk

Mengapa Perceraian Begitu Mudah untuk Suami?

2 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kritik Tambang

    Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rumah Tak Lagi Aman? Ini 3 Cara Orang Tua Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Belajar Inklusi dari Sekolah Tumbuh: Semua Anak Berhak Untuk Tumbuh
  • Tahun Baru Hijriyah: Saatnya Introspeksi dan Menata Niat
  • Pesan Pram Melalui Perawan Remaja dalam Cengkeraman Militer
  • Rumah Tak Lagi Aman? Ini 3 Cara Orang Tua Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak
  • Berjalan Bersama, Menafsir Bersama: Epistemic Partnership dalam Tubuh Gerakan KUPI

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID