Mubadalah.id – Salah satu gerai sandwich di Jakarta beberapa waktu lalu memantik kontroversi dengan tagline iklannya yang membuat resah, “ada yang lebih menggoda, tapi bukan janda.. “ Stigma negatif janda pada iklan kerap membuat permasalah di masyarakat.
Syukurlah, seiring dengan keasadaran isu-isu gender publik yang semakin meningkat, iklan tadi tidak lagi disambut hangat, justru sontak menuai banyak kritik pedas karena melanggengkan stigma negatif pada perempuan yang tak lagi bersuami. Dan, tak lama setelahnya, postingan pada timeline Instagram tersebut dihapus, yang diikuti oleh tindakan admin media sosialnya meminta maaf secara terbuka.
Di tingkatan yang lebih luas, fenomena promosi senada sebenarnya masih sering kita temui dalam iklan-iklan jalanan, di bagian belakang truk, dan sebagainya. Dengan dalih hanya bercanda, advertising seksis tadi acap dianggap biasa, dan tak perlu dirisaukan. Padahal, pembiaran ini kemudian berdampak jangka panjang: pelanggengan stigma negatif terhadap janda, dari penggoda, lemah, hingga haus kasih sayang. Labelisasi tersebut mau tak mau memaksa janda menanggung beban berlipat ganda. Seolah-seolah menjadi janda sama halnya dengan mengurangi nilai dan kualitas seorang perempuan.
Sedangkan di satu sisi, sebagian besar janda di Indonesia merupakan kepala keluarga yang harus berjuang keras untuk menghidupi anak dan anggota keluarga lainnya. Data terakhir dari BPS di tahun 2018 lalu melaporkan bahwa 15,7% persen dari sekitar 10,3 juta rumah tangga dikepalai oleh perempuan.
Mirisnya, sebagian besar dari mereka hidup di bawah garis kemiskinan. Kondisi ini juga dikarenakan para perempuan keluarga sering dianggap tidak ada. Negara seakan abai terhadap keberadaan serta peran mereka. Akibatnya, banyak dari mereka tidak terakomodasi untuk menerima bantuan sosial dan akses pelayanan publik dari pemerintah.
Di kala pandemi, situasinya semakin buruk lagi. Selain banyak yang menjadi korban pemutusan hubungan kerja, ada juga dari mereka yang setelah bercerai mengalami trauma berkepanjangan akibat dampak buruk kekerasan dalam rumah tangga. Seperti tak ada habis-habisnya beban hidup mereka, di lingkungan sosial para janda juga masih dianggap sebagai warga kelas dua atau dipandang sebelah mata.
Stereotype ini sendiri bukan tiba-tiba muncul sedemikian rupa. Propaganda ‘ibuisme’ orde baru yang mengagungkan kesuksesan perempuan ketika mampu mendukung pekerjaan suami dan cukup puas menjadi ibu rumah tangga, kemudian berefek panjang. Sehingga, saat perempuan itu ditinggalkan suami, karena meninggal atau diceraikan, dia menjadi sosok yang tidak sempurna lagi.
Prestasinya tak lagi mentereng. Sebaliknya, ia lalu menjadi semacam ancaman perempuan-perempuan lain, dengan anggapan bahwa mereka dikhawatirkan akan menjadi perebut suami orang. Hal tersebut diperparah dengan budaya pop kita yang seksis dan kerap menampilkan sosok janda dengan karakter highly sexualized.
Belum lagi pemberitaan media mainstream yang kerap menggunakan kata hubung bernada sama dalam menyebut janda, dari istilah janda kembang sampai janda kesepian. Semuanya semakin memperkuat stigma negatif janda yang sudah mengakar kuat di masyarakat.
Padahal banyak janda di luar sana yang berjibaku untuk memberikan terbaik bagi buah hatinya. Contohnya saja, ibunda dari penulis buku-buku best seller yang akrab disapa Kang Maman. Beliau bercerita, ibunya adalah sosok yang tangguh semenjak ayahnya tiada. Ia besarkan anak-anaknya dengan kasih sayang penuh, tanpa keluhan sedikit pun. Tak pernah ia lihat ibunya merutuki nasib, justru ia adalah perempuan gigih dengan daya juang tinggi. Bahkan inspirasinya untuk terus menulis ia peroleh dari sang ibu yang semasa hidup terus memotivasinya untuk bermanfaat kepada sesama.
Ibunda Kang Maman tentu tak sendiri. Di kalangan pesantren, kita tentu tak asing dengan Bu Nyai Solichah Wahid Hasyim, nenek mbak Alissa Wahid yang menjanda di usia 32 tahun, dan mampu mendidik seluruh anaknya menjadi tokoh publik yang berkontribusi besar pada perjalanan bangsa ini. Tentu ada lebih banyak lagi janda-janda hebat yang mempertaruhkan jiwa raga mereka untuk menyongsong masa depan bagi diri sendiri dan keluarga tercinta.
Hanya, budaya patriarkis kita yang acap memarjinalkan janda kemudian mendorong iklan-iklan seksis seperti toko sandwich tadi lalu menjamur, dan ramai-ramai ditertawakan. Alih-alih membantu mengangkat derajat mereka, kita justru makin terjebak pada label yang mengakibatkan alienasi janda dari lingkungan sosial.
Oleh sebab itu, kita tidak bisa hanya tinggal diam. ‘Normalisasi’ istilah janda perlu digalakkan dengan menyediakan lebih banyak narasi positif tentang mereka. Menjadi janda, bukan berarti harga diri perempuan menjadi berkurang atau lantas tak sempurna. Justru sebaliknya, mereka adalah perempuan pilihan yang semoga Allah terus kuatkan untuk senantiasa berjuang untuk mewujudkan kebahagiaan, tidak hanya pada diri sendiri, tapi juga pada orang-orang di sekitarnya. []