Mubadalah.id – Malam itu, saya pikir pertemuan kami di kamar kost miliknya, akan penuh guyonan dan suara tawa setelah beberapa tahun tidak berjumpa. Tapi, ternyata yang terjadi sebaliknya. Cerita menjadi korban kekerasan seksual yang ia tuturkan, membuat saya tidak bisa menahan gejolak amarah dan memancing air mata tak henti-hentinya mengalir. Kami saling memeluk dan rasanya kata-kata sudah tidak lagi memiliki arti.
Setelah pamitan untuk pulang, pikiran saya seperti masih tertinggal di sana. Ketika di bus, saya tak bisa berhenti untuk memikirkan banyak pertanyaan: Mengapa, ia, sahabat saya itu, baru menceritakan masalah ini setelah satu tahun berlalu? Dan mengapa, ia tidak mengambil jalur hukum atau meminta pertolongan pada orang lain, apalagi pelaku adalah gurunya sendiri!?
Keesokan harinya, saya mendapat kabar bahwa sahabatku tersayang itu telah tiada. Ia memilih untuk mengakhiri hidup dengan cara tragis. Orang-orang menganggap ia depresi karena beban studi yang menghimpitnya. Namun, saya yakin, beban traumatik akibat menjadi korban kekerasan seksual adalah alasan kuat ia putus asa melihat kehidupan.
Tubuh saya rasanya lemas ketika mengingat kembali pertemuan terakhir kami. Saya menyesal karena tidak berupaya semaksimal mungkin menemani dan membantunya mencari jalan keluar. Berhari-hari, saya merenungi kepergiannya dan tak henti-hentinya menangis. Kata-kata yang masih begitu saya ingat adalah kalimat pasrah dan penuh amarah dari bibirnya: “Biar nanti Tuhan yang akan membalas laki-laki bajingan itu!”
Aktif Diskusi Soal isu Perempuan
Setelah beberapa tahun berlalu, biografi hidup saya turut terbentuk lewat pengalaman malam itu. Saya percaya Tuhan, tapi saya rasa keadilan tidak bisa menunggu di akhirat. Upaya menyuarakan keadilan sejak di dunia harus kita lakukan. Saya tidak ingin kejadian yang menimpa sahabat saya, terulang pada perempuan lain: memasrahkan pelaku kejahatan seksual pada Tuhan tanpa berupaya memperjuangkannya.
Saya mulai aktif mengikuti diskusi persoalan perempuan dan bergabung di beberapa organisasi yang vokal menyuarakan isu keadilan gender. Di sana, saya belajar dan memahami penyebab terjadinya kekerasan seksual, ikut serta menangani para penyintas, dan menelisik alasan para korban kekerasan seksual tidak berani untuk speak up.
Perjalanan itu mengantarkan saya pada sebuah kesimpulan. Kekerasan Seksual adalah Kejahatan berlapis yang penuh dengan manipulasi, ancaman, dan tindakan diskriminatif. Kekerasan seksual tidak lain adalah pembunuhan secara psikologis terhadap korban lewat trauma. Kejahatan itu terus terjadi karena peran negara yang tidak adil dalam menerapkan hukum, norma masyarakat yang bias, dan budaya patriarki yang masih terpelihara.
Melihat Film Pink (2016)
Pink (2016) garapan Aniruddha Roy Chowdhury adalah salah satu film yang membantu saya memahami penyebab terjadinya kekerasan seksual. Budaya yang bias, stereotip masyarakat, dan hukum yang timpang adalah bahan bakar yang membuat kasus kekerasan seksual semakin berkobar.
Film itu mengisahkan tiga perempuan muda – Minal (Taapsee Pannu), Falak (Kirti Kulhari), dan Andrea (Andrea Tariang) – yang menjadi korban pelecehan seksual oleh sekelompok pria berpengaruh.
Ketika salah satu dari mereka, Minal, membela diri dengan melukai seorang pelaku, mereka malah berhadapan dengan kasus hukum, yaitu penganiayaan. Melalui Deepak Sehgal (Amitabh Bachchan), seorang pengacara yang memiliki kesadaran gender, perjuangan melawan patriarki disuarakan di hadapan meja pengadilan.
Selain budaya dan hukum yang timpang, relasi kuasa juga menjadi faktor utama terjadinya kekerasan seksual. Film Lipstick Under My Burkha (2016) garapan Alankrita Shrivastava memaparkan bagaimana kekerasan terjadi di lingkungan keluarga, antara suami dan istri.
Dalam budaya yang berlaku, biasanya kepala rumah tangga atau imam adalah laki-laki, perempuan kerap ditempatkan pada posisi inferior, baik menggunakan dasar agama maupun tradisi. Narasi itu kerap menjadi legitimasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memperlakukan perempuan dengan tidak bijak.
Shirin, seorang ibu rumah tangga yang dikisahkan dalam film tersebut, adalah salah satu korban yang menghadapi kekerasan. Suaminya, kerap melakukan marital rape dan penelantaran ekonomi atas nama budaya. Meski pelik, Shirin akhirnya berusaha membebaskan diri dari lingkungan toxic tersebut. Ia mendorong diri dia agar berdaya secara ekonomi dengan menjadi agen pemasaran yang sukses.
Relasi Kuasa di Sekolah dan Lembaga Negara
Selain dalam keluarga, relasi kuasa juga bisa terjadi dalam ruang sekolah dan jajaran pemerintahan. Novel Namaku Mata Hari (2010) gubahan Remy Sylado mengisahkan perjalanan hidup Margaretha Geertruida Zelle. Seorang perempuan Belanda yang menjadi penari eksotis, ikon dunia, dan mata-mata Perang Dunia I.
Salah satu hal yang terungkap oleh Remy adalah traumatik Margaretha Geertruida di masa sekolah. Guru kelas Zelle, pernah melakukan tindakan kekerasan seksual pada tubuhnya. Namun, ia tidak kuasa mengatakannya pada orang lain karena dilapisi oleh ancaman dan manipulasi.
Ronggeng Dukuh Paruk (1982) gubahan Ahmad Tohari juga menampilkan kekerasan seksual yang Srintil alami. Dia adalah seorang ronggeng desa di Dukuh Paruk. Huru-hara pada tahun 1965 membuat gadis cantik itu mengalami pemerkosaan yang dilakukan oleh salah satu perwira polisi. Ia tidak dapat melawan dan membela diri, karena sistem dan hukum yang berlaku memaksanya untuk patuh.
Selain budaya yang timpang, ketidakadilan hukum, dan relasi kuasa, kekerasan seksual juga dilanggengkan lewat dunia hiburan, salah satunya melalui musik. Pada tahun 1987, Iwan Fals, musisi dengan jutaan pendengar, mendendangkan lagu yang melanggengkan kekerasan seksual berjudul Mata Indah Bola Pingpong.
Dalam lagunya itu, Iwan Fals menormalisasikan pelecehan yang dilakukan oleh laki-laki terhadap perempuan dalam balutan lirik bernada pujian: Jangan marah kalau kugoda/ Sebab pantas kau digoda/ Salah sendiri kau manis/ Punya wajah teramat manis/ Wajar saja kalau kuganggu.
Pada akhirnya, saya memahami bahwa kekerasan seksual adalah tindakan paling tidak manusiawi di muka bumi ini. Kejahatan itu tidak hanya merampas kebebasan dan hak orang lain, tetapi juga meninggalkan luka yang dalam bagi para korban.
Upaya memutus kejahatan itu sangat perlu dilakukan oleh banyak pihak. Kita membutuhkan keterlibatan dari pemerintah, tetua adat, tokoh agama, akademisi, seniman, aktivis, maupun masyarakat umum untuk memutus siklus tersebut dan mewujudkan ruang yang aman bagi semua manusia. []
#GERAKBERSAMA #PENUHIHAKKORBAN #AKHIRISEKARANG