Mubadalah.id – Sudah seyogianya tingkat toleransi beragama di Indonesia tinggi. Pasalnya, Indonesia adalah negara dengan berbagai macam suku, budaya, ras dan agama. Bisa bertahan bahkan harmonis dalam menjalani segala lini kehidupan adalah sebuah pencapaian luar biasa yang dimiliki Indonesia. Sebagaimana pendapat dari Dr. Toynbee dalam buku Dialog Peradaban karya Abdurrahman Wahid dan Daisaku Ikeda bahwa Indonesia adalah negara yang rakyatnya dapat hidup berdampingan meskipun berbeda agama.
Dr. Toynbee menegaskan bahwa sebuah toleransi beragama adalah isu penting, Indonesia dapat dijadikan contoh yang baik diikuti. Sehingga jika menilik pendapat tersebut, seharusnya toleransi sudah mengakar, dan damai bukan angan-angan.
Pemikiran dan kebiasaan yang berbeda bisa menjadi pemicu terpecah belahnya persatuan. Tetapi Indonesia dapat berdampingan dengan segala bentuk keragaman. Hal ini bisa terjadi karena seharusnya toleransi sudah mengakar pada setiap insan.
Terbukti pada saat perayaan hari raya, kegiatan kebudayaan dan banyak hal lain yang berjalan sebagaimana mestinya bahkan di beberapa daerah terdapat kesalingan dalam mensukseskan acara masing-masing, misalnya anggota Banser yang melindungi jemaat yang sedang merayakan Natal di Gereja. Begitulah memang seharusnya toleransi sudah mengakar kuat di Indonesia.
Berkaitan dengan keberagaman, Indonesia memiliki banyak masyarakat yang memiliki kepekaan perdamaian dan kreativitas dalam menjalani perdamaian itu. Salah satunya dalam acara Kenduri Perdamaian dan pembukaan Pameran peace innovation academy yang diikuti oleh peserta dengan berbagai kreativitas yang membanggakan.
Selain dari acara tersebut tentu banyak kegiatan yang lebih membanggakan dan mewakili sikap toleransi sudah mengakar, serta perdamaian. Selain dari karya, banyak aksi toleransi yang dilaksanakan di belahan bumi Indonesia yang seharusnya bisa dijadikan contoh misalnya pada hari raya keagamaan yang ada di Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara.
“Di sini jika ada perayaan Idul Fitri umat Kristiani turut merayakan, begitu pula sebaliknya jika perayaan Natal maka umat Islam juga turut merayakan.” ucap Bupati sangihe, Helmut Hontong, SE (sumber: Youtube Dzawinnur, 2019). Perayaan di sini adalah perayaan secara eksistensi sebagai wujud saling menghormati bukan substansial yang menyinggung akidah seseorang.
Di samping perdamaian yang ada di Indonesia, tentu masih saja ada oknum-oknum yang keluar dari zona baik ini dengan berbagai dalih dan asumsi-asumsinya. Sebuah sikap intoleran dan asosial tentunya merusak tatanan baik dan menciptakan kegaduhan. Padahal, keberagaman adalah hal yang begitu indah jika kita bisa menetralkan diri pada posisi di mana kita berada.
Pada praktiknya, mula-mula kita harus bertanya pada diri kita sendiri apakah kita sudah mendukung perdamaian atau merasakan perdamaian itu sendiri. Damai dengan pilihan kita, dengan apa yang ada di sekitar kita dan damai dengan semua hal yang menyangkut kepentingan banyak kalangan. Selanjutnya kita bisa mendemonstrasikan perdamaian kepada khalayak tentang bagaimana damai itu dan pentingnya menjaga perdamaian.
Dari banyaknya aksi-aksi perdamaian yang ada di sekitar kita, seharusnya sudah menjadi bagian dari hidup kita, dengan sikap toleransi sudah mengakar, sehingga perdamaian bukan angan-angan semata. Namun, oknum tidak akan ada habisnya membuat keruh suasana. Salah satunya adalah penyebar hoax di media sosial yang berisi tentang isu provokatif yang menyebabkan pertikaian.
Selain itu, oknum yang mengatasnamakan agama sebagai dalih yang menimbulkan perpecahan dari sifat intoleran yang diambil. Contoh lain adalah ketika sifat intoleran dari seseorang yang menyebabkan rusaknya rasa damai dari seseorang seperti bulliying, kekerasan seksual dan bias gender.
Adanya pertikaian dan sikap intoleran muncul karena kurangnya ilmu pengetahuan dan kurangnya kepekaan terhadap sesama. Selain itu sikap merasa paling benar dan menganggap orang lain salah juga merupakan hal yang membuat perpecahan itu sendiri. Hal-hal seperti itu bisa diminimalisir dengan mengikuti ruang-ruang diskusi, membaca, berinteraksi dan berjumpa banyak orang. Membuka wawasan dan pemikiran juga bagian dari proses menjadi insan yang toleran.
Dengan demikian, sudah seharusnya kita membekali diri kita dengan ilmu pengetahuan yang baik dan mengamalkannya. Jika kita lihat, begitu banyak orang yang berpendidikan dan memiliki ruang khusus dalam tatanan daerah, namun apakah semuanya bersikap toleran dan mendemonstrasikan perdamaian? Lalu di mana pengejawantahan ilmu pengetahuan itu?
Padahal sejatinya output dari ilmu pengetahuan adalah memanusiakan manusia dan menciptakan insan kamil atau manusia sempurna pada dalam diri, dimana Tuhan, manusia dan alam saling bersinergi. Dalam istilah Arab disebut hablu minallah, hablu minannas dan hablu minnal ‘alam atau keterhubungan kita dengan Tuhan, manusia dan alam. Dengan ini, perdamaian akan selalu membersamai dan bukan hanya angan-angan semata.
Demikian penjelasan tingkat toleransi beragama di Indonesia. Semoga bermanfaat. [Baca juga: Cara Menumbuhkan Sikap Toleransi dalam Islam]