• Login
  • Register
Rabu, 29 Maret 2023
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Ulama Perempuan dan Gerak Kesetaraan Antar-umat Beragama

Dengan paradigma relasi antar-umat beragama, ulama perempuan dapat menjalankan peran memperkuat kebangsaan, dalam arti meneguhkan kerukunan antar-umat beragama di Indonesia

Moh. Rivaldi Abdul Moh. Rivaldi Abdul
30/01/2023
in Publik
0
Ulama Perempuan

Ulama Perempuan

573
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Memperkuat kebangsaan menjadi salah satu perhatian KUPI II di Jepara berapa bulan silam. Oleh karena itu, satu dari tiga Halaqah Kebangsaan KUPI II, pada 24 November 2022, di P.P. Hasyim Asy’ari Jepara, mengangkat topik: Temu Tokoh Agama dalam Meneguhkan Peran Ulama Perempuan untuk Memperkuat Kebangsaan. Halaqah Kebangsaan itu fokus mendedahkan peran ulama perempuan, khususnya jaringan KUPI, dalam memperkuat kebangsaan.

Dalam hal memperkuat kebangsaan, menurut Lukman Hakim Saifuddin, Menag Indonesia periode 2014-2019, yang menjadi salah satu pembicara, ulama perempuan perlu memerhatikan realitas masyarakat Nusantara. Perhatian ini, menurut saya, menuntut gerak KUPI tidak hanya sebatas pada relasi gender. Namun juga masuk ke dalam diskursus dan ruang gerak relasi antar-umat beragama.

Daftar Isi

    • Realitas Beragama Masyarakat Nusantara
    • Menuju Ranah Relasi Antar-umat Beragama
  • Baca Juga:
  • Asy-Syifa Binti Abdullah: Ilmuwan Perempuan Pertama dan Kepala Pasar Madinah
  • Nalar Kritis Muslimah: Menghadirkan Islam yang Ramah Perempuan
  • Siti Walidah: Ulama Perempuan Progresif Menolak Peminggiran Peran Perempuan
  • Ini Alasan, Mengapa Perempuan Harus Berpolitik
    • Visi dan Gerak Antar-umat Beragama KUPI

Realitas Beragama Masyarakat Nusantara

Bicara kebangsaan dan agama, menurut Lukman Hakim, harus melihat realitas Indonesia (masyarakat Nusantara). Pandangan ini sejalan dengan penjelasan Mohammed Arkoun dalam “Rethinking Islam Today” bahwa, “The books or scriptures are read and interpreted by the historical communities in concrete, changing, social, political, and cultural situations (Kitab atau skrip (al-Qur’an) dibaca dan ditafsirkan dengan (melihat realitas) masyarakat sejarah dalam situasi konkret, perubahan, sosial, politik, dan budaya).”

Hal ini mengingat manusia-lah yang menjalankan (menghidupkan) ajaran agama, sehingga bicara laku beragama tidak bisa mengabaikan realitas masyarakat di mana agama itu hidup. Dan, menurut Lukman Hakim bahwa realitas masyarakat Indonesia adalah kemajemukan dan keberagamaan. Kemajemukan menggambarkan realitas masyarakat yang heterogen, multi-agama/plural, dan keber-agama-an merupakan situasi masyarakat yang lekat dengan laku beragama dalam menjalankan kehidupannya. Dalam upaya memperkuat kebangsaan, menurut Lukman Hakim, ulama perempuan tidak bisa mengabaikan relasi kemajemukan dan keberagamaan itu.

Menuju Ranah Relasi Antar-umat Beragama

Satu pertanyaan sederhana yang dapat kita ajukan adalah, apakah paradigma, cara, dan kerja ulama perempuan, dalam hal ini KUPI, dapat mengakomodir persoalan relasi kemajemukan dan keberagamaan? Mengingat, ulama perempuan selama ini “konsen” pada dimensi gender. Sedangkan relasi kemajemukan dan keberagamaan lebih berhubungan dengan interaksi (kerukunan) antar-umat beragama.

Untuk menjawab pertanyaan itu, kita dapat melihat pandangan Faqihuddin Abdul Kodir, tokoh KUPI, terkait paradigma Mubadalah. Cara Mubadalah sendiri menjadi landasan KUPI dalam menjalankan strategi geraknya.

Sebagaimana Faqihuddin Abdul Kodir dalam Relasi Mubadalah Muslim dengan Umat Berbeda Agama menjelaskan, “…relasi mubadalah tidak melulu berdimensi gender. Bisa kelas sosial antara pekerja dan majikan, atau antar-warga dalam sebuah negara-bangsa, seperti muslim dengan non-muslim…. Prinsip utamanya adalah mengenai relasi yang bermartabat, adil, dan maslahah.

Baca Juga:

Asy-Syifa Binti Abdullah: Ilmuwan Perempuan Pertama dan Kepala Pasar Madinah

Nalar Kritis Muslimah: Menghadirkan Islam yang Ramah Perempuan

Siti Walidah: Ulama Perempuan Progresif Menolak Peminggiran Peran Perempuan

Ini Alasan, Mengapa Perempuan Harus Berpolitik

Bermartabat artinya kedua pihak memandang penting dan mulia untuk berelasi. Adil artinya menuntut yang memiliki kapasitas untuk memberdayakan yang kurang kapasitas. Maslahah artinya kedua belah pihak menjadi subjek untuk memperlakukan dan memperoleh kebaikan, yang menjadi dampak dari relasi tersebut.”

Jadi Mubadalah, yang merupakan landasan paradigma utama KUPI, tidak hanya bisa mendedahkan relasi gender, melainkan juga terkait relasi antar-umat beragama. Dan, dengan paradigma relasi antar-umat beragama itu ulama perempuan dapat menjalankan peran memperkuat kebangsaan, dalam arti meneguhkan kerukunan antar-umat beragama di Indonesia.

Visi dan Gerak Antar-umat Beragama KUPI

Upaya untuk mewujudkan kehidupan sosial yang adil dan sejahtera, serta terhapusnya segala bentuk kezaliman sosial, merupakan Visi tertinggi KUPI (lihat: Visi Misi KUPI/Kupi.or.id). Dalam hal ini, cita-cita kehidupan sosial yang adil dan sejahtera tidak sebatas pada dimensi gender, antara perempuan dan laki-laki, namun mencakup dimensi relasi antar-umat beragama, Muslim dan non-Muslim.

Langkah gerak ulama perempuan dalam membangun relasi sehat Muslim-Non-Muslim berlandaskan prinsip relasi bermartabat, adil, dan maslahah (lihat kembali penjelasan Faqihuddin Abdul Kodir). Sehingga, baik Muslim maupun non-Muslim sama-sama berkewajiban memberikan dan berhak mendapatkan kebaikan. Hal itu menjadi upaya mewujudkan kesetaraan relasi antar-umat beragama.

Selain itu, paradigma Mubadalah yang demikian jelas mencita-citakan kesetaraan antar-umat beragama. Sehingga, jika dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender, kita perlu mengatakan tidak pada “patriarki” yang menjadi sumber ketidak-setaraan, maka dalam hal mewujudkan kesetaraan relasi antar-umat beragama, kita harus mengatakan tidak pada “tirani mayoritanisme” yang menjadi sumber ketidak-setaraan.

KUPI sudah memulai upaya ini. Rangkaian kegiatan KUPI II, sejak acara Launching dan Bedah Buku “Yang Muda Merawat Bangsa” dan “Relasi Mubadalah Muslim dengan Umat Berbeda Agama” menghadirkan Biksuni Julia Surya, dan pada salah satu Halaqah Kebangsaan KUPI II juga menghadirkan Pendeta Syivana M. Apituley. Itu merupakan gambaran sederhana dari niat KUPI untuk bergerak pada upaya kesetaraan relasi antar-umat beragama di Indonesia. (bebarengan)

Tags: Kongres Ulama Perempuan IndonesiaKUPI IINusantaraulama perempuanWawasan Kebangsaan
Moh. Rivaldi Abdul

Moh. Rivaldi Abdul

S1 PAI IAIN Sultan Amai Gorontalo pada tahun 2019. S2 Prodi Interdisciplinary Islamic Studies Konsentrasi Islam Nusantara di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sekarang, menempuh pendidikan Doktoral (S3) Prodi Studi Islam Konsentrasi Sejarah Kebudayaan Islam di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Terkait Posts

Sittin al-‘Adliyah

Kitab Sittin Al-‘Adliyah: Prinsip Kasih Sayang Itu Timbal Balik

28 Maret 2023
Tradisi di Bulan Ramadan

Menggali Nilai-nilai Tradisi di Bulan Ramadan yang Mulia

28 Maret 2023
Propaganda Intoleransi

Waspadai Propaganda Intoleransi Jelang Tahun Politik

27 Maret 2023
Akhlak dan perilaku yang baik

Pentingnya Memiliki Akhlak dan Perilaku yang Baik Kepada Semua Umat Manusia

26 Maret 2023
kitab Sittin al-‘Adliyah

Kitab Sittin Al-‘Adliyah: Laki-laki dan Perempuan Dilarang Saling Merendahkan

26 Maret 2023
Penutupan Patung Bunda Maria

Kisah Abu Nawas dan Penutupan Patung Bunda Maria

26 Maret 2023
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Sittin al-‘Adliyah

    Kitab Sittin Al-‘Adliyah: Prinsip Kasih Sayang Itu Timbal Balik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengapa Menjadi Bapak Rumah Tangga Dianggap Rendah?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menggali Nilai-nilai Tradisi di Bulan Ramadan yang Mulia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Islam Pada Awalnya Asing

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Imam Malik: Sosok yang Mengapresiasi Tradisi Lokal

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Islam Pada Awalnya Asing
  • Jalan Tengah Pengasuhan Anak
  • Imam Malik: Sosok yang Mengapresiasi Tradisi Lokal
  • Mengapa Menjadi Bapak Rumah Tangga Dianggap Rendah?
  • Kitab Sittin Al-‘Adliyah: Prinsip Kasih Sayang Itu Timbal Balik

Komentar Terbaru

  • Profil Gender: Angka tak Bisa Dibiarkan Begitu Saja pada Pesan untuk Ibu dari Chimamanda
  • Perempuan Boleh Berolahraga, Bukan Cuma Laki-laki Kok! pada Laki-laki dan Perempuan Sama-sama Miliki Potensi Sumber Fitnah
  • Mangkuk Minum Nabi, Tumbler dan Alam pada Perspektif Mubadalah Menjadi Bagian Dari Kerja-kerja Kemaslahatan
  • Petasan, Kebahagiaan Semu yang Sering Membawa Petaka pada Maqashid Syari’ah Jadi Prinsip Ciptakan Kemaslahatan Manusia
  • Berbagi Pengalaman Ustazah Pondok: Pentingnya Komunikasi pada Belajar dari Peran Kiai dan Pondok Pesantren Yang Adil Gender
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist