Mubadalah.id – Zainab ats-Tsaqafiyah ra, istri Sahabat besar ahli tafsir, Abdullah bin Mas’ud ra, yang bekerja dan menafkahi seluruh anggota keluarga, suami dan anak-anaknya. Dalam kalimat hadits Sahih Bukhari (no. 1489) dengan jelas disebutkan: “Zainab yang memberi nafkah kepada suaminya dan anak-anaknya.” Dalam hadits tersebut, Zainab ra bertandang ke rumah Rasulullah Saw ingin menanyakan: apakah yang dia lakukan direstui dan memperoleh pahala kebaikan dalam Islam?
Menjadi kepala keluarga adalah soal tanggung-jawab terhadap seluruh anggota keluarga, bukan soal hak keistimewaan yang diperoleh dan dituntut dari mereka. Salah satu yang sering dibicarakan dalam hal ini adalah tanggung-jawab untuk mencari dan memberikan nafkah bagi pemenuhan berbagai kebutuhan keluarga. Dengan makna demikian, sesungguhnya, sudah ada preseden pada masa Nabi Muhammad Saw lewat kisah Zainab Ats-Tsaqafiyah, dimana perempuan menjadi kepala keluarga.
Ternyata, ketika sampai di rumah Rasulullah Saw, ada satu orang lagi perempuan, yang juga melakukan hal yang sama, memberi nafkah pada keluarga, dan ingin menanyakan hal yang sama, sebagaimana Zainab ats-Tsaqafiyah ra. Dan dengan tegas Rasulullah Saw merestui mereka, dan bahkan menegaskan bahwa perbuatan tersebut memperoleh dua kebaikan. Kebaikan bersedekah dan kebaikan karena bertanggung-jawab terhadap keluarga.
Pelajaran dari Kisah Zainab ats-Tsaqafiyah Perempuan Bekerja
Musnad Ahmad bin Hanbal (no. hadits: 16334) juga meriwayatkan kisah serupa, tentang perempuan yang biasa bekerja membuat sesuatu, menjualnya ke pasar, dan hasilnya dia gunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Dengan jelas, dalam hadits ini disebutkan: untuk menafkahi suaminya dan anak-anaknya. Nabi Muhammad Saw, dalam hal ini, juga mengapresiasi perempuan tersebut, memandangnya sebagai orang yang baik, bertanggung-jawab, dan memperoleh pahala kebaikan dalam Islam.
Hal demikian karena tanggung-jawab terhadap keluarga, seperti mencari dan memberi nafkah, adalah sesuatu yang baik dan diapresiasi Islam seperti yang ditegaskan dalam berbagai hadits Nabi Muhammad Saw (misalnya Sahih Bukhari, no. hadits: 55 dan 56). Apresiasi tersebut ditujukan untuk siapapun yang melakukan hal tersebut, baik laki-laki maupun perempuan. Sebagai orang tua, ayah dan atau ibu, sebagai saudara, atau sebagai anggota masyarakat, atau sebagai institusi sosial, seperti lembaga zakat, atau institusi pemerintah.
Karena yang utama dalam hal ini adalah memenuhi kebutuhan anggota keluarga, pangan, sandang, papan, atau yang lainnya. Kerja-kerja untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah baik, mulia, dan diapresiasi Islam. Perempuan pada masa Nabi Saw, telah ikut bertandang mengambil peran ini. Sehingga tidak ada alasan agama, sama sekali, untuk melarang, menyalahkan, atau merendahkan perempuan yang bekerja menafkahi keluarga. Sebaliknya, Nabi Saw justru memuji dan mengapresiasi.
Mereka yang melarang dan merendahkan perempuan yang berprofesi tertentu untuk memenuhi kebutuhan keluarga adalah tidak mengindahkan teladan dan sunnah Nabi Muhammad Saw. Memang, Islam menuntut laki-laki untuk bertanggung-jawab terlebih dahulu, dibanding perempuan, dalam hal mencari dan menafkahi keluarga. Karena secara sosial, mereka lebih mampu, mudah, dan terbuka pada berbagai pekerjaan. Di sisi lain, secara biologis, tidak akan mengalami beban reproduksi, hamil dan melahirkan, akibat ikatan pernikahan.
Namun, tidak berarti, Islam lalu melarang, menyalahkan, merendahkan para perempuan yang secara faktual ikut bertanggung jawab mencari dan memenuhi kebutuhan keluarga. Tidak sama sekali. Karena berbagai ayat dan hadits tentang kebaikan tanggung-jawab pada keluarga, termasuk mencari nafkah untuk keluarga, adalah bersifat umum menyapa laki-laki dan perempuan.
Apalagi ditambah berbagai preseden pada masa Nabi Saw, yaitu para perempuan yang bekerja mencari nafkah keluarga. Artinya, perempuan bekerja adalah Islami. Perempuan menjadi kepala keluarga, dengan bertanggung-jawab mencari dan menafkahi, adalah juga syar’i. Wallahu a’lam. []