Ibu bumi wis maringi
(Ibu bumi telah memberi)
Ibu bumi dilarani
(Ibu bumi disakiti)
Ibu bumi kangadili
(Ibu bumi yang akan mengadili)
Mubadalah.id – Begitu kira-kira potongan syair yang dialunkan oleh kartini-kartini Kendeng tatkala menuai hasil kebun mereka. Ada makna yang cukup dalam serta kekuatan yang begitu menggugah dalam syair itu, seolah kita dibawa untuk merenungi kata perkatanya.
Alam yang dianalogikan sebagai sosok ibu yang selalu memberi apa yang dimiliki. Tetapi apa yang telah ibu bumi beri tak juga disyukuri dan malah diingkari, dengan terus mengeruk keuntungan tiada henti, tanpa sadar jikalau dengan itu bumi telah tersakiti. Meski begitu, ibu bumi tentu tidak akan diam begitu saja, karena apa yang diperbuat akan berbalik, tak terkecuali pada alam. Ibu bumi akan mengadili setiap tindakan merusak, dan membalas tangan-tangan angkara.
Tanah ibu kami, adalah sebuah film yang diproduksi oleh The Gecko Projek dan Mangabay tayang perdana pada 2 November 2020 lalu. Sebuah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan seorang jurnalis Independen yang bernama Febriana Firdaus menyusuri empat daerah di Nusantara, yakni, Desa Tegaldawo, Jawa Tengah; Mallo, Nusa Tenggara Timur;Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah; dan terakhir Banda Aceh.
Film yang merekam kisah-kisah perjuangan para perempuan yang dengan gagah berani berdiri di garda terdepan untuk mempertahkankan apa yang dimilikinya, serta meneguhkan apa yang diyakininya, dengan berbagai cara, tak terkecuali dengan cara melawan.
Tanah Ibu Kami bukan hanya menyuguhkan sebuah kisah yang dengan menontonnya menyulut rasa empati dan semangat berjuang, lebih dari itu Tanah Ibu Kami adalah Empat kisah perlawanan perempuan dalam satu film yang berdurasi 55 menit namun sudah berhasil membawa kita membuka mata betapa perempuan bukan makhluk yang mudah disepelekan apa lagi dianggap lemah.
Berikut empat nilai yang dimuat dalam film Tanah Ibu Kami :
Perempuan dan Kesadarannya untuk Melawan
Di awal, film ini sudah berhasil menguras emosional dengan melihat betapa kartini-kartini Kendeng tanpa rasa takut menyemen kedua kakinya dan pergi ke Istana Negara sebagai bentuk perlawanan dan penolakan terhadap pembangunan PT Semen Indonesia. Penolakan mereka bukan tanpa alasan, karena pabrik semen tersebut telah merenggut tanah adat milik mereka, dan berpotesnsi menimbulkan kerusakan alam.
Hilangnya tanah mereka maka akan hilang pula sumber penghidupan masyarakat adat, sedangkan mereka menggantungkan hidupnya pada alam. Tak hanya itu, sumber air masyarakat pun akan terancam, sedangkan sumber air ini adalah segalanya apalagi bagi perempuan yang memiliki pengalaman biologis berbeda dengan laki-laki.
Itulah yang kemudian mendorog kartini-kartini Kendeng untuk melawan, mereka memiliki kesadaran atas potensi-potensi kerusakan yang akan ditimbulkan bila adanya pabrik semen. Karena apa yang mereka khawatirkan bukan saja keberlangsungan hidup mereka kini, tetapi juga keberlangsungan hidup anak cucu mereka kelak. Sehingga mereka memiliki kesadaran untuk tidak membiarkan hal tersebut terjadi, mereka harus melakukan sesuatu untuk mencegah pabrik semen tersebut beropersi.
Kesadaran untuk melawan eksploitasi alam ini bukan hanya dilakukan oleh para kartini Kendeng, tetapi juga perempuan lainnya seperti Aleta Baun di Mallo, Nusa Tenggara Timur. Dan di Sulawesi Tengah ada Eva Bande yang melakukan perlawanan bersama kawan-kawannya dalam usaha menolak pengalihpungsian lahan menjadi perkebunan sawit.
Sederet kisah-kisah mereka telah menyadarkan kita betapa perempuan memiliki daya kritis terhadap realitas yang terjadi di lingkungannya, perempuan bukan makhluk kelas dua yang kurang akal atau bodoh. Tetapi perempuan makhluk yang peka dengan situasi yang terjadi, juga memiliki keberanian untuk melakukan hal-hal yang mereka yakini sebagai tindakan yang memang perlu dilakukan.
Perempuan Memiliki Peran Penting dalam Upaya Mempertahankan Keutuhan Alam
Tanah Ibu Kami membawa pesan bahwa perempuan memiliki peran yang besar dalam upaya pelestarian alam. Hal tersebut terlihat bagaimana perempuan-perempuan Kendeng yang kurang lebih seratus orang melakukan demo hingga pada akhirnya berujung kekerasan,. Perlawanan mereka sampai pada puncaknya ketika kartini-kartini Kendeng menyemen kaki mereka di Istana Negara. Meski pada akhirnya mereka harus kehilangan kawan seperjuangan mereka yang wafat ketika selesai aksi di Jakarta menuju pulang, yaitu Yu Patmi.
Jika di Jawa Tengah ada kartini-kartini Kendeng, maka di NTT ada mama-mama Mallo yang berjuang mempertahankan gunung batu milik masyarakat adat. Perlawanan demi perlawaan mereka lakukan, dengan rela meninggalkan kebun mereka sehingga terbengkalai. Mereka pun banyak medapatkan kekerasan dari aparat yang memaksa melawan mama-mama Mallo. Tidak hanya luka fisik yang mereka dapatkan, tapi juga psikologis dari perjuangan itu.
Terlihat nyata banyak sekali perempuan-perempuan yang memiliki kekuatan besar dalam melawan eksploitasi terhadap alam, meski perjuangan yang mereka tempuh tentu tidaklah mudah. Begitulah yang juga dirasakan oleh Eva Bande dan juga Farwiza.
Film Tanah Ibu Kami Telah Mematahkan Stigma Bahwa Perempuan Hanyalah Makhluk yang Pantas Mengurus Urusan Domestik Saja
Stigma bahwa perempuan tidak memiliki kapsitas dalam urusan publik hanya pernyataan yang tidak berdasar. Nyatanya Aleta Baun menjadi penggagas upaya melawan perusahaan tambang di Mallo. Aleta memang seorang anak kepala suku, tetapi dilahirkan sebagai perempuan membuat Aleta tidak diberikan kepercayaan untuk mengatur juga memutuskan suatu persoalan sukunya.
“Mereka bilang perempuan tak bisa memimpin, mama-mama bangkit dan melawan” begitu yang dikatakan mama Aleta.
Budaya yang patriarkal mencoba membatasi ruang gerak perempuan dalam urusan publik, Tetapi mama Aleta dapat meyakinkan masyarakat adatnya bahwa siapa saja dapat mejadi pemimpin. Sehingga mama Aleta bisa mengajak masyarakat adat lain untuk melakukan perlawanan dalam mempertahankan tanahnya.
Bagaimana perempuan mampu jadi sosok yang berpengaruh dalam suatu masyarakat, bahkan dapat mengorganisir masa untuk melakukan suatu perlawanan, itu jugalah yang dilakukan Eva Bande. Bahkan Eva bisa dibilang menjadi salah satu sosok yang ditakuti oleh para korporasi di tempatnya. Eva terkenal dengan tinjunya dalam jeruji besi yang menjadi sebuah simbol ketangguhan sosok perempuan pejuang itu .
Sosok Eva Bande, Mama Aleta, Kartini Kendeng, Wiza, bukan hanya muncul sebagai perempuan yang memiliki kesadaran atas pentingnya mempertahankan alam, tetapi menggambarkan betapa perempuan menjadi sosok pionir perlawanan.
Perempuan serta Keunikannya dalam Melakukan Perlawanan
Dan terakhir, yang ingin saya soroti dari film Tanah Ibu Kami adalah bagaimana perempuan selalu memiliki cara unik dalam melawan dan bergerak. Perempuan yang selalu mengutamakan cara-cara lembut dalam bertindak tercermin juga ketika mereka melakukan perlawanan.
Mama-mama Molla, mereka membawa alat-alat tenun ke gunung batu untuk mencegah para penambang melakukan aksinya. Mereka menenun di atas gunung berhari-hari tanpa lelah. Tenun adalah alat yang sangat dekat dengan perempuan, dan mama-mama Molla menjadikan itu sebagai alat perlawanan mereka.
Film ini membawa kita untuk memahami persoalan-persoalan agraria dan juga melihat peran perempuan dalam mempertahankan haknyna atas tanah. []