• Login
  • Register
Jumat, 4 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Featured

Brayan Urip: Kunci Keluarga Bahagia

Asih Widiyowati Asih Widiyowati
04/09/2019
in Featured, Hikmah, Keluarga
0
brayan urip

brayan urip

1.3k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Ada salah satu pertanyaan dari hadirin yang jawabannya membuka mata saya terkait pembelaan KH Syakur Yasin (Buya Syakur) terhadap perempuan. Salah seorang peserta bertanya tentang masalah yang  temannya hadapi. Istri temannya itu menggugat cerai gara-gara istrinya mempunyai penghasilan lebih besar daripada suami. Buya Syakur menyampaikan konsep brayan urip dalam berumah tangga. (Baca: Ikhtiar Berumah Tangga Hidup Rukun dengan Mertua)

Sontak pengasuh Pesantren Cadangpinggan, Kertasmaya, Indramayu, itu menjawab bahwa pertanyaan tersebut terlalu mendiskreditkan perempuan. Seolah-olah kalau perempuan lebih mapan secara ekonomi maka dia akan ngelunjak (memberontak). Siti Khodijah adalah contoh perempuan karir yang sukses, tapi tidak masuk kategori tersebut. Jadi urusan ngelunjak atau tidak sebenarnya karena seringkali yang menjadi sudut pandang suami.

“Ada nuansa hegemoni laki-laki dalam pertanyaan ini. Ada keinginan suami untuk mengatur istri semau-mau suami. Ingat ya, rumus hidup bahagia dalam pernikahan adalah brayan urip. Bukan hegemoni,” kata Buya.

Filosofi pernikahan orang Arab dan Indonesia berbeda. Di dunia Arab, pernikahan itu disebut sebagai “‘aqdun nikah” yang berarti “kontrak hubungan seksual”. Sebuah kontrak yang terjadi untuk mendapatkan kenikmatan. Filosofi yang tidak cocok bagi orang Indonesia. Orang Indonesia menganggap pernikahan adalah ahdun mu’asyarah, artinya perjanjian setia.

Prinsip Brayan Urip

Kembali pada prinsip brayan urip, pernikahan itu harus dipandang sebagai sebuah ikatan bagi suami dan istri untuk hidup bersama. Untuk bekerjasama dalam mengarungi kehidupan. Istilahnya, susah dan senang berdua. Semua beban keluarga atas tanggungan berdua untuk kebahagiaan bersama. Itulah maksud brayan urip.

Baca Juga:

Belajar Inklusi dari Sekolah Tumbuh: Semua Anak Berhak Untuk Tumbuh

Tahun Baru Hijriyah: Saatnya Introspeksi dan Menata Niat

Pesan Pram Melalui Perawan Remaja dalam Cengkeraman Militer

Rumah Tak Lagi Aman? Ini 3 Cara Orang Tua Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak

Maka bagi Buya, praktik pembacaan shighot ta’liq yang dilakukan mempelai lelaki sesaat setelah ijab qobul pernikahan sungguh amat mengerikan. Akad suci pernikahan harusnya tidak ‘dinodai’ dengan ritual ancam mengancam seperti shighot ta’liq. Dia lebih setuju jika yang dibacakan bukanlah shighot ta’liq melainkan janji setia sehidup semati.

Saya sangat setuju dengan ide ini. Pengucapan janji setia ini sendiri sudah mulai ada di beberapa daerah di Yogyakarta. Kepala KUA dan penghulu menjadi inisiator untuk dilakukannya praktik baik tersebut. Hal ini tak lepas dari upaya para aktivis dan ulama perempuan dari Rahima, Alimat, Fahmina, dll yang memberikan penguatan kepada mereka.

Para Kepala KUA juga diberikan pembekalan dengan perspektif mubadalah. Perspektif inilah yang selanjutnya diberikan kepada para pasangan pengantin agar mereka siap mengarungi perjalanan kehidupan dalam satu keluarga. Dengan begitu, tugas penghulu tidak hanya mengawinkan, tapi ikut serta dalam mewujudkan keluarga yang bahagia.

Buya Syakur juga menekankan tentang pentingnya komunikasi yang baik antara suami dan istri untuk menjaga keharmonisan keluarga. Menurutnya, seringkali konflik rumah tangga terjadi karena miskomunikasi. Prinsip pertama dalam komunikasi adalah kedua belah pihak harus bisa memahami karakter masing-masing.

Perangai dan Karakter Perempuan yang Berbeda dengan lelaki

Lelaki dan perempuan mempunyai perangai dan karakter yang secara garis besar amat berbeda. Perempuan lebih butuh pada perhatian, sehingga suami harus bisa memberikan perhatian meskipun bagi kebanyakan laki-laki hal itu remeh temeh. Perhatian kecil semacam rayuan, gombalan, dan sedikit kejutan seringkali berhasil untuk memberikan perhatian kepada perempuan.

Sementara laki-laki lebih membutuhkan penghormatan. Sehingga istri harus pandai-pandai agar suaminya tidak merasa direndahkan ataupun dilecehkan di depan orang lain. Kendala terjadi karena masing-masing, baik laki-laki maupun perempuan berada pada horison pemahamannya sendiri-sendiri dan tidak mau mendengarkan pasangannya, tidak mau mengerti dan merasa dirinya paling benar.

Pembelaan Buya Syakur terhadap perempuan seringkali masih ada unsur peremehan dari para pendengarnya yang laki-laki. Beberapa kali ada bapak-bapak yang nyeletuk dengan nada yang “kurang sopan”. Tapi saya yakin, di dalam hati bapak itu dia menerima tawaran untuk lebih memperhatikan nasib perempuan. Saya begitu yakin karena bapak di sampingku itu tak beranjak sesenti pun dari tempat duduknya.[]

Asih Widiyowati

Asih Widiyowati

Turisih Widiyowati, biasa dipanggil Asih. Lahir di Brebes dan sekarang tinggal di Cirebon. Bergelut dalam isu Kesehatan Reproduksi untuk remaja dan santri. Sehari-hari aktif di Institut Studi Islam Fahmina (ISIF) Cirebon dan komunitas Bayt al-Hikmah.

Terkait Posts

Oligarki

Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi

4 Juli 2025
Islam Harus

Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?

3 Juli 2025
Laki-laki dan Perempuan dalam fikih

Hak dan Kewajiban Laki-laki dan Perempuan dalam Fikih: Siapa yang Diuntungkan?

3 Juli 2025
Perceraian untuk

Mengapa Perceraian Begitu Mudah untuk Suami?

2 Juli 2025
Marital Rape

Ketika Istilah Marital Rape Masih Dianggap Tabu

2 Juli 2025
Perceraian dalam

Perceraian dalam Fikih: Sah untuk Laki-Laki, Berat untuk Perempuan

1 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kritik Tambang

    Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rumah Tak Lagi Aman? Ini 3 Cara Orang Tua Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Belajar Inklusi dari Sekolah Tumbuh: Semua Anak Berhak Untuk Tumbuh
  • Tahun Baru Hijriyah: Saatnya Introspeksi dan Menata Niat
  • Pesan Pram Melalui Perawan Remaja dalam Cengkeraman Militer
  • Rumah Tak Lagi Aman? Ini 3 Cara Orang Tua Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak
  • Berjalan Bersama, Menafsir Bersama: Epistemic Partnership dalam Tubuh Gerakan KUPI

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID