Penulis Buku: KH. Syarif Ustman Yahya
Judul Buku: Islam, Pesantren dan Pesan Kemanusiaan
Penerbit: Fahmina Institute
Jumlah Halaman:120
Tanggal Terbit: Januari 2008
Mubadalah.id – Belum lama ini, saya tengah asik membaca buku Islam, Pesantren dan Pesan Kemanusiaan karya KH. Syarief Utsman Yahya.
Buku Islam, Pesantren dan Pesan Kemanusiaan ini menceritakan tentang sebuah kesaksian dan proklamasi mengenai pondasi kehidupan kebangsaan yang terinspirasi dari praktik keislaman di pesantren.
Dalam tulisannya, KH. Syarief Utsman Yahya, atau yang kerap disapa Kang Ayip menceritakan banyak hal tentang bagaimana Islam, pesantren dan pesan-pesan kemanusiaan itu harus terus kita sampaikan.
Namun, dari semua hal itu ada salah satu tema yang membuat saya tertarik untuk membahasnya. Yaitu tentang bagaimana Nahdlatul Ulama (NU) sebagai organisasi masyakarat Islam terbesar di Indonesia menyikapi semua perbedaan.
Seperti kita ketahui bersama, bahwa perbedaan merupakan keniscayaan yang wajib kita rayakan dengan penuh suka cita.
Perbedaan yang Allah Swt ciptakan bukan hanya soal suku, bahasa, tradisi, budaya, dan warna kulit, melainkan dalam agama juga, Allah Swt menciptakan berbagai mazhab, akidah, fiqh, dan tasawuf.
Semua yang Allah Swt ciptakan tersebut merupakan sebagai jalan agar memudahkan kita sebagai umat Islam untuk beribadah kepada-Nya.
Dalam keyakinan akidah, NU berpegang pada Imam Abul Hasan al-Asy’ari atau Asy’ariyah dan Imam Abu Manshur al-Maturidi atau Maturidiyah.
Di bidang tasawuf, kita dapat mengikuti hasil ijtihadnya Imam Abul Qasim Junaidi al-Baghdadi atau Imam Abu Hamid Muhammad al-Ghazali. Sementara dalam bidang fiqih, umat Islam dapat memilih di antara mazhab Syafi’i, Maliki, Hanafi, ataupun Hanbali.
Dari berbagai perbedaan tersebut, terdapat banyak sekali faktor yang melatarbelakangi perbedaan mazhab tersebut. Baik dalam pengambilan dalil, pemikiran, tafsir, Hadis, dan konteks pada lingkungan waktu itu.
Saling Menghormati
Meski pun banyak perbedaan dalam berbagai bidang seperti di atas, NU tetap mengajarkan kepada seluruh pengikutnya untuk terus saling menghormati pilihan akidah, fiqh, tasawuf dan mazhab masing-masing.
Bahkan perintah untuk saling menghormati ini, Allah Swt tegaskan dalam al-Qur’an surat al-Hujarat ayat 13:
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْاۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْۗ
Artinya: Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. (QS. al-Hujurat: 13).
Ayat di atas merupakan salah satu bentuk pengakuan mengenai realitas keberagaman, termasuk keberagaman dalam berbagai bidang akidah, fiqh, maupun mazhab.
Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai warga NU untuk memiliki keterbukaan, toleransi dan menghormati penganut dari berbagai mazhab lainnya. []