Mubadalah.id – Aborsi mulai menjadi wacana keagamaan ketika agama Yahudi datang. Sebagian besar antara mereka masih memahami janin dalam dalam rahim belum dianggap manusia. Namun demikian, kehadiran janin sudah mempunyai konsekuensi secara etika. Pengguguran kandungan sudah mendapatkan sanksi, meskipun tidak seberat membunuh bayi.
Orang yang menyebabkan terjadinya keguguran dikenakan sanksi namun tidak dianggap sebagai penbunuh karena janin tidak dianggap sebagai manusia yang hidup. Dalam Exodus (Keluaran) 21:22 dikatakan :
“Apabila ada orang berkelahi dan melukai seorang perempuan yang sedang hamil yang menyebabkan kandungannya gugur. Tetapi perempuan itu tidak cedera, maka orang itu akan mendapatkan denda sesuai dengan tuntutan suaminya dan masalah itu ia selesaikan di muka hakim.”
Janin, para rabbi anggap sudah memiliki kehidupan setelah berusia 40 hari. Sehingga mereka menganggap aborsi sesudah itu adalah pembunuhan. Aborsi di atas 40 hari menjadi dosa besar dan pelakunya dapat mendapatkan sanksi yang berat sebagaimana halnya membunuh bayi yang sudah lahir.
Sedangkan janin yang belum berusia 40 hari ia sebut “cairan biasa” (maya d’alma). Sebagian rabbi berpendapat bahwa pengguguran kandungan di bawah 40 hari tidak kita sebut aborsi dan pelakunya tidak mendapatkan sanksi moral atau sanksi hukum.
4 Konsideran Berkenaan dengan Aborsi
Secara lebih rinci, hukum Yahudi memiliki empat konsideran berkenaan dengan aborsi. Pertama, aborsi dilarang bila mengarah pada pembunuhan, yakni bila calon bayi (embrio, feotus) dianggap sebagai makhluk hidup. Kedua, aborsi dilarang apabila menyebabkan luka pada tubuh.
Ketiga, aborsi dilarang apabila menyebabkan kerusakan finansial atau property. Seorang ayah bertanggung jawab pada kepada keluarga dan keturunannya. Apabila seseorang memukul perempuan (istri) dan menyebabkannya terluka, maka orang tersebut harus membayar uang kompensasi kepada ayah.
Keempat, seluruh otoritas Rabbani sependapat bahwa untuk alasan-alasan sosial ekonomi, aborsi bertentangan dengan hukum Yahudi.
Akan tetapi, jika kehamilan mengancam kelangsungan hidup si perempuan yang mengandung, aborsi diperbolehkan. Alasannya, seperti dinyatakan dalam The Mishnah, adalah karena hidup ibu lebih dahulu daripada sang bayi yang belum lahir.
Sebagian rabbi Yahudi membolehkan aborsi apabila kondisi janin menderita cacat atau penyakit keturunan. Sebagian yang lain memperbolehkan aborsi apabila keberlanjutan kehamilan sang ibu akan berpengaruh pada kesehatan mentalnya.
Lebih lanjut, aborsi diperbolehkan ada posisi lenient yaitu feotus berusia kurang dari 41 hari. Talinud menyebutkan, feotus tidak berbentuk sampai periode itu. []