Mubadalah.id – Sejak kemarin, Jum’at 7 Juli 2023 sampai dengan Selasa 11 Juli nanti saya bersama teman-teman Redaksi Mubadalah.id menemani proses belajar para peserta Akademi Mubadalah Muda 2023 di Kota Cirebon. Ada 40 peserta, dan 6 narasumber yang terlibat dalam kegiatan ini.
Di hari pertama kemarin, saya ingin mencatatkan satu sesi penting Dr. Iklilah Muzayyanah Fajriyah, atau yang biasa kami sapa Mbak Iklilah ketika mengisi materi tentang “Identifikasi Isu Gender dalam Kehidupan Sosial.”
Lalu sampai pada satu pertanyaan reflektif, mengapa tidak banyak perempuan yang sudah menikah merasa tidak bangga menjadi ibu rumah tangga? Perempuan lebih memilih menyebutkan profesi lain yang ia punya ketika berada di luar rumah.
Hal senada juga saya temukan dalam sebuah postingan di media sosial yang diunggah oleh salah satu kawan, di mana ia menuliskan setiap kali ada yang bertanya apa kegiatannya sekarang? Ia merasa tidak percaya diri ketika menyebutkan hanya di rumah saja. Meski sejatinya ia juga punya penghasilan tambahan dari jual beli online.
Kenyataan yang sama juga saya alami sendiri. Karena di dalam kartu tanda penduduk tercantum sebagai orang yang “mengurus rumah tangga”. Karena ketika saya pertama kali mengisi data KTP elektronik itu memang dalam kondisi sedang tidak bekerja di mana-mana. Sehingga pernah ketika mengurus dokumen penting yang harus menyertakan kartu identitas, seringkali mendengar respon “Oh ibu rumah tangga.”
Meskipun dalam kurun waktu beberapa tahun, saya pernah beberapa kali berganti profesi. Tapi memang data KTP elektronik yang kita masukkan itu tidak bisa berubah.
Konstruksi Gender
Begitulah kenyataan yang terjadi hari ini. Di mana hampir semua perempuan yang sudah menikah, menghadapi problem yang sama. Bekerja di luar rumah, akan dianggap lebih punya gengsi dan berharga dibandingkan dengan menjadi ibu rumah tangga.
Hal ini sebagaimana penjelasan Mbak Iklilah tentang konstruksi gender dalam pembakuan peran di ruang domestik dan publik. Laki-laki kita harapkan berada di ruang publik, dan perempuan berada di domestik. Di mana kenyataan ini tidak hanya sekadar tempat.
Berdasarkan konstruksi sosial, ruang publik kita anggap lebih berharga dibandingkan ruang domestik. Laki-laki atau perempuan akan lebih kita hargai ketika sedang berada di ruang publik menjalani pekerjaan atau profesi tertentu.
Kondisi tersebut menjadi tantangan, bagaimana kita sebagai penulis menjelaskan bahwa ruang domestik juga sama berharganya dengan ruang publik. Ketika konstruksi gender ini terus kita langgengkan, maka problem yang ada di ruang domestik tidak akan pernah selesai.
Banyak perempuan sebagai ibu rumah tangga yang tidak bangga menjadi ibu rumah tangga. Perempuan sendiri melihat peran ibu rumah tangga yang identik dengan pekerjaan domestik merasa tidak berharga. Sehingga ini menjadi orientasi penulis, bagaimana agar yang dikuatkan adalah ruang domestik. Di mana peran domestik ini penting untuk selalu kita ingatkan terus menerus.
Ketika semua orang berada di ruang publik, lalu orang yang berada di ruang domestik pergi, peran publik akan limbung. Maka kenapa perempuan janda banyak yang memilih tidak menikah. Sementara seorang laki-laki yang menjadi duda, lebih banyak yang memilih menikah lagi.
Pilihan-pilihan di atas itu tidak semata-mata kebutuhan seksual laki-laki yang ingin segera terpenuhi. Tetapi karena perempuan didorong oleh gerakan feminisme yang menguatkan perempuan berada di ruang publik.
Sementara laki-laki tidak ada yang mendorong untuk bisa berada di ruang domestik. Untuk itu, kita harus tetap mendorong perempuan agar aktif di ruang publik, dan laki-laki juga masuk ke ruang domestik. Maka tidak akan ada lagi ketimpangan di antara ruang publik dan domestik.
Yuk Bangga Menjadi Ibu Rumah Tangga
Setelah mendengarkan penjelasan di atas, rasanya kita tak perlu lagi minder apalagi insecure ketika menyebut diri sebagai ibu rumah tangga. Pekerjaan apapun, baik di ruang domestik ataupun publik menjadi bernilai ketika kita sebagai orang yang menjalani peran-peran tersebut merasa percaya diri, dan mendapat dukungan dari lingkungan di sekitarnya.
Atau mungkin, tak perlu ada dikotomi atau pemisahan ruang antara pekerjaan di ruang domestik dan publik itu, selama kita menjalani seluruh peran kehidupan sebagai manusia dengan penuh suka cita dan tanggung jawab penuh.
Karena, berdasarkan penjelasan Dr. Faqihuddin Abdul Kodir dalam perspektif mubadalah, setiap kebaikan berkeluarga harus dilakukan keduanya dan dirasakan juga oleh keduanya. Begitupun keburukan dalam berkeluarga, harus dicegah dan dihindari keduanya.
Untuk menguatkan relasi mubadalah ini, masing-masing harus memegang teguh tiga prinsip pondasi: cara pandang bermartabat, adil, dan maslahah. Cara pandang bermartabat artinya masing-masing harus memandang diri dan pasangannya sebagai seseorang yang bermartabat dan patut untuk kita perlakukan secara baik dan mulia.
Apapun posisi dan keadaan masing-masing, pasangan suami istri itu harus memulai dengan cara pandang yang bermartabat. Ketika keadaan dan kapasitas keduanya berbeda, maka yang memiliki kapasitas lebih harus bertandang melindungi dan memberdayakan yang kurang. Baik secara fisik, ekonomi, sosial, maupun pengetahuan.
Di mana bagi yang fisiknya kuat, maka melindungi yang lemah. Sedangkan bagi yang ekonominya berlimpah mendukung yang kekurangan. Begitupun masalah sosial, spiritual, dan intelektual. Inilah perilaku dari prinsip yang kedua yakni adil.
Sementara maslahah artinya masing-masing suami istri harus berpikir dan berperilaku untuk kebaikan keluarga. Yakni untuk diri, pasangan, dan seluruh anggota keluarga lain. Untuk itu, juga membuka dan memfasilitasi potensi diri dan pasangan agar bisa maksimal dalam mewujudkan kebaikan, dan juga menikmatinya. Jadi, tak perlu ragu lagi kan mendaku diri sebagai ibu rumah tangga? []