Bani Israil adalah anak-anak Israil. Kata Israil, atau kadang juga ditulis Israel, adalah nama lain dari Nabi Ya’kub as putra Nabi Ishak as. Israil berarti cucu dari Nabi Ibrahim as. Al-Qur’an memiliki banyak ayat yang bercerita tentang Bani Israil. Bahkan lebih banyak dari bangsa Arab sendiri, tempat dimana al-Qur’an turun dan Nabi Muhammad Saw lahir, tumbuh dan hidup sampai wafat.
Kata “Israil” sendiri misalnya, disebut al-Qur’an sebanyak 43 kali (Kamus Qur’an Muhammad Fuad ‘’Abdul Baqi). Surat al-Baqarah, terdiri dari 286 ayat panjang-panjang, adalah yang surat terpanjang dalam al-Qur’an. Nah, lebih dari sepertiga isi al-Baqarah adalah kisah tentang Bani Israil. Belum lagi ditambah surat dan ayat-ayat yang lain yang berkisah tentang mereka. Nabi dan Rasul yang nama-nama mereka disebut al-Qur’an, sebagian besar juga terdiri dari dan turun kepada mereka. Berarti menambah panjang lagi ayat-ayat yang berbicara mengenai Bani Israil.
Di samping sisi terang yang sudah dijelaskan sebelumnya, kisah Bani Israil di dalam al-Qur’an, lebih banyak mengungkap sisi-sisi gelap mereka. Baik dalam hal kemanusiaan maupun keimanan. Baik yang terjadi oleh mereka dan terhadap mereka sendiri, maupun dalam relasi mereka dengan bangsa atau suku-suku yang lain. Seperti biasa, al-Qur’an tidak peduli dengan detail cerita, nama tokoh, tempat kejadian, apalagi waktu kronologisnya.
Yang menjadi perhatian utama al-Qur’an adalah tentang pelajaran yang bisa diambil dari kisah-kisah tersebut. Yang eksplisit, pelajaran itu ditujukan kepada komunitas Nabi Muhammad Saw saat tutun al-Qur’an, yang berhadapan langsung dengan keturunan mereka, atau yang mengikuti agama mereka. Orang-orang Yahudi dan Nasrani di Madinah.
Komunitas Madinah sudah mencoba untuk menjadi seplural mungkin, dengan pimpinan dan ikut serta Nabi Muhammad Saw. Sekalipun pada akhirnya Madinah tidak seplural yang diharapkan, karena faktor-faktor sosial politik pada saat itu, tetapi dinamika relasi antar berbagai pihak dan penerimaan serta perujukan pada nilai-nilai bersama masih kentara di berbagai ayat al-Qur’an.
Ini salah satu dimensi saja. Dimensi-dimensi lain dari kisah-kisah Bani Israil dalam al-Qur’an adalah soal karakter dasar manusia. Beriman, ingkar, berbuat dosa, bertaubat, beriman lagi, dan ingkar lagi, serta taubat lagi. Tentu saja, hal ini mungkin dalam siklus berbagai generasi. Tidak terjadi dalam satu generasi. Ada dimensi lain, yang lebih spesifik, menyangkut satu persatu kisah dalam satu atau dua ayat tertentu.
Sisi gelap pertama yang diungkap al-Quran adalah isu kemanusiaan. Yaitu pembantaian yang terjadi pada Bani Israil oleh salah satu Raja Fir’aun Mesir. Dimana semua bayi laki-laki dirampas dan dibunuh, sementara mereka semua akan dijadikan budak untuk kepentingan Fir’aun. Nabi Musa as kemudian diutus untuk menyelamatkan mereka, membawa mereka keluar dari Mesir, dan mereka selamat. Sementara Fir’aun sendiri bersama pasukanya tenggelam di Laut Merah ketika mengejar mereka (ayat 49-50).
Sekalipun mereka diselamatkan Nabi Musa as, mereka ternyata tidak loyal kepadanya. Hanya ditinggal selama 40 hari, mereka sudah menolak keimanan pada Allah Swt yang diminta Nabi Musa as. Mereka memilih menyembah anak sapi yang lebih visual. Tentu saja, Nabi Musa as marah besar, dan mereka akhirnya bersedia kembali dan bertaubat. Proses pertaubatan sendiri digambarkan cukup keras, yang secara literal bisa diartikan sebagai “bunuh diri”. Demi memperoleh ampunan Allah Swt (ayat 51-54).
Sekalipun sudah ada pertaubatan yang keras ini, beberapa dari mereka, masih saja menuntut untuk bisa bertemu dan ingin melihat Allah Swt langsung. Sebagaimana mereka bisa melihat anak sapi itu. Tentu saja tidak penuhi, karena Allah Swt bukan benda materi, tetapi Pencipta segala materi, dan tidak sama dengan materi apapun. Mereka kembali diperlihatkan argumentasi yang lain, tentang siklus kehidupan dan kematian (ayat 55-56).
Ayat-ayat di atas, dalam konteks pembelajaran agama, memperlihatkan karakter manusia yangselalu cenderung dan mudah tergoda pada hal-hal yang visual dan material. Sehingga nilai-nilai yang abstrak, biasanya, akan diterjemahkan pada simbol-simbol yang lebih visual dan material. Di sinilah lalu letak persoalan kelembagaan agama, ketika substansi nilai tereduksi dalam simbol yang kemudian diperebutkan, diperdebatkan, dan menjadi ajang konflik dan peperangan.
Ketika mereka diminta untuk menetap di suatu lembah, dengan kecukupan sumber-sumber air yang tersedia dan makanan hasil pertanian yang cukup lezat, sekalipun terbatas, kebanyakan dari mereka tidak tahan dan tidak sabar. Mereka ingin turun ke kota dan mencari makanan lain. Padahal, ini semua perintah Allah Swt melalui nabi-nabi mereka. Bisa jadi, perintah ini terkait strategi pertahanan diri atau soal kemandirian pangan Bani Israil. Tetapi mereka tetap menuntut turun ke kota dan mencari makanan lain. Sekali lagi mereka ingkar, tidak loyal, dan menyebabkan para nabi dan pimpinan mereka sendiri terbunuh.
Justru dengan turun ke kota, sekalipun makanan yang mereka inginkan didapatkan di sana, tetapi mereka menjadi tergantung kepada penduduk kota, tidak mandiri dengan hasil tanam sendiri. Mereka tinggalkan lembah mereka yang subur, sehingga kemudian, mereka menjadi miskin, hina, lalu ingkar pada Allah Swt, bahkan dianggap terlibat pembunuhan para nabi dan pimpinan mereka sendiri (ayat 57-61).
Ayat-ayat ini, mungkin bisa didiskusikan lebih lanjut terkait isu kemandirian ekonomi suatu bangsa secara khusus, dan ketahanan segala sumber dayanya secara umum. Ketergantungan yang eksesif pada orang lain, akibat nafsu konsumsi yang berlebihan, bisa berakibat fatal pada nasib agama, idiologi, maupun sumber daya suatu bangsa. Akibat fatal ini dibahasakan al-Qur’an: kemiskinan, kehinaan, kemarahan dari Allah S t, kekafiran pada-Nya, dan pembunuhan para nabi.
Ayat berikutnya (ke-62) agak unik, karena kandungannya tentang penerimaan empat komunitas agama, tidak secara langsung memiliki korelasi dengan ayat-ayat sebelumnya maupun setelahnya. Tetapi ia bisa menjadi pengantar bagi sekumpulan ayat berikutnya terutama dengan keterkaitannya pada ayat 75 dan 77 yang secara langsung berbicara tentang orang-orang di Madinah yang beriman pada Nabi Muhammad Saw. Tafsir ayat 62 ini akan dibicarakan lagi, bersamaan dengan kedua ayat ini (75-77).
Ayat 63 dan 64 masih berbicara tentang sisi gelap Bani Israil ketika melanggar komitmen, sumpah, dan janji mereka sendiri di hadapan Allah Swt. Begitupun ayat 65 dan 66 yang mengisahkan pelanggaran Hari Sabtu yang sakral bagi mereka. Sementara ayat 67-74 adalah kisah “ngeyel” mereka ketika diminta menyembelih sapi betina.
Perintah awal dari Allah Swt sesungguhnya bersifat mutlak, sapi betina apapun. Tetapi mereka terus mendesak dan bertanya: sapi betina seperti apa? Usia berapa? Warna apa? Setiap diberi jawaban, mengajukan kembali pertanyaan meminta yang lebih spesifik lagi. Padahal, dengan pertanyaan dan jawaban ini, justru membuat “perintah-Nya” menjadi sulit untuk diterapkan. Sekalipun mungkin lebih jelas dan lebih spesifik.
Hal demikian bisa kita proyeksikan dalam kehidupan agama kita sehari-hari. Bahwa ajaran atau perintah agama, pada awalnya, sangat sederhana dan mudah diterapkan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Tetapi kemudian di tangan akal budaya manusia, ia menjadi rumit, lebih tehnis, banyak syarat dan rukun, yang seringkali justru menyulitkan para pemeluknya sendiri.
Tuntuan spesifikasi, detailisasi, dan teknikisasi ajaran-ajaran agama, terkadang tidak hanya datang dari para pemukanya, tetapi juga orang awam sendiri. Ketika dikasih doa misalnya, sesoeorang seringkali meminta penjelasan dari kyai atau ulama secara lebih tehnis, berapa kali, kapan dibaca, syaratnya apa saja. Padahal awalnya, berdoa saja sudah cukup. Tanpa ada syarat dan tehnisnya.
Hal yang sama juga dengan ibadah-ibadah, yang jika membaca Qur’an dan Haditsnya bisa jadi sangat simpel dan sederhana. Tetapi jika merujuk pada pembahasan ulama Tafsir dan Fiqh, maka di situ ada perdebatan sangat panjang, dengan berbagai pandangan. Mulai yang simpel, moderat, sampai yang sangat berat sekali.
Tentu saja tradisi ini menarik, kaya, dan penting untuk mengantisipasi berbagai hal yang mungkin terjadi. Tetapi jika perhatian besar umat lebih kepada hal-hal yang teknik, detail, dan spesifik, kita bisa kehilangan pesan dasar dan besar agama itu sendiri. Yaitu menghadirkan moralitas kasih sayang pada semesta (rahmatan lil ‘alamin). Dalam berbagai hadits, Nabi Muhammad sendiri sering meminta kita semua untuk membuat sesuatu menjadi lebih mudah, termasuk dalam hal beragama. Tidak mempersulit dan membuat orang susah (Sahih Bukhari, no. hadits: 69). Wallahu a’lam.