Selasa, 16 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    gerakan peradaban

    Peran Ulama Perempuan KUPI dalam Membangun Gerakan Peradaban

    Kemiskinan Perempuan

    KUPI Dorong Peran Ulama Perempuan Merespons Kemiskinan Struktural dan Krisis Lingkungan

    Kekerasan Seksual

    Forum Halaqah Kubra KUPI Bahas Kekerasan Seksual, KDRT, dan KBGO terhadap Perempuan

    Gender KUPI

    Julia Suryakusuma Apresiasi Peran KUPI dalam Mendorong Islam Berkeadilan Gender

    sikap ambivalen

    Julia Suryakusuma Soroti Ancaman Kekerasan Seksual dan Sikap Ambivalen terhadap Feminisme

    Feminisme

    Julia Suryakusuma: Feminisme Masih Dibutuhkan di Tengah Krisis Multidimensi Indonesia

    Krisis

    Di Halaqah KUPI, GKR Hemas Tekankan Peran Ulama Perempuan Hadapi Krisis Bangsa

    KUPI adalah

    GKR Hemas: KUPI Adalah Gerakan Peradaban, Bukan Sekadar Forum Keilmuan

    Dialog Publik KUPI

    Dialog Publik KUPI: Dari Capaian hingga Tantangan Gerakan Keulamaan Perempuan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Hidup yang Bermakna

    Hidup yang Bermakna dalam Perspektif Katolik

    Ruang Digital

    Menjaga Jari di Ruang Digital: Etika Qur’ani di Tengah Krisis Privasi

    Isu perempuan

    Menjadi Lelaki Penyuara Isu Perempuan, Bisakah?

    Lingkungan Perempuan

    Kerusakan Lingkungan dan Beban yang Dipikul Perempuan

    Halaqah Kubra KUPI

    Halaqah Kubra KUPI Dua Ribu Dua Lima yang Sarat Makna

    Kelekatan Spiritual

    Jangan Mudah Menghakimi Keimanan Sesama: Menyelami 5 Gaya Kelekatan Spiritual

    Bencana Sumatra

    Bencana Sumatra, Alarm Keras untuk Implementasi Ekoteologi

    Tradisi dan Modernitas

    Mengurai Kembali Kesalingan Tradisi dan Modernitas

    Disabilitas

    Disabilitas: Bukan Rentan, Tapi Direntankan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    gerakan peradaban

    Peran Ulama Perempuan KUPI dalam Membangun Gerakan Peradaban

    Kemiskinan Perempuan

    KUPI Dorong Peran Ulama Perempuan Merespons Kemiskinan Struktural dan Krisis Lingkungan

    Kekerasan Seksual

    Forum Halaqah Kubra KUPI Bahas Kekerasan Seksual, KDRT, dan KBGO terhadap Perempuan

    Gender KUPI

    Julia Suryakusuma Apresiasi Peran KUPI dalam Mendorong Islam Berkeadilan Gender

    sikap ambivalen

    Julia Suryakusuma Soroti Ancaman Kekerasan Seksual dan Sikap Ambivalen terhadap Feminisme

    Feminisme

    Julia Suryakusuma: Feminisme Masih Dibutuhkan di Tengah Krisis Multidimensi Indonesia

    Krisis

    Di Halaqah KUPI, GKR Hemas Tekankan Peran Ulama Perempuan Hadapi Krisis Bangsa

    KUPI adalah

    GKR Hemas: KUPI Adalah Gerakan Peradaban, Bukan Sekadar Forum Keilmuan

    Dialog Publik KUPI

    Dialog Publik KUPI: Dari Capaian hingga Tantangan Gerakan Keulamaan Perempuan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Hidup yang Bermakna

    Hidup yang Bermakna dalam Perspektif Katolik

    Ruang Digital

    Menjaga Jari di Ruang Digital: Etika Qur’ani di Tengah Krisis Privasi

    Isu perempuan

    Menjadi Lelaki Penyuara Isu Perempuan, Bisakah?

    Lingkungan Perempuan

    Kerusakan Lingkungan dan Beban yang Dipikul Perempuan

    Halaqah Kubra KUPI

    Halaqah Kubra KUPI Dua Ribu Dua Lima yang Sarat Makna

    Kelekatan Spiritual

    Jangan Mudah Menghakimi Keimanan Sesama: Menyelami 5 Gaya Kelekatan Spiritual

    Bencana Sumatra

    Bencana Sumatra, Alarm Keras untuk Implementasi Ekoteologi

    Tradisi dan Modernitas

    Mengurai Kembali Kesalingan Tradisi dan Modernitas

    Disabilitas

    Disabilitas: Bukan Rentan, Tapi Direntankan

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Aktual

Dinamika Perempuan di Tengah Bencana Alam

Ketika bencana melanda berbagai wilayah Indonesia, para perempuan kita tidak sekadar berdiam diri meminta bantuan. Namun, mereka juga memperlihatkan kisah heroik bahwa pencegahan kerusakan lingkungan perlu terus menerus didengungkan agar semesta kembali menjadi tempat terbaik bagi mereka dan generasi seterusnya.

Hasna Azmi Fadhilah Hasna Azmi Fadhilah
18 Januari 2021
in Aktual, Rekomendasi
0
Bencana Alam

Bencana Alam

882
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Belum usai benar pandemi corona melanda Indonesia, awal tahun 2021 deretan bencana alam kembali menerpa tanah air, dari banjir bandang pada beberapa daerah di Kalimantan Selatan, gempa bumi di Mamuju Sulawesi Barat, hingga Longsor di Sumedang Jawa Barat. Rentetan bencana tersebut tidak hanya meluluhlantakkan rumah, kantor, dan bangunan fisik lain, tetapi juga mengakibatkan aktivitas warga harus terhenti dalam waktu dekat.

Dalam suatu wawancara, seorang perempuan paruh baya yang bertahan di tenda darurat di Majene mengatakan bahwa kondisi ini membuat ia dan keluarganya memilih untuk berdiam dengan perlengkapan seadanya di wilayah yang aman hingga kondisi bencana alam betul-betul membaik. Dengan lantang, ia juga meminta agar pemerintah lebih sigap memberikan perlengkapan logistik terutama obat-obatan supaya anak-anak yang kondisinya lemah dan sakit dapat segera tertangani.

Suara lantang dari ibu tadi menggambarkan bagaimana di tengah bencana alam, perempuan meski kerap distigmakan lemah dan berdaya, ia tetap memikirkan yang lain sembari menyuarakan aspirasi para korban bencana alam. Hal ini menunjukkan bahwa perempuan tidak hanya sebatas menjadi korban, namun di saat yang sama memainkan peran lainnya: garda terdepan dalam menyampaikan suara para warga.

Terlepas fakta bahwa perempuan di negara-negara dengan budaya patriarki kuat seperti Indonesia memiliki kecenderungan 4 kali lebih besar menjadi korban meninggal saat bencana karena ketika kecil tidak dilatih dengan survival skill seperti berenang dan memanjat pohon tinggi, perempuan-perempuan di Indonesia juga manjadi martir untuk lingkungan yang ia tinggali: mereka mengerahkan segala daya upaya untuk menyelamatkan diri dan anggota keluarga.

Selain itu, dalam beberapa kasus krisis akibat perubahan iklim, para perempuan juga memperlihatkan bahwa mereka lebih aware dibandingkan laki-laki. Di Nusa Tenggara Timur misalnya, ketika wilayahnya mengalami krisis air, para perempuan terlebih dulu tahu ketika debit air turus menurun.

Di saat yang sama, kondisi itu menuntut mereka harus berjalan lebih jauh menuju sumber air. Sedangkan bagi mereka yang berdomisili di wilayah perkebunan kelapa sawit, tercemarnya sungai-sungai oleh pestisida dan limbah sawit juga memaksa mereka mencari sumber air alternatif.

Dengan bencana alam yang terus menerus membayangi kehidupan kita, penguatan kapasitas perempuan dalam mempertahankan diri dan keluarga turut menentukan seberapa baik kualitas generasi mendatang. Sayangnya, peran ini tidak banyak mendapatkan dukungan dari pemerintah. Selain dikarenakan banyak bantuan sosial ‘disunat’ melalui korupsi, pemberian bantuan acap kali tak tepat sasaran.

Akibatnya, para ibu dan perempuan terpaksa mengalah dan mengesampingkan kebutuhan dirinya. Data dari Mercy Corps menunjukkan perempuan menjadi pihak yang paling banyak berkorban bagi keluarga dengan mengurangi asupan makanan yang mereka konsumsi.

Dampaknya, 45-60% perempuan usia produktif memiliki berat yang tidak proporsional atau kurang dari berat badan normal. Bahkan 80% perempuan yang hamil di wilayah krisis bencana menderita anemia defisiensi yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

Meski realita tampak sangat muram, namun bencana alam juga dapat memberikan kesempatan untuk masyarakat kembali mempertimbangkan isu lingkungan. Contohnya saja di Bener Meriah, Provinsi Aceh. Akibat banjir yang meluluhlantakkan desa mereka akibat penebangan hutan liar.

Para ibu di sana kemudian membentuk tim patroli yang secara reguler berkeliling hutan untuk mengusir dan memperingatkan para perusak hutan. Tak segan-segan mereka juga membawa peralatan lengkap untuk mengantisipasi bila ada hal-hal yang tak diinginkan terjadi.

Tak hanya geram soal pembabatan hutan, para perempuan juga lebih lantang menyuarakan hak urusan tanah. Mereka jauh visioner dan memiliki pemikiran jangka panjang. “Persoalan nanti anak saya mau diwarisi apa, di mana mereka tinggal”, acap kali membuat gelisah kaum hawa. Makanya, mereka lebih tahan bujukan ketika mendapat penawaran oleh perusahaan kelapa sawit, semen atau korporat lainnya.

Hal tersebut menjadi alasan kuat mengapa perempuan mau dengan tangguh, maju untuk menggalakkan perjuangan lingkungan. Selain di NTT dan Aceh, perempuan di berbagai daerah yang mengalami kerusakan lingkungan parah, terus lantang bersuara akan penindasan yang mereka alami.

Lihat saja perjuangan Nai Sinta boru Sibarani terhadap Inti Indorayon Utama di Porsea, Sumatera Utara, dan Mama Yosepha Alomang terhadap Freeport di Amungme, Papua. Kesemuanya memperlihatkan bahwa perempuan tidak tinggal diam ketika ia dan orang-orang di sekitarnya menjadi korban bencana dan perisakan alam.

Hal ini sekaligus mematahkan mitos bahwa perempuan hanya piawai dalam urusan domestik saja. Nyatanya, dari fakta yang ada, ketika bencana alam melanda berbagai wilayah Indonesia, para perempuan kita tidak sekadar berdiam diri meminta bantuan. Namun, mereka juga memperlihatkan kisah heroik bahwa pencegahan kerusakan lingkungan perlu terus menerus didengungkan agar semesta kembali menjadi tempat terbaik bagi mereka dan generasi seterusnya. []

Tags: Bencana AlamkemanusiaanLingkunganperempuan
Hasna Azmi Fadhilah

Hasna Azmi Fadhilah

Belajar dan mengajar tentang politik dan isu-isu perempuan

Terkait Posts

gerakan peradaban
Aktual

Peran Ulama Perempuan KUPI dalam Membangun Gerakan Peradaban

16 Desember 2025
Kemiskinan Perempuan
Aktual

KUPI Dorong Peran Ulama Perempuan Merespons Kemiskinan Struktural dan Krisis Lingkungan

16 Desember 2025
Lingkungan Perempuan
Publik

Kerusakan Lingkungan dan Beban yang Dipikul Perempuan

16 Desember 2025
Kekerasan Seksual
Aktual

Forum Halaqah Kubra KUPI Bahas Kekerasan Seksual, KDRT, dan KBGO terhadap Perempuan

16 Desember 2025
Bencana Sumatra
Publik

Bencana Sumatra, Alarm Keras untuk Implementasi Ekoteologi

15 Desember 2025
Reboisasi Relasi
Publik

Reboisasi Relasi: Menghijaukan Kembali Cara Kita Memandang Alam

14 Desember 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kemiskinan Perempuan

    KUPI Dorong Peran Ulama Perempuan Merespons Kemiskinan Struktural dan Krisis Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Forum Halaqah Kubra KUPI Bahas Kekerasan Seksual, KDRT, dan KBGO terhadap Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Halaqah Kubra KUPI Dua Ribu Dua Lima yang Sarat Makna

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kerusakan Lingkungan dan Beban yang Dipikul Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Jangan Mudah Menghakimi Keimanan Sesama: Menyelami 5 Gaya Kelekatan Spiritual

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Hidup yang Bermakna dalam Perspektif Katolik
  • Peran Ulama Perempuan KUPI dalam Membangun Gerakan Peradaban
  • Menjaga Jari di Ruang Digital: Etika Qur’ani di Tengah Krisis Privasi
  • KUPI Dorong Peran Ulama Perempuan Merespons Kemiskinan Struktural dan Krisis Lingkungan
  • Menjadi Lelaki Penyuara Isu Perempuan, Bisakah?

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID