Namanya Helen Keller (1880-1968), seorang anak manusia yang terlahir disabilitas netra dan rungu pada usia 19 bulan. Ia menjadi manusia yang tidak bisa melihat dan mendengar pertama, yang lulus cum laude dari Radchiffe College ditahun 1904.
Ada pemikiran yang hingga saat ini dijadikan pijakan oleh Keller dengan ucapannya, “Character cannot be develop in ease and quite. Only throught experience of trial and suffering can the soul be strengthened, vision cleared, ambition inspired, and succsess achieved”.
Kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, “karakter tidak bisa terbentuk dalam situasi mudah maupun tenang. Hanya melalui pengalaman akan kegagalan dan penderitaan yang dapat memperkuat jiwa, pandangan yang jelas, ambisi dan meraih kesuksesan.”
Kalimat itu boleh jadi merangkum sejarah hidup yang sangat inspirasional. Lewat perjuangan panjang dan ketekunan yang sulit dicari tandingannya, ia kemudian menjadi salah seorang pahlawan besar dalam sejarah Amerika yang mendapatkan berbagai penghargaan ditingkat internasional atas prestasi dan pengabdiannya.
Keller adalah model manusia berkarakter (terpuji). Dan sejarah hidupnya mendemontrasikan bagaimana proses membangun karakter itu memerlukan disiplin yang tinggi karena tidak pernah mudah dan seketika atau instant.
Diperlukan refleksi mendalam untuk membuat rentetan moral choice (keputusan moral) dan ditindaklajuti dengan aksi nyata sehingga menjadi praksis, refleksi, dan praktik. Maka diperlukan sejumlah waktu untuk membuat semua itu menjadi custom (kebiasaan) dalam membentuk watak atau tabiat seseorang.
Keberhasilan Keller menjadi manusia berkarakter tentu saja tidak dapat dipisahakan dari pola asuh orang tuanya. Menurut Hurlock ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pola asuh orang tua, yaitu karakteristik orang tua, antara lain;
Pertama, Kepribadian orang tua. Setiap orang berbeda dalam tingkat energi, kesabaran, intelegensi, sikap dan kematangannya. Karakteristik tersebut akan mempengaruhi kemampuan orang tua untuk memenuhi tuntutan peran sebagai orang tua dan bagaimana tingkat sensifitas orang tua terhadap kebutuhan anak-anaknya,
Kedua, Keyakinan mengenai pengasuhan akan mempengaruhi nilai dari pola asuh dan mempengaruhi tingkah lakunya dalam mengasuh anak-anaknya. Ketiga, Persamaan dengan pola asuh yang diterima orang tua.
Bila orang tua merasa bahwa orang tua mereka dahulu berhasil menerapkan pola asuhnya pada anak dengan baik, maka mereka akan menggunakan teknik serupa dalam mengasuh anak. Namun jika mereka merasa pola asuh yang digunakan orang tua mereka tidak tepat, maka orang tua akan beralih ke teknik pola asuh yang lain.
Teknik itu antara lain, 1). Penyesuaian dengan cara disetujui kelompok. Orang tua yang baru memiliki anak atau yang lebih muda dan kurang berpengalaman lebih dipengaruhi oleh apa yang dianggap anggota kelompok (bisa berupa keluarga besar, masyarakat) merupakan cara terbaik dalam mendidik anak.
2). Usia orang tua. Orang tua yang berusia muda cenderung lebih demokratis dan permissive bila dibandingkan dengan orang tua yang berusia tua. 3). Pendidikan orang tua. Orang tua yang telah mendapatkan pendidikan yang tinggi, dan mengikuti kursus dalam mengasuh anak lebih menggunakan teknik pengasuhan authoritative dibandingkan dengan orang tua yang tidak mendapatkan pendidikan dan pelatihan dalam mengasuh anak.
4). Jenis kelamin. Ibu pada umumnya lebih mengerti anak dan mereka cenderung kurang otoriter bila dibandingkan dengan bapak. 5). Status sosial ekonomi. Orang tua dari kelas menengah dan rendah cenderung lebih keras, memaksa dan kurang toleran dibandingkan dengan orang tua dari kelas atas.
6). Konsep mengenai peran orang tua dewasa. Orang tua yang mempertahankan konsep tradisional cenderung lebih otoriter dibanding orang tua yang menganut konsep modern. 7). Jenis kelamin anak. Orang tua umumnya lebih keras terhadap anak perempuan dari pada anak laki-laki.
8). Usia anak. Usia anak dapat mempengaruhi tugas-tugas pengasuhan dan harapan orang tua. 9). Temperamen. Pola asuh yang diterapkan orang tua akan sangat mempengaruhi temperamen seorang anak. Anak yang menarik dan dapat beradaptasi akan berbeda pengasuhannya dibandingkan dengan anak yang cerewet dan kaku.
10). Kemampuan anak. Orang tua akan membedakan perlakuan yang akan diberikan untuk anak yang berbakat dengan anak yang memiliki masalah dalam perkembangannya. 11). Situasi. Anak yang mengalami rasa takut dan kecemasan biasanya tidak diberi hukuman oleh orang tua. Tetapi sebaliknya, jika anak menentang dan berperilaku agresif kemungkinan orang tua akan mengasuh dengan pola outhoritatif. []