• Login
  • Register
Jumat, 4 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Pernak-pernik

Interpretasi Kata Wanita Berdasarkan Sejarah Nusantara

Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata interpretasi kata wanita memiliki filosofi yang dalam, dan simbol untuk menyebut perempuan sebagai makhluk pemberani

Moh. Rivaldi Abdul Moh. Rivaldi Abdul
14/06/2022
in Pernak-pernik, Rekomendasi
0
Interpretasi Kata Wanita

Interpretasi Kata Wanita

393
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Jika mendengar kata “wanita” umumnya yang terlintas di pikiran kita adalah sebutan lain untuk perempuan dewasa. Tak jarang kata ini juga dilekatkan pada makhluk Tuhan yang dipandang lemah, fisik yang tidak kuat, penakut, dan berbagai kata yang menyubordinasikan peran wanita (perempuan) dalam kehidupan. Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata interpretasi kata wanita memiliki filosofi yang dalam, dan simbol untuk menyebut perempuan sebagai makhluk pemberani.

interpretasi kata wanita merupakan akronim (kerata basa) dari Bahasa Jawa, yaitu “wani ing tata”. Wani berarti berani, dan ing tata berarti dalam menata. Sehingga, sederhananya wani ing tata bermakna berani dalam menata.

Sarno Hanipudin dan Yusri Amalia Habibah dalam “Karakter Wanita dalam Tradisi Jawa” menjelaskan bahwa wani ing tata memiliki dua pemaknaan yang berbeda. “Pertama wani ditata yang artinya berani (mau) diatur. Dan yang kedua, wani nata yang artinya berani mengatur.”

Jadi, pemaknaan dalam interpretasi kata wanita bisa berarti sosok yang penurut atau sosok yang pemberani. Makna yang pertama seakan mendomestikasi perempuan sebagai makhluk penurut, dan kedua meng-emansipasi perempuan sebagai makhluk pemberani.

Wasisto Raharjo Jati dalam “Wanita, Wani Ing Tata: Konstruksi Perempuan Jawa dalam Studi Poskolonialisme” menjelaskan bahwa, “…makna (wani ing tata) tersebut bukanlah dimaknai secara harfiah sebagai bentuk dualisme sikap wanita antara ‘memberontak’ dengan ‘mengurus’.

Baca Juga:

Pesan Pram Melalui Perawan Remaja dalam Cengkeraman Militer

Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan

Hak dan Kewajiban Laki-laki dan Perempuan dalam Fikih: Siapa yang Diuntungkan?

Egoisme dan Benih Kebencian Berbasis Agama

Kedua dikotomi tersebut kembali pada soal stigmatisasi terhadap tubuh dan status perempuan. Hal itulah kemudian mengarahkan kepada bentuk kontestasi makna interpretasi kata wanita terhadap idiom ‘wani ing tata’ tersebut dalam perspektif domestifikasi atau emansipasi. …‘ wani ing tata’ sendiri dapat diartikan sebagai bentuk semiotika bahasa yang melambangkan wanita sebagai sosok ‘pemberani’.”

Jadi wanita sebagai sosok pemberani dapat menjadi pemaknaan yang tepat dari wani ing tata. Namun, budaya patriarki kian mendomestikasi dan menjauhkan makna wani ing tata dari yang awalnya pemberani menjadi penurut seperti yang diinginkan budaya patriarki.

Wasisto Raharjo Jati dalam artikelnya “Wanita, Wani Ing Tata: Konstruksi Perempuan Jawa dalam Studi Poskolonialisme” menampilkan tabel perubahan makna wani ing tata dari masa pra-kolonialisme ke kolonialisme. Menurutnya terjadi perubahan makna “wani ing tata”: Pertama, kultur masyarakat yang matrifokus (menempatkan keutamaan wanita) pada masa pra-kolonialisme menjadi patriarki di era kolonialisme.

Kedua, paradigma yang emansipasi pada masa pra-kolonialisme menjadi domestikasi di era kolonialisme. Ketiga, status perempuan yang superior pada masa pra-kolonialisme menjadi inferior di era kolonialisme, dan keempat, relasi dengan masyarakat yang setara pada masa pra-kolonialisme menjadi timpang di era kolonialisme.

Interpretasi Kata Wanita Mengalami Pergeseran Makna

Jadi makna interpretasi kata wanita sebagai sosok pemberani bergeser ke penggambaran sosok penurut. Maka, dalam hal ini, perlu interpretasi kata wanita kembali kepada pemaknaan wanita sebagai sosok pemberani. Hal ini bukan berarti menggambarkan dan mendorong kaum perempuan untuk menjadi sosok pemberani dengan maksud sebagai makhluk pemberontak, melainkan sosok pemberani dalam berkarya dan menjalankan tanggung jawab sebagai makhluk Tuhan.

Pemaknaan wani ing tata sebagai wanita yang merupakan sosok pemberani bukan semata cocokologi yang tidak mendasar, melainkan selaras dengan riwayat perempuan dalam panggung sejarah Nusantara. Jika menelik sejarah Nusantara maka banyak perempuan yang hadir sebagai sosok pemberani dengan berbagai prestasi, termasuk di era kolonialisme juga terdapat sosok perempuan yang berjuang dalam upaya kemerdekaan bangsa.

Pada abad ke-7 M, ada sosok Ratu Shima (674-695) yang membawa Kalingga pada kemakmuran. Sembilan abad kemudian, tepatnya pada abad ke-16 M, juga ada seorang Rainha de Jepara (Ratu Jepara), yaitu Ratu Kalinyamat (1549-1579), yang dengan berani menentang ketidakadilan kala itu.

Di masa perjuangan kemerdekaan, ketika pecah Perang Diponegoro pada tahun 1825 M, seorang pemimpin perempuan dari Serang, Nyi Ageng Serang, dengan gagah dan penuh keberanian terjun ke medan perang memimpin pasukannya untuk membantu Pangeran Diponegoro dalam melawan penjajah.

Pada awal abad 20 M, ada sosok R.A. Kartini yang dengan berani menggoreskan pikirannya dalam surat-suratnya. Suyatin Kartowiyono juga termasuk tokoh yang penting dalam perjuangan kemerdekaan. Sujatin merupakan pemudi pemberani yang menggagas Kongres Perempuan Indonesia yang pertama pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Kala itu, umur Sujatin baru menginjak 21 tahun, namun dengan gagah berani dia dan bersama rekan-rekannya berhasil mengadakan kongres yang mempertemukan berbagai organisasi perempuan dan pemuda di Nusantara.

Tentu masih banyak lagi sosok perempuan yang namanya pantas terukir dalam panggung sejarah Nusantara. Dan, jika menilik riwayat perjuangan mereka, kita akan memikirkan wanita: wani ing tata sebagai sosok yang pemberani dalam berkarya untuk agama, bangsa, dan negara. []

Tags: IndonesiaNusantaraperempuansejarahWanita
Moh. Rivaldi Abdul

Moh. Rivaldi Abdul

S1 PAI IAIN Sultan Amai Gorontalo pada tahun 2019. S2 Prodi Interdisciplinary Islamic Studies Konsentrasi Islam Nusantara di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sekarang, menempuh pendidikan Doktoral (S3) Prodi Studi Islam Konsentrasi Sejarah Kebudayaan Islam di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Terkait Posts

Sekolah Tumbuh

Belajar Inklusi dari Sekolah Tumbuh: Semua Anak Berhak Untuk Tumbuh

4 Juli 2025
Gerakan KUPI

Berjalan Bersama, Menafsir Bersama: Epistemic Partnership dalam Tubuh Gerakan KUPI

4 Juli 2025
Oligarki

Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi

4 Juli 2025
Islam Harus

Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?

3 Juli 2025
Ruang Aman, Dunia Digital

Laki-laki Juga Bisa Jadi Penjaga Ruang Aman di Dunia Digital

3 Juli 2025
Laki-laki dan Perempuan dalam fikih

Hak dan Kewajiban Laki-laki dan Perempuan dalam Fikih: Siapa yang Diuntungkan?

3 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kritik Tambang

    Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rumah Tak Lagi Aman? Ini 3 Cara Orang Tua Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Belajar Inklusi dari Sekolah Tumbuh: Semua Anak Berhak Untuk Tumbuh
  • Tahun Baru Hijriyah: Saatnya Introspeksi dan Menata Niat
  • Pesan Pram Melalui Perawan Remaja dalam Cengkeraman Militer
  • Rumah Tak Lagi Aman? Ini 3 Cara Orang Tua Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak
  • Berjalan Bersama, Menafsir Bersama: Epistemic Partnership dalam Tubuh Gerakan KUPI

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID