• Login
  • Register
Sabtu, 3 Juni 2023
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Keluarga

Kaidah Fikih dalam Manajemen Konflik Keluarga

Setiap orang akan diuji konflik sesuai dengan kondisi keluarga. Tapi tidak menjadi masalah jika suami dan istri memiliki manajemen konflik keluarga

Nur Kholilah Mannan Nur Kholilah Mannan
03/10/2022
in Keluarga, Rekomendasi
0
Manajemen Konflik Keluarga

Manajemen Konflik Keluarga

353
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Tuhan menciptakan setiap manusia berbeda-beda, secara lahiriah dan batiniah, struktur tubuh boleh sama tapi bentuk dan identiknya pasti berbeda. Bahkan dua saudara kembar pasti memiliki titik perbedaan. Apalagi yang berkaitan dengan isi kepala, tentu berbeda karena perbedaan latar belakang pendidikan, bacaan, sosial dan mental. Sehingga dalam relasi perkawinan kita perlu manajemen konflik keluarga.

Mengapa penting? Karena dalam sebuah keluarga yang beranggotakan minimal 2 orang (suami istri), seringkali mengalami perbedaan pendapat dan keputusan. Dalam surat Al-Hujurat ayat 13 Allah menegaskan keberagaman itu;

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kalian dari seorang laki-laki dan perempuan dan menjadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kalian saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kalian di sisi Allah ialah ornag yang paling takwa di antara kalian. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha mengenal”

Perbedaan adalah hal lumrah, selama tidak ada yang merugi, nilai toleransi menjadi penting karena manusia memang senantiasa dituntut untuk kreatif mencari problem solving. Sekiranya ini alasan mengapa disyariatkan kafāah (kesepadanan) sebagai hak setiap individu untuk memilih pasangan.

Daftar Isi

    • Konsep Kafaah
  • Baca Juga:
  • Menyempurnakan Tips Langgeng Berumah Tangga ala Gus Baha
  • Childfree sebagai Pilihan Hidup
  • Perkawinan Dapat Ciptakan Ketenangan Bagi Laki-laki dan Perempuan
  • 3 Tujuan Perkawinan Menurut Imam Al-Ghazali
    • Kaidah Fikih

Konsep Kafaah

Ada konsep kafāah bukan untuk mendikotomi klan, keturunan, status sosial dan profesi tertentu. Sekali-kali bukan, kafāah ada untuk meminimalisir perbedaan yang riskan melahirkan konflik.

Baca Juga:

Menyempurnakan Tips Langgeng Berumah Tangga ala Gus Baha

Childfree sebagai Pilihan Hidup

Perkawinan Dapat Ciptakan Ketenangan Bagi Laki-laki dan Perempuan

3 Tujuan Perkawinan Menurut Imam Al-Ghazali

Dalam buku Fondasi Keluarga Sakinah yang diampu oleh Direktorat Bina KUA & Keluarga Sakinah,  ada 3 respon terhadap perbedaan; 1) Membutuhkan Pemahaman, 2) Membutuhkan dialog untuk lebih mendalami dan mengerti, dan 3) Membutuhkan perubahan sikap.

Perbedaan yang membutuhkan pemahaman misalnya adalah perbedaan hobi, makanan, pakaian, selera film dan musik. Perbedaan ini butuh kesabaran untuk bisa memahami satu sama lain, kadang istri terbiasa sarapan nasi jam 7 pagi sementara suami kopi saja, atau misal suami maniak bola sementara istri biasa saja. Dalam hal ini seharusnya suami istri saling memahami. Alih-alih mengubah kebiasaan, perbedaan ini tetap bisa masing-masing individu jalani tanpa menganggu yang lain.

رضى باشيئ رضا بما يتولد منه “Rela kepada sesuatu maka harus rela terhadap apa yang ditimbulkan” kerelaan itu berbatas pada perbedaan yang ditolerir. Bisa perbedaan yang membutuhkan dialog seperti perbedaan budaya. Perlu kita dialogkan agar pasangan mengerti makna yang kita inginkan dari budaya yang dianut. Tentu perbedaan ini memiliki batas teritorial yakni garis syariat Islam. Maka dari itu, budaya yang tidak melanggar aturan hukum Islam dapat kita ikuti dan lestarikan.

Kaidah Fikih

Sesuai kaidah fikih العادة محكمة “Adat/kebiasaan bisa dijadikan pijakan hukum” seperti perbedaan adat pernikahan Jawa dengan Aceh, atau pakaian adat. Berbeda dengan kebiasaan yang melanggar norma syariat seperti kebiasaan seseorang tidak menghubungi atau berkomunikasi dengan partnernya, sehingga terbawa setelah pernikahan suami tidak memberi kabar pada istri dan anak-anaknya. Maka hal ini tidak boleh karena pernikahan tanpa komunikasi adalah sia-sia, tidak akan sampai pada level sakinah (sejahtera).

Termasuk dalam perbedaan ini adalah perbedaan cara mengungkapkan bahasa cinta. Sangat mungkin ada seorang istri merasa dicintai dengan bahasa verbal, diungkapkan dengan kata sementara cara suami mengungkapkan rasa cintanya dengan sentuhan fisik sederhana (bukan hubungan intim) misalnya. Bahasa cinta yang berbeda membutuhkan kesadaran pasangan suami istri untuk saling mengenali dan memenuhi sesuai kebutuhan masing-masing.

Ketiga, perbedaan yang memerlukan perubahan sikap, yakni perbedaan yang kita nilai tidak sesuai dengan norma sosial dan agama, berakibat buruk pada diri sendiri atau orang lain. Seperti contoh di paragraph sebelumnya, maka harus ada komunikasi untuk mengadakan perubahan dengan dukungan seluruh anggota keluarga.

Setiap keburukan wajib hukumnya kita hilangkan, الضرر يزال “Setiap bahaya (harus) dihilangkan” baik secara bertahap, sedikit demi sedikit atau secara keseluruhan tanpa mendatangkan keburukan yang lainnya الضرر لايزال بمثله.

Akhir kata, tidak ada rumah tangga yang aman dari konflik, setiap kita akan menerima ujian dengan konflik sesuai dengan kondisi keluarga, bermacam-macam, dan berbeda level sesuai kematangan mental keluarga. Tapi itu tidak menjadi masalah berarti jika setiap keluarga terutama suami dan istri memiliki manajemen konflik keluarga yang mantab.

Kuncinya adalah pola komunikasi yang terbuka dann asertif. Menyelesaikan masalah dengan pikiran jernih (tanpa emosi). Jika perlu beri jeda untuk diri berpikir, kemudian berusaha memahami masalah dan jalan keluarnya. Tentu dengan prinsip mu’āsyarah bi al-ma’rūf, memperlakukan pasangan dengan sopan (QS. An-Nisa: 19). Wallahu a’lam. []

Tags: Kaidah FikihkeluargaKeluarga MaslahahManajemen Konflik Keluargaperkawinan
Nur Kholilah Mannan

Nur Kholilah Mannan

Terkait Posts

Perkembangan Islam di Gorontalo

Peran Putri Owutango dalam Perkembangan Islam di Gorontalo

3 Juni 2023
Langgeng Berumah Tangga

Menyempurnakan Tips Langgeng Berumah Tangga ala Gus Baha

2 Juni 2023
Maria Ulfah Santoso

Maria Ulfah Santoso, Perempuan Yang Ikut Berkontribusi Lahirnya Pancasila

2 Juni 2023
Hari Lahir Pancasila

Hari Lahir Pancasila, dan Sekian Tantangan yang Kita Hadapi

1 Juni 2023
Pendidikan Anak

2 Pola Pendidikan Ramah Anak

31 Mei 2023
Nilai Perempuan

Bergantung pada Status, Nilai Perempuan Lebih dari Itu Part II

31 Mei 2023
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Dewi Suhita

    Dewi Suhita, Ratu Majapahit : Sosok di Balik Tegarnya Karakter Alina Suhita

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Maria Ulfah Santoso, Perempuan Yang Ikut Berkontribusi Lahirnya Pancasila

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Childfree sebagai Pilihan Hidup

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menyempurnakan Tips Langgeng Berumah Tangga ala Gus Baha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Film Unearthing Muarajambi Temples: Menyingkap Kemegahan Nusantara

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Prinsip Kesetaraan Dalam Islam
  • Peran Putri Owutango dalam Perkembangan Islam di Gorontalo
  • Keadilan Bagi Perempuan Harus Didasarkan Pada Hak Asasi Manusia
  • Menilik Relasi Gender dalam Agama Budha
  • Mendengarkan Suara Perempuan Korban

Komentar Terbaru

  • Ainulmuafa422 pada Simple Notes: Tak Se-sederhana Kata-kata
  • Muhammad Nasruddin pada Pesan-Tren Damai: Ajarkan Anak Muda Mencintai Keberagaman
  • Profil Gender: Angka tak Bisa Dibiarkan Begitu Saja pada Pesan untuk Ibu dari Chimamanda
  • Perempuan Boleh Berolahraga, Bukan Cuma Laki-laki Kok! pada Laki-laki dan Perempuan Sama-sama Miliki Potensi Sumber Fitnah
  • Mangkuk Minum Nabi, Tumbler dan Alam pada Perspektif Mubadalah Menjadi Bagian Dari Kerja-kerja Kemaslahatan
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist