• Login
  • Register
Senin, 12 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hukum Syariat

Mau Menikah? Begini Kiat Nabi untuk Menghindari Relasi Toxic

Vevi Alfi Maghfiroh Vevi Alfi Maghfiroh
07/09/2020
in Hukum Syariat
0
300
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Setiap orang pasti memiliki tujuan dalam memutuskan pilihan hidupnya, begitupun dalam pernikahan. Jika merujuk pada surat ar-Rum ayat 21, secara umum manusia cenderung mencari dan menemukan pasangan demi memperoleh ketentraman (sakinah), kenyamanan untuk memadu cinta kasih (mawaddah wa rahmah), dan kemudahan dalam mencapai kebahagiaan dalam mengarungi kehidupan di dunia.

Namun dalam perjalanannya, tak jarang akhirnya beberapa pasangan terjerat dalam relasi toxic tanpa mereka sadari. Relasi ini muncul dari keinginan satu pihak untuk menguasai yang lain. Biasanya perilaku yang muncul dari relasi toxic ini adalah pengekangan, pemaksanaan pilihan, cemburu berlebihan, posesif, pembatasan pergaulan, ancaman, hingga kekerasan verbal dan fisik.

Relasi toxic ini jika tidak dicegah dan ditangani, maka akan berdampak pada rasa cemas, gugup, takut, dan tidak percaya diri yang dialami oleh salah satunya. Maka sesuai dengan prinsip pencegahan kemudharatan, sebaiknya bagi setiap yang ingin melangsungkan pernikahan memperhatikan karakter dan pola relasi calon pasangannya.

Sebelum melangsungkan pernikahan, menselaraskan tujuan pernikahan dan visi misi kehidupan harus dilakukan. Bila perlu saling memberikan kesepakatan, perjanjian, dan syarat dalam pernikahan itu perlu dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan dalam pernikahan.

Hal ini tercantum dalam Sunan Abu Daud, hadist riwayat Tirmidzi dalam kitab Al jaami’ Ash-shahih, hadist riwayat Al Hakim dalam Al Mustadrak, dan hadist riwayat Al Baihaqi dalam kitab As-Sunan menjelaskan bahwa ‘Seluruh Muslim bergantung pada syarat-syarat mereka (harus memenuhinya), kecuali syarat yang menghalalkan sesuatu yang haram dan mengharamkan sesuatu yang halal.

Baca Juga:

Islam Hadir untuk Gagasan Kemanusiaan

Apakah Barak Militer Bisa Menjadi Ruang Aman bagi Siswi Perempuan?

Ibu, Aku, dan Putriku: Generasi Pekerja Rumah Tangga

Tidak Ada Cinta bagi Arivia

Selagi kesepakatan dan perjanjian tersebut tidak bertentangan dengan syariah, maka perlu dilakukan sebagai upaya pencegahan dari relasi toxic setelah pernikahan. Selain itu, sikap saling mendukung, saling melengkapi, dan saling bergandengan tangan dalam menggapai kemaslahatan pernikahan perlu diperhatikan sebelum dan sesudah pernikahan.

Seperti nilai yang terkandung dalam surat An-Nisa ayat 19 ‘Perlakukanlah pasanganmu dengan baik’ yang harus dijadikan sebagai pondasi relasi suami istri. Kata Mu’asyarah bil ma’ruf dalam bahasa Al-Qur’an ayat tersebut sudah mengandung makna resiprokal dan timbal balik yang mengharuskan laki-laki untuk berperilaku baik kepada istri, begitupun perempuan harus berperilaku baik kepada suami.

Perilaku saling berbuat baik dan mendukung pasangan juga telah dicontohkan nabi dalam kehidupannya. Dalam ruang domestik, beliau mengubah pola hidup yang dijalani laki-laki jahiliah. Di rumah, kalau sedang tidak melepas lelah, beliau biasanya melakukan ibadah, shalat, zikir, berdo’a, bahkan melakukan tugas-tugas rumah tangga yang lain.

Dalam Shahih Al-Bukhari, ketika ditanya tentang aktivitas nabi di dalam rumah, Aisyah menjawab, “Beliau melayani keluarga, menjahit baju, mengesol sandal, memerah susu, mengerjakan keperluan sendiri, dan menambal timba. Begitu tiba waktu shalat, lalu beliau shalat.

Dari hadist diatas, teladan Nabi dalam berumah tangga menyampaikan pesan kepada para umatnya, bahwa saling melayani dan tidak membagi peran secara mutlak dalam menjalankan hak dan kewajiban itu perlu diterapkan agar tidak mengekang dan membebani pasangannya.

Bersikap untuk tidak menguasai pasangan dan saling melayani nyatanya tidak mengurangi harkat dan martabat keduanya. Justru hal demikian akan melanggengkan ikatan pernikahan. Memahami pernikahan sebagai Mitsaqan Ghalidzan bermakna bahwa keduanya harus saling berupaya untuk mencipatakan hubungan yang resiprokal (mubadalah), bukan hubungan yang penuh toxic yang membahayakan. []     

 

 

 

Vevi Alfi Maghfiroh

Vevi Alfi Maghfiroh

Admin Media Sosial Mubadalah.id

Terkait Posts

Perempuan sosial

Perempuan Bukan Fitnah: Membongkar Paradoks Antara Tafsir Keagamaan dan Realitas Sosial

10 Mei 2025
Sunat Perempuan

Sunat Perempuan dalam Perspektif Moral Islam

2 Mei 2025
Metode Mubadalah

Beda Qiyas dari Metode Mubadalah: Menjembatani Nalar Hukum dan Kesalingan Kemanusiaan

25 April 2025
Kontroversi Nikah Batin

Kontroversi Nikah Batin Ala Film Bidaah dalam Kitab-kitab Turats

22 April 2025
Anak yang Lahir di Luar Nikah

Laki-laki Harus Bertanggung Jawab terhadap Anak Biologis yang Lahir di Luar Nikah: Perspektif Maqasid Syari’ah

25 Maret 2025
Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

18 Maret 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Pekerja Rumah Tangga

    Ibu, Aku, dan Putriku: Generasi Pekerja Rumah Tangga

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Apakah Barak Militer Bisa Menjadi Ruang Aman bagi Siswi Perempuan?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tidak Ada Cinta bagi Arivia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vasektomi untuk Bansos: Syariat, HAM, Gender hingga Relasi Kuasa

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengirim Anak ke Barak Militer, Efektifkah?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Islam Hadir untuk Gagasan Kemanusiaan
  • Apakah Barak Militer Bisa Menjadi Ruang Aman bagi Siswi Perempuan?
  • Ibu, Aku, dan Putriku: Generasi Pekerja Rumah Tangga
  • Tidak Ada Cinta bagi Arivia
  • Menyusui adalah Pekerjaan Mulia

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version