• Login
  • Register
Senin, 19 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Melihat Hubungan Muslim dan Non-Muslim dari Pengalaman Relasi Antarumat Beragama Bikhuni Julia Surya

Sebagai sesama pemeluk agama, sepantasnya kita selalu menebar kebaikan, bukan teror dan kekerasan. Sebab, pada dasarnya, agama-agama mengajarkan pemeluknya untuk menjalankan kebaikan dalam hidup

Moh. Rivaldi Abdul Moh. Rivaldi Abdul
24/11/2022
in Personal
0
Julia Surya

Julia Surya

472
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – “Muslim di Indonesia tidak jahat,” demikian kata Julia Surya (Biksuni Thitacarini), dalam acara Launching dan Bedah Buku Yang Muda Merawat Bangsa karya Kontributor Khusus Mubadalah.id, dan buku Relasi Mubadalah Muslim dengan Umat Berbeda Agama karya Dr. Faqihuddin Abdul Kodir, pada 21 November 2022, di UIN Wali Songo Semarang.

Julia Surya merupakan seorang biksuni yang saat ini mengajar di STIAB (Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha) Smaratungga. Dia merupakan Biksuni Theravada pertama bergelar doktor di Indonesia. Selain mengajar di kampus, Julia Surya sebagai biksuni menjalankan aktivitasnya di Vihara Mahabodhi Semarang.

Dalam kesempatan acara bedah buku itu, Julia Surya banyak cerita pengalamannya dalam berinteraksi dengan Muslim.

Muslim di Indonesia Tidak Jahat

Julia Surya mengawali cerita dengan pengalamannya ketika studi di Sri Lanka, tepatnya di University of Kelaniya. Dia menceritakan, saat berada di Sri Lanka, banyak orang yang mengatakan bahwa Indonesia adalah negara mayoritas Muslim, dan Muslim merupakan manusia yang jahat.

“Kami (saya) agak bingung (mendengarnya). Mungkin, berita yang mereka dapatkan berbeda dengan yang kami (saya) rasakan. (Sebab, dari yang saya rasakan) Muslim di Indonesia tidak jahat,” jelas Julia Surya.

Kesimpulan Julia Surya yang memandang “Muslim di Indonesia tidak jahat”, bukan semata pembelaan tanpa dasar, namun itu berangkat dari pengalaman interaksi dengan Muslim yang dia rasakan sendiri. Bahkan, pasca-studinya di Sri Lanka, hingga saat ini, menurutnya dia masih menjalani relasi yang baik dengan Muslim.

Misalnya, ketika dia melanjutkan pendidikan magister (S-2) untuk yang kedua kali di kampus umum, saat itu, sekelas berisi 30 mahasiswa, dan dari semua mahasiswa hanya ada dua orang non-Muslim, yang mana satu di antaranya adalah dirinya.

Baca Juga:

Alasan KUPI Jadikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

Keberhasilan Anak Bukan Ajang Untuk Merendahkan Orang Tua

Pola Relasi Suami-Istri Ideal Menurut Al-Qur’an

Pengalaman Berelasi

Meski begitu, Julia Surya amat bersyukur, karena walaupun minoritas di kelas dengan penampilan seorang biksuni yang beda sendiri, namun teman-teman Muslim tidak pernah membedakannya apalagi sampai mengucilkannya. Julia Surya ingat betul, kalau teman-teman sekelasnya tidak pernah segan makan semangkuk dengannya. Teman-teman Muslim tidak memiliki kecurigaan kepadanya. Muslim di kelasnya sangat menghormati dirinya.

Itu hanya satu dari sekian banyak pengalaman relasi baik dengan Muslim yang Julia Surya alami. Sebuah relasi sehat antarumat beragama yang membuatnya berkesimpulan kalau Muslim tidak jahat, melainkan merupakan manusia yang baik sekalipun dengan non-Muslim.

Ya, tentu, pengalaman Julia Surya tidak dapat dikatakan sebagai pengalaman kolektif seluruh non-Muslim di Indonesia. Sebab, di beberapa tempat, kasus persekusi karena perbedaan agama juga nyata terjadi. Namun, dari pengalaman relasi antarumat beragama yang Julia Surya alami, kita dapat belajar dan makin yakin, kalau mewujudkan hubungan baik antarumat beragama bukanlah delusi atau khayalan yang tidak berdasar.

“…alangkah baik dan damai untuk saling menerima perbedaan…. keaneka-ragaman membuat kita menjadi kaya dan indah,” demikian kata Julia Surya.

Islam dan Buddha, Keduanya Mengajarkan Kebaikan

Satu yang menarik ketika Julia Surya membedah buku Relasi Mubadalah Muslim dengan Umat Berbeda Agama, karya Dr. Faqihuddin Abdul Kodir, adalah dia mencoba menghubungkan kebaikan ajaran Islam dengan Buddha.

Julia Surya menjelaskan, “ketika saya membaca buku ini (Relasi Mubadalah Muslim dengan Umat Berbeda Agama), saya menemukan hal indah yang diajarkan Nabi Muhammad. Seandainya kita semua mengikuti ajarannya, maka tidak akan ada kekacauan-kekacauan…. (Misalnya), pada bagian awal (buku ini) diajarkan (oleh Nabi Muhammad) berkomunikasi yang baik, salah satunya ucapan bijak.

Ini sama dengan yang Buddha Gautama ajarkan, (yang mengajarkan) ketika berucap maka dengan baik dan sopan…. Buddha Gautama senantiasa mengajarkan kepada siswa-siswanya untuk tidak membalas kejahatan dengan kejahatan. Hal juga yang Nabi Muhammad saw ajarkan kepada kita semua….”

Pada dasarnya, Julia Surya ingin menyampaikan kepada kita bahwa baik Islam maupun Buddha sama-sama mengajarkan kebaikan. Bahkan, tidak hanya Islam dan Buddha, namun juga agama lainnya–di Indonesia masih ada pemeluk Protestan, Katolik, Hindu, dan Konghuchu–sama-sama mengajarkan kebaikan.

Agama tidak Mengajarkan Konflik

Sejalan dengan pandangan Julia Surya, Azyumardi Azra tidak sepakat pada penggunaan narasi konflik antar-“agama”. Sebab “agama” tidak mengajarkan konflik. Sebagaimana Azyumardi Azra dalam Reposisi Hubungan Agama dan Negara: Merajut Kerukunan Antarumat menjelaskan, “…apa yang terjadi sebenarnya bukan konflik antaragama, karena agama… sama-sama mengajarkan ‘salam’ (kedamaian) dan ‘kasih’.

Sebaliknya, yang terjadi adalah konflik ‘antarumat’. Yakni manusia-manusia yang memeluk agama berbeda, yang karena bermacam-macam alasan, motif, atau faktor–politik, ekonomi, dan sebagainya–saling menghancurkan dengan menggunakan simbol-simbol agama dan legitimasi teologis agama masing-masing.”

Untuk itu sebagai sesama pemeluk agama, sepantasnya kita selalu menebar kebaikan, bukan teror dan kekerasan. Sebab, pada dasarnya, agama-agama mengajarkan pemeluknya untuk menjalankan kebaikan dalam hidup.

Sebagaimana penjelasan Julia Surya, “…kalau (umat beragama lain) kita ganggu, maka tidak bisa hidup dengan nyaman. Manusia mau beragama apa pun itu urusannya (pribadi). Namun yang menjadi masalah bersama adalah bagaimana kita yang manusia bisa memanusiakan (berbuat baik pada) sesama manusia.” []

Tags: IndonesiaJulia SuryaKebangsaanmuslimnon muslimRelasi
Moh. Rivaldi Abdul

Moh. Rivaldi Abdul

S1 PAI IAIN Sultan Amai Gorontalo pada tahun 2019. S2 Prodi Interdisciplinary Islamic Studies Konsentrasi Islam Nusantara di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sekarang, menempuh pendidikan Doktoral (S3) Prodi Studi Islam Konsentrasi Sejarah Kebudayaan Islam di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Terkait Posts

Inspirational Porn

Stop Inspirational Porn kepada Disabilitas!

19 Mei 2025
Kehamilan Tak Diinginkan

Perempuan, Kehamilan Tak Diinginkan, dan Kekejaman Sosial

18 Mei 2025
Noble Silence

Menilik Relasi Al-Qur’an dengan Noble Silence pada Ayat-Ayat Shirah Nabawiyah (Part 1)

17 Mei 2025
Suami Pengangguran

Suami Pengangguran, Istri dan 11 Anak Jadi Korban

16 Mei 2025
Keadilan Semu

Membuka Tabir Keadilan Semu: Seruan Islam untuk Menegakkan Keadilan

15 Mei 2025
Memahami Disabilitas

Memahami Disabilitas: Lebih Dari Sekadar Tubuh

14 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan

    KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menghindari Pemukulan saat Nusyuz

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan, Kehamilan Tak Diinginkan, dan Kekejaman Sosial

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyai A’izzah Amin Sholeh dan Tafsir Perempuan dalam Gerakan Sosial Islami

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Alasan KUPI Jadikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • KUPI Dorong Masyarakat Dokumentasikan dan Narasikan Peran Ulama Perempuan di Akar Rumput
  • Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi
  • Alasan KUPI Jadikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia
  • Stop Inspirational Porn kepada Disabilitas!
  • KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version