• Login
  • Register
Sabtu, 4 Februari 2023
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Aktual

Menakar Kemaslahatan Full Days School

Mamang Haerudin Mamang Haerudin
15/08/2017
in Aktual
0
Sumber Gambar: Pixabay

Sumber Gambar: Pixabay

14
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Sejatinya Full Days School telah lama berlangsung dalam sistem pendidikan kita. Hanya berbeda dan berpindah gedung saja. Pagi sampai siang di gedung SD, siang sampai sore di gedung MD. Dan percaya atau tidak, sistem pendidikan monoton semacam ini masih berlangsung sampai sekarang. Bagaimana kemaslahatan Full Days School, adakah?

Sampai saat ini, saya masih berkeyakinan bahwa spirit Full Day School (FDS) itu prospektif. Ia akan menjadi semacam ikhtiar penguatan karakter yang sistematis. Tentu dengan syarat didukung oleh semua pihak. Keyakinan saya tidak lantas membuat saya tidak hormat kepada PBNU dan PKB yang begitu bersikeras tanpa kompromi menolak kebijakan FDS. Saya sangat menghormati keputusan PBNU dan PKB, tetapi izinkan saya kembali untuk menimbang kemaslahatan FDS.

Hari ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beserta Menteri Agama telah bertemu Presiden untuk menuntaskan Permendikbud No 23 tahun 2017. Saya membaca kabar ini dari Kompas dan Tempo. Baik Presiden Joko Widodo, Muhadjir Effendi maupun Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa FDS ini bersiat fleksibel, termasuk ketentuan 5 atau 6 harinya. Dan perlu diingat bahwa kebijakan ini diutamakan untuk sekolah yang sudah memenuhi standar kelayakan. Dan karena itu saya yakin kebijakan FDS tidak akan mengganggu keberadaan Madrasah Diniyah dan Pesantren.

Padahal kalau mau jujur, yang harusnya kita kritik adalah sistem pendidikan nasional yang masih IQ oriented. Selama ini kita ambil contoh dan saya merasakan sendiri, sejak kelas 3 SD mengalami kejenuhan dan belajar yang tidak menyenangkan. Jam 7 pagi berangkat SD, sementara jam 13.30 siang harus kembali belajar di Madrasah Diniyah. Belajar di SD maupun di MD semuanya adalah penjejalan materi. Belum lagi sarana-pra sarana dan kualitas guru yang minim.

Maka disadari atau tidak, sejatinya FDS telah lama berlangsung dalam sistem pendidikan kita. Hanya berbeda dan berpindah gedung saja. Pagi sampai siang di gedung SD, siang sampai sore di gedung MD. Dan percaya atau tidak, sistem pendidikan monoton semacam ini masih berlangsung sampai sekarang. Kalau benar kita mau kritik, ini yang harusnya lebih dahulu dikritik. Karena itu demo dan aksi turun ke jalan yang melibatkan para santri dan siswa mestinya urung dilakukan.

Daftar Isi

  • Baca Juga:
  • Fullday School Merampas Hak Perempuan dan Anak

Baca Juga:

Fullday School Merampas Hak Perempuan dan Anak

Maka lagi-lagi saya mendukung kebijakan FDS ini dengan beberapa syarat. Pertama, sudah seharusnya kita mengubah paradigma pendidikan IQ oriented menjadi EQ-SQ oriented. UTS, UAS, UN berikut mata pelajaran eksak-sains, tidak dijadikan lagi tolok ukur kepandaian dan keberhasilan siswa. Sistem pembelajaran tidak lagi hanya mengandalkan metode ceramah. Mata pelajaran harus disampaikan dengan multi-metode, penguatan karakter dan berbasis alam-sosial.

Kedua, jam pelajaran setelah dhuhur agar diproyeksikan dan dioptimalkan untuk penguatan life skill, praktik (pelatihan) kewirausahaan, ekskul, keterampilan, kesenian dll yang disesuaikan dengan minat dan bakat para siswa. Maka dengan ini tidak akan lagi keluhan dari para orang tua bahwa sekolah telah membuat anak terlalu lelah. Sebab spirit FDS itu membuat anak belajar kehidupan, belajar dengan alam dan sosial.

Ketiga, Kemendikbud dan Kemenag terus duduk bersama, memantau bersama dalam pelaksanaan kebijakan FDS ini. Pastikan kurikulum pesantren tentang akhlakul karimah dan nilai-nilai spiritualitas menjadi kurikulum nasional. Ini langkah tepat untuk menangkal paham radikal di sekolah-sekolah. Berikut penindakan tegas kalau masih ada oknum guru dan sekolah yang berhaluan radikal.

Saya kira kalau pelaksanaannya demikian, FDS ini akan menjadi spirit baru pendidikan nasional. Bagi sekolah-sekolah yang infrastrukturnya sudah memadai agar berlomba untuk menerapkan FDS dengan prinsip utamanya yakni penguatan karakter. Dan sekolah-sekolah yang belum memenuhi standar agar pemerintah segera melakukan pemerataan. Berikut Kemenag untuk serius menata Madrasah Diniyah dari segala kekurangan. Akhirnya pada prosesnya apabila ada kekurangan, saya pikir bisa diatasi dengan rendah hati dan kembali melakukan evaluasi.

Wallaahu a’lam.

Mamang M Haerudin 
Pesantren Bersama Al-Insaaniyyah, 10 Agustus 2017, 21.11 WIB.

Tags: FDSmenolak FDS
Mamang Haerudin

Mamang Haerudin

Penulis, Pengurus LDNU, Dai Cahaya Hati RCTV, Founder Al-Insaaniyyah Center & literasi

Terkait Posts

keluarga berencana

Relasi Keluarga Berencana dalam Perspektif Mubadalah

31 Januari 2023
perspektif mubadalah

5 Pilar Keluarga Berencana dalam Perspektif Mubadalah

28 Januari 2023
Ninik Rahayu Dewan Pers

Dr. Ninik Rahayu Terpilih sebagai Ketua Dewan Pers 2022-2025

15 Januari 2023
Terorisme

Forum Masyarakat Sipil Cirebon Dorong Rehabilitasi dan Reintegrasi Mantan Pelaku Kasus Terorisme

14 Januari 2023
Nabi Perintahkan Kita Lindungi Warga dari Kekerasan Seksual

Nabi Perintahkan Kita Lindungi Warga dari Kekerasan Seksual

31 Desember 2022
Mahasiswa Sebagai Social Control Untuk Wujudkan Bebas dari Korupsi

Mahasiswa Sebagai Social Control Untuk Wujudkan Bebas dari Korupsi

30 Desember 2022
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Nabi Saw Menghormati Anak Perempuan

    Kisah Anak Perempuan yang Nabi Muhammad Saw Hormati

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Gaya Hidup Minimalis Dimulai dari Meminimalisir Pakaian

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kisah Saat Perempuan Berbicara dan Berpendapat di Depan Nabi Saw

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 5 Penyebab Su’ul Khatimah yang Dilalaikan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kritik Ibn Hazm aẓ-Ẓahiri Terhadap Ulama yang Membolehkan Pernikahan Tanpa Wali

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Pengembangan Industri Halal yang Ramah Lingkungan
  • Pada Masa Nabi Saw, Para Perempuan Ikut Aktif Terlibat Dalam Politik
  • Hari Kanker Sedunia: Pentingnya Deteksi Dini untuk Cegah Kanker
  • Kisah Saat Para Perempuan Menjadi Saksi Kelahiran Nabi Muhammad Saw
  • Lima Pilar Penyangga Dalam Kehidupan Rumah Tangga

Komentar Terbaru

  • Refleksi Menulis: Upaya Pembebasan Diri Menciptakan Keadilan pada Cara Paling Sederhana Meneladani Gus Dur: Menulis dan Menyukai Sepakbola
  • 5 Konsep Pemakaman Muslim Indonesia pada Cerita Singkat Kartini Kendeng dan Pelestarian Lingkungan
  • Ulama Perempuan dan Gerak Kesetaraan Antar-umat Beragama pada Relasi Mubadalah: Muslim dengan Umat Berbeda Agama Part I
  • Urgensi Pencegahan Ekstrimisme Budaya Momshaming - Mubadalah pada RAN PE dan Penanggulangan Ekstrimisme di Masa Pandemi
  • Antara Ungkapan Perancis La Femme Fatale dan Mubadalah - Mubadalah pada Dialog Filsafat: Al-Makmun dan Aristoteles
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist