• Login
  • Register
Senin, 19 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Mengapa Laki-laki Gemar Mengomentari Soal Batasan Aurat Perempuan?

Dalam buku Fiqh Perempuan, Kiai Husein mendefinisikan batasan aurat perempuan ditentukan oleh pertimbangan-pertimbangan kemanusiaan dalam segala aspek.

Tuti Mutiah Alawiah Tuti Mutiah Alawiah
19/08/2023
in Personal
0
Batas Aurat Perempuan

Batas Aurat Perempuan

894
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Dalam menentukan batasan aurat perempuan itu, Kiai Husein menjelaskan, yang diperlukan adalah mekanisme tertentu yang akomodatif dan responsif terhadap segala nilai yang berkembang di masyarakat.

Mubadalah.id – Beberapa waktu lalu, saya pernah membagikan flyer kegiatan tentang “Bincang Buku” yang berjudul “Aku Lupa bahwa Aku Perempuan” di story WhatsApp.

Tidak lama setelah membagikan flyer itu, tiba-tiba seorang santri teman pondok di kampung halaman di Garut, mengomentari story tersebut. Ia mengatakan:

“Teh itu temannya, kok pakai kerudungnya nggak benar. Auratnya kelihatan lho. Perempuan berjilbab kok seperti itu. Kelihatan rambutnya dosa lho. Coba teteh ingatkan lagi ya, supaya tutup auratnya.”

Setelah menerima komentar itu, perasaan saya agak kesal, karena menurut saya, orang kok senangnya mengurusi hidup orang lain. Sampai persoalan aurat pun ikut ia urusin.

Baca Juga:

Menilik Relasi Al-Qur’an dengan Noble Silence pada Ayat-Ayat Shirah Nabawiyah (Part 1)

Membuka Tabir Keadilan Semu: Seruan Islam untuk Menegakkan Keadilan

Ketika Sejarah Membuktikan Kepemimpinan Perempuan

Qiyas Sering Dijadikan Dasar Pelarangan Perempuan Menjadi Pemimpin

Dia nggak mikir gitu, yang harus ia pikirkan adalah hidupnya sendiri. Apakah hidupnya sudah baik atau benar belum. Jangan-jangan, dirinya yang gemar menebar aurat di muka umum.

Pandangan KH. Husein Muhammad

Dalam persoalan batasan aurat perempuan, sebetulnya saya tertarik dengan pemikiran KH. Husein Muhammad.

Dalam buku Fiqh Perempuan, Kiai Husein mendefinisikan batasan aurat perempuan ditentukan oleh pertimbangan-pertimbangan kemanusiaan dalam segala aspek.

Untuk itu, dalam menentukan batasan aurat perempuan itu, Kiai Husein menjelaskan, yang diperlukan adalah mekanisme tertentu yang akomodatif dan responsif terhadap segala nilai yang berkembang di masyarakat. Sehingga dalam tingkat tertentu batasan itu bisa diterima oleh sebagian besar komponen masyarakat.

Nah, foto perempuan yang saya share dalam flyer tersebut, saya kira sangat mengikuti perkembangan model trend di masyarakat. Bahkan sebagian orang tidak mempermasalahkan terkait foto tersebut.

Saya kok jadi heran, hanya sebatas foto, kok dipermasalahkan. Jangan-jangan yang bermasalah adalah otaknya. Saya jadi curiga, yang ada di dalam isi otaknya adalah pikiran kotornya.

Bahkan, jika merujuk pandangan sebagian ulama fiqh terkait batasan aurat perempuan, maka yang harus menjadi pertimbangan adalah khauf al-fitnah (takut akan terjadinya fitnah).

Pertimbangan tersebut, menurut saya, tentu saja agar tubuh manusia tidak bisa mereka eksploitasi untuk kepentingan-kepentingan rendah dan murahan.

Karena dalam praktiknya, para perempuan kerapkali menjadi objek dari kepentingan rendah dan murahan ini.

Para perempuan jangankan soal rambutnya, tubuh perempuan itu, bagi sebagian orang adalah aurat. Akibatnya, para perempuan kerapkali tidak boleh untuk keluar rumah. Kalau pun keluar rumah harus bersama mahramnya.

Kritikan Syekh al-Ghazali

Terkait pelarang perempuan keluar rumah hanya karena tubuhnya aurat ini, pernah Syekh al-Ghazali berikan kritikan tajam.

Ulama kharismatik al-Azhar dari Mesir ini sangat menyayangkan banyak pencermah di negaranya yang melarang mutlak perempuan keluar rumah.

Dalam ceramah mereka, yang disayangkan Syekh al-Ghazali adalah perempuan hanya boleh keluar dari rahim ibunya, dari rumah orang tuanya ke rumah suaminya, dari rumah suaminya ke liang lahat. Sisanya, perempuan adalah aurat yang harus tinggal di dalam rumah saja.

Tentu saja, praktik tersebut sangat tidak sejalan dalam praktik ajaran Islam. Di dalam ajaran Islam menyebutkan bahwa perempuan adalah manusia utuh yang berhak atas segala manfaat dari seluruh kehidupan di muka bumi.

Termasuk berhak melakukan amar ma’ruf nahi mungkar, shalat berjamaah di masjid, bekerja, menjadi tokoh, ulama, bahkan seluruh aktivitas sosial. Sehingga pandangan yang menyebutkan bahwa tubuh perempuan adalah aurat sangat tidak termasuk bagian dari ajaran Islam.

Oleh karena itu, daripada kita terus menerus mengurusi kehidupan orang lain, termasuk soal aurat perempuan. Lebih baik mari kita perbaiki hidup kita untuk selalu berbuat baik, dan memberikan manfaat bagi seluruh umat manusia. []

Tags: auratbatasislamKH Husein Muhammadlaki-lakiMengomentariperempuan
Tuti Mutiah Alawiah

Tuti Mutiah Alawiah

Terkait Posts

Kehamilan Tak Diinginkan

Perempuan, Kehamilan Tak Diinginkan, dan Kekejaman Sosial

18 Mei 2025
Noble Silence

Menilik Relasi Al-Qur’an dengan Noble Silence pada Ayat-Ayat Shirah Nabawiyah (Part 1)

17 Mei 2025
Suami Pengangguran

Suami Pengangguran, Istri dan 11 Anak Jadi Korban

16 Mei 2025
Keadilan Semu

Membuka Tabir Keadilan Semu: Seruan Islam untuk Menegakkan Keadilan

15 Mei 2025
Memahami Disabilitas

Memahami Disabilitas: Lebih Dari Sekadar Tubuh

14 Mei 2025
Laki-laki tidak bercerita

Muhammad Bercerita: Meninjau Ungkapan Laki-laki Tidak Bercerita dan Mitos Superioritas

13 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan

    KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menghindari Pemukulan saat Nusyuz

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan, Kehamilan Tak Diinginkan, dan Kekejaman Sosial

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyai A’izzah Amin Sholeh dan Tafsir Perempuan dalam Gerakan Sosial Islami

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyai Ratu Junti, Sufi Perempuan dari Indramayu

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia
  • Menghindari Pemukulan saat Nusyuz
  • Nyai A’izzah Amin Sholeh dan Tafsir Perempuan dalam Gerakan Sosial Islami
  • Perempuan, Kehamilan Tak Diinginkan, dan Kekejaman Sosial
  • Memperhatikan Gizi Ibu Hamil

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version