• Login
  • Register
Sabtu, 24 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Menggugat Moral Monisme: Menjaga Toleransi di Negara Multikultural

Moral monisme adalah ancaman nyata bagi toleransi di negara multikultural seperti Indonesia.

Muhammad Syihabuddin Muhammad Syihabuddin
31/01/2025
in Publik, Rekomendasi
0
Moral Monisme

Moral Monisme

1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya akan keberagaman. Dengan lebih dari 17.000 pulau, 1.300 suku bangsa, dan enam agama resmi, Indonesia menjadi salah satu contoh nyata pluralisme budaya di dunia. Namun, keberagaman ini tidak selalu bebas dari tantangan.

Salah satu ancaman serius yang dapat menggerogoti harmoni keberagaman Indonesia adalah munculnya moral monisme. Yaitu keyakinan bahwa hanya ada satu nilai atau moral yang benar dan harus diikuti oleh semua orang.

Moral monisme dapat mengikis toleransi dan membahayakan kohesi sosial dalam masyarakat multikultural. Untuk memahami ancaman ini, esai ini akan membahas tiga aspek utama: definisi dan bahaya moral monisme, dampaknya terhadap keberagaman, serta langkah strategis untuk memperkuat toleransi.

Moral Monisme: Definisi dan Bahayanya

Moral monisme adalah pandangan bahwa hanya ada satu nilai moral yang benar dan universal untuk semua orang, terlepas dari konteks budaya, agama, atau tradisi.

Dalam masyarakat multikultural seperti Indonesia, moral monisme sering muncul dalam bentuk pemaksaan norma atau nilai tertentu yang dianggap dominan, baik itu berasal dari mayoritas agama, budaya, atau kelompok tertentu. Keyakinan ini berbahaya karena mengabaikan kompleksitas masyarakat yang terdiri dari berbagai latar belakang.

Baca Juga:

Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon

Alasan KUPI Jadikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

Peluang Ulama Perempuan Indonesia dalam Menanamkan Islam Moderat

Bahaya utama dari moral monisme adalah munculnya diskriminasi dan marginalisasi. Kelompok minoritas yang tidak sesuai dengan standar moral dominan sering kali dianggap menyimpang atau tidak bermoral. Hal ini dapat memicu polarisasi, memperlebar kesenjangan sosial, dan meningkatkan ketegangan antar kelompok.

Misalnya, upaya untuk menyeragamkan pandangan moral tertentu dapat membatasi hak individu untuk mengekspresikan identitas budaya atau kepercayaan mereka, sehingga memperlemah semangat Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi dasar persatuan Indonesia.

Selain itu, moral monisme juga dapat kita gunakan sebagai alat politik untuk memperkuat dominasi kelompok tertentu. Ketika nilai-nilai moral digunakan untuk membenarkan diskriminasi atau tindakan intoleran, masyarakat menjadi lebih rentan terhadap manipulasi politik yang mengadu domba kelompok-kelompok yang berbeda. Akibatnya, kohesi sosial yang seharusnya menjadi kekuatan bangsa justru menjadi terpecah.

Dampak Moral Monisme terhadap Keberagaman

Keberagaman adalah aset berharga bagi Indonesia, tetapi moral monisme dapat merusak fondasi ini. Salah satu dampak yang paling nyata adalah hilangnya ruang untuk dialog dan saling memahami. Ketika satu kelompok berusaha mendominasi moralitas, kelompok lain sering kali kehilangan suara dan merasa teralienasi. Hal ini menciptakan iklim intoleransi yang berbahaya bagi keberlangsungan masyarakat pluralis.

Contoh nyata dari dampak moral monisme adalah pembatasan terhadap praktik budaya atau agama tertentu yang dianggap tidak sesuai dengan norma mayoritas. Misalnya, penolakan terhadap keyakinan agama lokal atau minoritas sering kali terjadi karena dianggap tidak sesuai dengan “moral umum”. Padahal, setiap kelompok memiliki hak yang sama untuk mengekspresikan identitas mereka sesuai dengan Konstitusi Indonesia yang menjamin kebebasan beragama.

Moral monisme juga mempersempit makna inklusivitas. Dalam masyarakat multikultural, inklusivitas adalah kemampuan untuk menerima perbedaan sebagai bagian dari kekayaan bersama. Namun, ketika moral monisme mendominasi, perbedaan dipandang sebagai ancaman, bukan sebagai sumber pembelajaran dan pengayaan. Akibatnya, generasi muda cenderung tumbuh dalam lingkungan yang kurang menghargai pluralisme dan lebih rentan terhadap narasi intoleransi.

Langkah Strategis untuk Memperkuat Toleransi

Untuk menghadapi bahaya ini, langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah meningkatkan pendidikan multikultural. Pendidikan harus kita arahkan untuk menanamkan nilai-nilai toleransi, saling menghormati, dan empati terhadap perbedaan. Kurikulum sekolah dapat memasukkan materi tentang keberagaman budaya, agama, dan nilai-nilai lokal Indonesia, sehingga generasi muda dapat memahami pentingnya pluralisme sejak dini.

Selain pendidikan, dialog lintas budaya dan agama juga perlu kita perkuat. Dialog ini memberikan ruang bagi berbagai kelompok untuk saling berbagi pandangan, mendiskusikan perbedaan, dan menemukan kesamaan. Dialog yang inklusif dapat membantu mengurangi prasangka dan membangun kepercayaan antar kelompok, sehingga memperkuat kohesi sosial.

Pemerintah juga memiliki peran penting dalam menjaga toleransi. Kebijakan publik harus kita rancang untuk melindungi hak-hak semua warga negara, termasuk kelompok minoritas, tanpa diskriminasi. Penegakan hukum yang adil dan tegas terhadap tindakan intoleran adalah langkah penting untuk memastikan bahwa tidak ada kelompok yang merasa terpinggirkan.

Menjaga Harmoni dalam Keberagaman

Di tingkat individu, setiap orang dapat berkontribusi dengan mengadopsi sikap inklusif dan terbuka terhadap perbedaan. Media sosial, yang sering menjadi sumber misinformasi dan polarisasi, dapat digunakan sebagai alat untuk menyebarkan pesan toleransi dan mempromosikan dialog yang konstruktif. Dengan memanfaatkan teknologi secara positif, masyarakat dapat memperkuat nilai-nilai kebersamaan dalam keberagaman.

Moral monisme adalah ancaman nyata bagi toleransi di negara multikultural seperti Indonesia. Keyakinan bahwa hanya ada satu moral yang benar tidak hanya mengabaikan realitas keberagaman, tetapi juga berpotensi memecah belah masyarakat. Dampak dari moral monisme terlihat dalam bentuk diskriminasi, hilangnya ruang dialog, dan melemahnya inklusivitas.

Namun, ancaman ini dapat kita atasi dengan pendidikan multikultural, dialog lintas budaya, kebijakan publik yang inklusif, dan keterlibatan individu dalam mempromosikan toleransi.

Dengan langkah-langkah ini, Indonesia dapat menjaga harmoni dalam keberagamannya dan tetap menjadi contoh bagi dunia sebagai negara yang pluralis dan toleran. Semangat Bhinneka Tunggal Ika harus terus menjadi pedoman, karena hanya dengan menghargai perbedaan, Indonesia dapat tetap kuat dan bersatu. []

Tags: IndonesiaKebangsaankeberagamanMoral MonismePerdamaiantoleransi
Muhammad Syihabuddin

Muhammad Syihabuddin

Santri dan Pembelajar Instagram: @syihabzen

Terkait Posts

Memahami Disabilitas

Belajar Memahami Disabilitas dan Inklusivitas “Hanya” Dengan Naik Transjatim

23 Mei 2025
Buku Disabilitas

“Normal” Itu Mitos: Refleksi atas Buku Disabilitas dan Narasi Ketidaksetaraan

22 Mei 2025
Puser Bumi

Ulama Perempuan sebagai Puser Bumi

21 Mei 2025
Peran Aisyiyah

Peran Aisyiyah dalam Memperjuangkan Kesetaraan dan Kemanusiaan Perempuan

20 Mei 2025
Peluang Kerja bagi Penyandang Disabilitas

Ironi Peluang Kerja bagi Penyandang Disabilitas: Kesenjangan Menjadi Tantangan Bersama

20 Mei 2025
Bangga Punya Ulama Perempuan

Saya Bangga Punya Ulama Perempuan!

20 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Hj. Biyati Ahwarumi

    Hj. Biyati Ahwarumi, Perempuan di Balik Bisnis Pesantren Sunan Drajat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Belajar Memahami Disabilitas dan Inklusivitas “Hanya” Dengan Naik Transjatim

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Benarkah KB Hanya untuk Perempuan?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan Bisa Menjadi Pemimpin: Telaah Buku Umat Bertanya, Ulama Menjawab

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Belajar Keberanian dari Ummu Haram binti Milhan…!!!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Filosofi Santri sebagai Pewaris Ulama: Implementasi Nilai Islam dalam Kehidupan Sosial
  • Perempuan Bisa Menjadi Pemimpin: Telaah Buku Umat Bertanya, Ulama Menjawab
  • Membaca Bersama Obituari Zen RS: Karpet Terakhir Baim
  • Yuk Belajar Keberanian dari Ummu Haram binti Milhan…!!!
  • Belajar Memahami Disabilitas dan Inklusivitas “Hanya” Dengan Naik Transjatim

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version