Mubadalah.id – Akan seperti apa nasib negeri ini? Pertanyaan semacam itu pernah menjadi bayang-bayang suram bagi prospek kemakmuran bangsa di tengah-tengah gejolak gerakan demonstran yang semakin meluas lantaran krisis ekonomi telah demikian parah dan pada akhirnya memaksa Soeharto mundur dari tampuk kekuasaan pada Mei 1998.
Banyak yang berpikir bahwa masyarakat sudah demikian terpecah sehingga tanpa seorang pemimpin yang kuat, Indonesia akan terpecah-pecah seperti jazirah Balkan, atau setidaknya perpecahan seperti di Uni Soviet atau bekas Yugoslavia yang menawarkan gambaran lebih baik tentang bagaimana negeri ini akan tepecah belah.
Hari ini pertanyaan serupa kembali menyeruak ke permukaan, hanya saja pemicu dan cara terpicunya yang berubah. Sudah satu tahun dan empat bulan sejak Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan adanya warga Indonesia yang terkonfirmasi positif covid-19 pada bulan Maret 2020. Sampai hari ini Indonesia telah mencatatkan tiga juta lebih kasus dengan angka kematian lebih dari delapan puluh ribu jiwa.
Social unrest yang terjadi di tengah masyarakat lantaran kebijakan pemerintah yang dinilai tidak serius semakin menunjukkan gejala yang berpotensi ke arah semakin kecilnya harapan kita untuk lebih cepat pulih dari tekanan pandemi. Selain itu, polarisasi di tengah masyarakat lantaran massifnya disinformasi tentang covid-19 sendiri terus beresonansi.
Alasan untuk merasa khawatir akan keadaan hari ini cukup banyak –bukankah India dan beberapa negara lain benar-benar mengalami kekacauan akibat lonjakan kasus positif covid-19– apalagi mengingat bahwa The New York Times sempat menyatakan Indonesia sebagai episentrum baru covid-19 dunia.
Tetapi di tengah semua kekhawatiran itu, selalu ada kelompok optimis yang, meminjam istilahnya Gerry Van Klinken, ‘mengalami Indonesia’ tidak semata sebagai pengembangan pusat pemerintahan, tetapi juga sebagai jaringan-jaringan antar-pribadi yang tak terhitung banyaknya dan mampu menembus dan merambat ke berbagai wilayah (Klinken, 2014:2).
Jaringan-jaringan tersebut, dalam skala tertentu bertransformasi menjadi kekuatan yang cukup menjanjikan bernama solidaritas. Kita bisa melihat gerakan-gerakan kecil namun mulai menunjukkan efektifitasnya. Berbagai charity dan gerakan-gerakan kemanusiaan yang kita saksikan hari-hari ini dari berbagai lapisan, mulai dari perusahaan kepada pegawainya, penjual kepada pembelinya, sampai tetangga kepada tetangganya, memupuk harapan baru bahwa Indonesia akan pulih dan baik-baik saja.
Lalu, bagaimana caranya agar kekuatan solidaritas anak bangsa itu bisa bertambah dan bertumbuh kuat dan meluas? Tentu perlu cara pandang baru pada masyarakat kita dalam memandang relasi dengan lingkungan sekitarnya. Mungkin cara pandang resiprokal yang ditawarkan oleh Faqihuddin Abdul Kodir mempunyai signifikansi dalam menemukan cara pandang baru melihat relasi ini.
Kendati secara formal Qirā’ah Mubādalah, begitu Pak Faqih menyebutnya, merupakan metode yag dikembangkan untuk membaca teks-teks sumber ajaran Islam mengenai relasi gender (Kodir, 2019:175), secara umum beliau juga memaknai istilah mubādalah itu sebagai sebuah perspektif dan pemahaman dalam relasi tertentu antara dua pihak, yang mengandung nilai dan semangat kemitraan, kerja sama, kesalingan, timbal balik, dan prinsip resiprokal.
Baik relasi antara manusia secara umum, negara dan rakyat, majikan dan buruh, mayoritas dan minoritas, dan antara individu dengan individu (Kodir, 2019:59). Dari makna mubādalah sebagai perspektif dan pemahaman ini-lah signifikansinya menjadi penting untuk dipertimbangkan dan bahkan diterapkan dalam keadaan hari ini.
Perspektif ini memungkinkan untuk melihat diri dan lingkungan di sekitar kita sebagai dua hal yang saling bertaut satu sama lain di tengah pandemi yang belum selesai. Bahwa upaya seseorang untuk menjaga kesehatannya juga merupakan upaya menjaga orang lain dengan tujuan yang sama, begitupun sebaliknya. Sehingga dari kesadaran semacam ini solidaritas itu dimungkinkan untuk tumbuh subur dan mendorong individu-individu untuk bergerak melakukan hal yang beyond call of duty di tengah-tengah gejolak sosial dan kontraksi ekonomi yang kian menguat lantaran jumlah kasus positif dan angka kematian yang naik.
Jika perspektif mubādalah ini dapat tumbuh di tengah masyarakat kita dan mendorong solidaritas menjadi kekuatan yang lebih besar, pertanyaan di awal tulisan ini mungkin akan lebih mudah untuk menemukan jawabannya. Apa yang diyakini oleh kelompok optimis tentang bangsa ini juga mungkin merupakan hal yang tidak mustahil, bahwa Indonesia akan pulih dan baik-baik saja. []