Mubadalah.id – Nabi Muhammad Saw telah memberikan banyak teladan kepada kita seluruh umat Islam, termasuk memberikan kesempatan bahwa perempuan berhak atas pernikahan dirinya sendiri.
Kesempatan bahwa perempuan berhak atas pernikahan dirinya sendiri itu merupakan salah anjuran yang pernah diperintahkan oleh Nabi Muhammad Saw.
Perintah bahwa perempuan berhak atas pernikahan dirinya sendiri itu merujuk pada salah satu hadis dari Sunan Ibn Majah.
Isi hadis tersebut sebagai berikut, Abu Buraidah menuturkan dari ayahnya yang berkata, “Ada seorang perempuan muda datang kepada Nabi Muhammad Saw dan bercerita, “Ayahku menikahkanku dengan anak saudaranya untuk mengangkat derajatnya melaluiku.”
Nabi Muhammad Saw memberikan keputusan akhir di tangan sang perempuan.
Kemudian, perempuan itu berkata, “Ya Rasulullah, aku rela dengan yang dilakukan ayahku, tetapi aku ingin mengumumkan kepada para perempuan bahwa ayah-ayah tidak memiliki hak untuk urusan ini.” (Sunan Ibn Majah).
Teks hadits yang menyebutkan perempuan berhak atas pernikahan dirinya sendiri itu, menurut Faqihuddin Abdul Kodir masih sangat relevan untuk menegaskan kemandirian dan kemanusiaan perempuan.
Pasalnya, kata dia, tidak sedikit orang yang masih menganggap bahwa perempuan harus tunduk pada keputusan laki-laki. Jika anak perempuan pada ayahnya, dan jika istri pada suaminya.
“Secara umum, sudah banyak perempuan yang mandiri, berpendidikan tinggi, memiliki penghasilan cukup, dan mempunyai pengalaman sosial yang cukup untuk membuatnya tidak harus dipaksa dalam urusan pernikahan oleh keluarga,” tulisnya.
“Anggapan ini tentu saja menyalahi kemandirian perempuan sebagai manusia utuh,” jelasnya.
Kang Faqih mengingatkan, jika mengingat kondisi budaya Arab saat itu, ketika perempuan hampir tidak memiliki suara sama sekali mengenai dirinya, maka pernyataan Nabi Muhammad Saw seperti di atas adalah sesuatu yang revolusioner.
Kisah ini, lanjutnya, menggambarkan keberanian perempuan untuk melaporkan pelanggaran hak yang dialaminya. Ini tidak mungkin terjadi jika suasana sosial politik tidak dikondisikan terlebih dahulu oleh Nabi Muhammad Saw. Suasana sosial ketika perempuan merasa nyaman untuk menuntut hak-haknya dan melaporkan hal-hal yang dianggap melanggar hak-hak tersebut.
Lebih dari itu, Kang Faqih mengungkapkan, seperti yang ditegaskan oleh Nabi Muhammad Saw dalam teks ini, hak atas pernikahan perempuan adalah perempuan itu sendiri, bukan ayahnya, apalagi keluarga jauh. Sebab, yang akan hidup berumah tangga adalah perempuan tersebut.
“Perempuan harus benar-benar merasa nyaman, rela, dan tidak ada unsur paksaan sama sekali. Kerelaan dan kenyamanan adalah pondasi utama dalam mewujudkan pernikahan yang sakinah, mawaddah, dan rahmah, yang diperintahkan al-Qur’an,” tukasnya. (Rul)