• Login
  • Register
Sabtu, 10 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Sastra

Perjuangan, Luka, dan Air Mata Perempuan Afghanistan

Zahra Amin Zahra Amin
30/12/2019
in Sastra
0
perempuan, Afghanistan

Novel "The Pearl That Broke Its Shell", mengisahkan tentang perjuangan, luka dan air mata perempuan di Afghanistan.

19
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Musim libur akhir 2019 dan sambut awal tahun 2020 telah tiba. Banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk membaca. Salah satunya adalah Novel “The Pearl That Broke Its Shell”, karya Penulis Perempuan Afghanistan Nadia Hashimi, yang mengisahkan tentang bagaimana perjuangan perempuan menjadi independen, terbebas dari banyak belenggu tradisi dan budaya atas nama agama.

Setelah membaca tuntas novel ini, jujur jika disuruh memilih, ketika terlahir kedua kali sebagai seorang perempuan, saya akan tetap memilih menjadi perempuan Indonesia. Karena menyadari betapa beratnya hidup atas nama perempuan di Negara Afghanistan sana, di mana mungkin sampai hari ini Taliban masih berkuasa.

Novel ini berkisah tentang Rahima. Sebagai seorang perempuan di Negara yang menjunjung tinggi Patriarkhi, hak Rahima dan keempat saudarinya sangat dibatasi. Bagi perempuan Afghanistan, pendidikan dan kebebasan hanyalah angan-angan.

Tanpa lahirnya seorang putra di dalam keluarganya, peran Rahima berganti menjadi anak lelaki, yang merupakan sebuah tradisi yang disebut Bacha Posh. Rahima berubah nama menjadi Rahim, maka ia pun berhak untuk sekolah dan merasakan dunia di luar rumahnya. Akan tetapi, itu hanya sampai ketika ia dinikahkan.

Rahima dikawinkan dengan teman Ayahnya sebagai istri ke-empat, di usianya yang masih 13 tahun, dan baru enam bulan mengalami menstruasi pertamanya. Belum lagi ditambah dengan perlakuan kasar yang harus ia terima dari suaminya sendiri, ibu mertua hingga istri-istri suaminya yang lain. Beban dan derita berlapis langsung dijalani Rahima.

Baca Juga:

Kontekstualisasi Ajaran Islam terhadap Hari Raya Waisak

Bekerja adalah Ibadah

Merebut Tafsir: Membaca Kartini dalam Konteks Politik Etis

Perempuan Bekerja, Mengapa Tidak?

Persoalan yang menimpa Rahima begitu kompleks. Kemiskinan yang menggelayuti keluarga, seorang Ayah yang pecandu opium, hingga ia dan dua saudara perempuannya yang lain dinikahkan saat masih usia anak, untuk dibayar dengan setumpuk uang dan pasokan opium tak terbatas.

Begitu usai dinikahkan, sebagai istri yang ke sekian, Rahima dan saudara perempuannya diperlakukan seperti budak, yang bekerja tanpa mengenal waktu. Dan harus selalu siap melayani kebutuhan seksual suami. Sebuah potret buram kehidupan perempuan, yang tak seorang pun ingin mengalami.

Kisah Rahima serupa dengan Shekiba, yang diceritakan secara bergantian dalam novel ini. Nenek buyut Rahima yang sempat menjadi Bacha Posh. Sebagai seorang yatim piatu, Shekiba berjuang dari kemalangan bertubi-tubi demi membangun kehidupannnya yang baru.

Perbedaan hak, perkawinan anak yang dilakoni, kekerasan terhadap perempuan baik fisik maupun psikis yang dilakukan oleh orang-orang terdekatnya sendiri, merupakan cerita kehidupan Shekiba, dan telah mampu menginspirasi Rahima untuk mengubah nasibnya.

Dengan membaca novel ini, berulang kali membuat saya tercekat, dan beberapa jenak mata saya membasah. Mengingati betapa sulitnya menjadi perempuan di Afghanistan pada masa itu, yang mungkin tak setiap perempuan akan sanggup menanggung penderitaannya.

Lamat-lamat saya teringat dengan lirik prosa Gitanjali, karya masterpiece sastrawan India, Rabindranath Tagore (1861-1941). Bagaimana kehidupan perempuan, di belahan dunia manapun, yang pernah mengalami kekerasan, akan selalu menyimpan semua tanda air mata. Mungkin akan mampu memaafkan, tetapi takkan pernah bisa untuk melupakan. Mungkin luka itu akan mengabadi, namun setiap rasa sakit yang tertinggal, akan menjadi lecutan asa di masa depan.

Ketika Kau Perintahkan Aku untuk Bernyanyi

Ketika kau Perintahkan aku untuk bernyanyi nampaknya hatiku akan retak dengan kebanggaan ; aku menatap wajahmu, dan air mata menggenang di mataku.

Semua yang kasar dan tak serasi dalam hidupku melebur dalam satu harmoni yang manis – dan pemujaanku mengembangkan sayap-sayapnya seperti seekor burung yang gembira dalam penerbangangannya melintasi lautan.

Aku tahu kau mengambil kesenangan dalam laguku. Aku tahu bahwa hanya sebagai seorang penyanyi aku datang di hadapan kehadiranmu.

Dengan tepi sayap yang jauh-mengembang dari laguku aku menyentuh kakimu yang tak pernah bisa aku cita-citakan untuk kuraih.

Mabuk dengan keriangan laguku, aku melupakan diriku sendiri dan menyebutmu kawan, tuanku.

Zahra Amin

Zahra Amin

Zahra Amin Perempuan penyuka senja, penikmat kopi, pembaca buku, dan menggemari sastra, isu perempuan serta keluarga. Kini, bekerja di Media Mubadalah dan tinggal di Indramayu.

Terkait Posts

Tak Ada Cinta

Tidak Ada Cinta Bagi Ali

4 Mei 2025
Kartini Tanpa Kebaya

Kartini Tanpa Kebaya

27 April 2025
Hujan

Laki-laki yang Menjelma Hujan

13 April 2025
Negara tanpa Ibu

Negara tanpa Ibu

23 Maret 2025
Kisah Adiba

Kisah Adiba, tentang Perempuan dan Pengasuhan

9 Maret 2025
Dilema

PE[R]SONA 5: Arah dalam Dilema

2 Maret 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • PRT

    Mengapa PRT Identik dengan Perempuan?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan di Ruang Domestik: Warisan Budaya dan Tafsir Agama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan Bukan Fitnah: Membongkar Paradoks Antara Tafsir Keagamaan dan Realitas Sosial

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengirim Anak ke Barak Militer, Efektifkah?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bekerja adalah Ibadah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Kontekstualisasi Ajaran Islam terhadap Hari Raya Waisak
  • Bekerja adalah Ibadah
  • Merebut Tafsir: Membaca Kartini dalam Konteks Politik Etis
  • Perempuan Bekerja, Mengapa Tidak?
  • Islam Memuliakan Perempuan Belajar dari Pemikiran Neng Dara Affiah

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version