Dengan pesatnya pertumbuhan industri pakaian olahraga, sangat penting untuk memastikan bahwa semua kelompok minoritas dari seluruh penjuru dunia harus terwakilkan, dan mempertimbangkan mereka dalam hal ini menjadi sangat perlu. Ini persoalan khususnya di Amerika Utara, di mana kelompok minoritas berada dalam populasi yang lebih besar yang sering dengan mudah ditampilkan berkali-kali di media dan pasar global.
Suatu hal yang menggembirakan bahwa model-model seperti Halima Aden bisa tampil di sampul majalah-majalah mainstream seperti ‘Vogue’, dan dengan bangga mengenakan pakaian renang yang sopan dalam ilustrasi majalah sports, sementara perusahaan-perusahaan seperti ‘Thawrih’ memastikan untuk terus mendukung para atlit dan orang-orang yang memilih untuk memakai pakaian sopan dari berbagai jenis pilihan pakaian aktif.
Situs MuslimGirl mewawancarai CEO dan salah satu pendiri ‘Thawrih’, Sarah Abood, untuk menggali lebih jauh tentang misi mereka dan peran yang mereka mainkan dalam komunitas mereka. Apa yang mereka temukan sangat menarik:
‘Thawrih’ adalah Perusahaan milik perempuan muslim Kanada, Sarah Abood yang berbasis di Ottawa yang telah memecahkan banyak hambatan dengan karya mereka. Di tahun 2017, ide pakaian itu terbesit di benak Sarah saat ia mengetahui bahwa para pelanggan di gym-nya merasa sangat kesulitan untuk berolahraga dengan banyaknya keringat dan tidak dapat diaksesnya pakaian yang mereka kenakan untuk berolahraga. Banyak perusahaan pakaian olahraga yang ada pada saat itu, tapi banyak orang di sekitar Sarah yang mengeluh bahwa pakaian yang ada tidak cukup modis, bahkan untuk latihan fisik biasa.
Di sekitar waktu yang sama, Sarah memulai organisasi non-profit untuk para pengungsi Suriah di Ottawa yang tidak bisa mendapat pekerjaan karena hambatan bahasa, transportasi dan budaya. Oleh karena itu, Sarah memulai perusahaan pakaian di mana para pengungsi dari tempat berbeda seperti Suriah, Irak, Angola, dan kaum minoritas lainnya bisa bekerja dari rumah untuk membuat pakaian. Kesempatan memperoleh biaya hidup ini dibuat untuk memberdayakan para pengungsi ini dengan rasa nyaman. Dengan tekad memastikan mereka yang membutuhkan ini mendapatkan kesempatannya, juga memberdayakan secara finansial para pendatang baru, kaum minoritas dan pengungsi, ‘Thawrih’ juga menyediakan kesempatan pekerjaan bagi para pelajar universitas dari Ottawa, yang dimulai dengan kerja magang.
Sarah menemukan bahwa setelah dimulainya ‘Thawrih’, orang-orang di sekitarnya lebih termotivasi untuk pergi ke gym. ‘Thawrih’ berlanjut sukses dengan penjualan lebih dari 900 produk ke 23 negara di dunia. Pencapaian luar biasa mereka lainnya di lingkup masyarakat Kanada adalah bahwa ‘Thawrih’ menjadi acuan utama untuk pembuatan pakaian aktif bagi kaum minoritas yang bekerja di kepolisian Ottawa.
‘Thawrih’ tidak hanya memproduksi pakaian olahraga yang sopan untuk perempuan Muslim, mereka juga memberanikan diri membuat turban sporty untuk orang Sikh. Usaha yang sangat mempersatukan, bukan?
“Thawrih” berarti “merevolusionerkan”, dan di Thawrih HQ, mereka yakin bahwa revolusi itu dimulai dengan pemberdayaan dalam kekuatan, pergerakan, dan menjadi diri sendiri. Terlebih lagi, revolusi itu datang dengan sisi sehat dari rasa bangga membantu dan memberdayakan para pendatang dan kaum minoritas.
Tujuan mereka mengarah pada inklusivitas, baik dari segi ukuran maupun kesopanan, dan ‘Thawrih’ berhasil bertahan pada misi terpuji mereka di dalam industri yang kompetitif ini:
“Misi kami adalah merevolusionerkan pakaian olahraga untuk mereka yang memiliki kewajiban agama dan budaya sehingga olahraga mudah diakses oleh semua kalangan.”
Mereka berniat untuk terus membuat pakaian untuk lebih dari satu agama, dan menciptakan sebuah keluarga bagi orang-orang yang telah termarginalkan.