• Login
  • Register
Sabtu, 25 Juni 2022
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom

Sekolah Ibu, Ibuisme Gaya Baru dan Matinya Peran Perempuan

Zahra Amin Zahra Amin
31/12/2018
in Kolom
0
Hengky Kurniawan

Hengky Kurniawan. Sumber: insertlive[dot]com

11
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Peringatan 90 Tahun Pergerakan Perempuan di Indonesia baru saja berlalu, yang salah kaprah seringkali dimaknai sebagai Hari Ibu. Karena pada 22 Desember 1928 itu para perempuan perwakilan dari berbagai organisasi perempuan berkumpul di Yogyakarta.

Sebagaimana catatan salah satu postingan yang mampir di beranda media sosial saya, para perempuan itu membincang soal buruknya nasib perempuan di era kolonial Belanda. Mulai dari perkawinan anak, kedudukan perempuan dalam perkawinan, kebangsaan, pendidikan untuk perempuan dan lain-lain.

Kata “Ibu” dipilih karena kata itu bisa menyatukan banyak perempuan dari berbagai daerah. Sekaligus membedakan dari kata “nyonya” yang digunakan oleh pemerintah kolonial. Di berbagai daerah perempuan punya banyak sebutan, mulai dari mbakyu (Jawa), Mbok (Bali), Teteh (Sunda), Uni (Minangkabau), Nok atau Yayu (Cirebon-Indramayu). Dan nama lainnya.

Begitu beragamnya panggilan untuk perempuan, maka Soekarno memilih Ibu untuk menyatukan para perempuan dari berbagai daerah dan organisasi yang lantang berteriak tentang kebangsaan, kemerdekaan dan kesetaraan (emansipasi).

“Ibu” pada masa Soekarno adalah sosok pejuang perempuan yang gigih menyerukan pentingnya kemerdekaan untuk bangsanya, tidak hanya seorang perempuan yang mengurus rumah tangga. Namun pemerintah Orde Baru telah menggeser makna Ibu menjadi lebih sempit.

Baca Juga:

6 Cara Penangan saat Menjadi Korban KDRT

Kehidupan Perempuan Kini dalam Hegemoni Domestik

Apakah Semua Perempuan Terlahir Menjadi Ibu?

Raden Mas Tirto Adhi Soerjo dan Gerakannya dalam Emansipasi Perempuan Indonesia

“Ibu” pada masa Orde Baru adalah seorang perempuan yang lemah lembut, sibuk mengurus anak, suami dan keluarga. Sibuk berdandan untuk mendampingi suaminya, sibuk beranak-pinak menjadi mesin reproduksi anak, dan sibuk mendidik anak. Istilah sumur, dapur dan kasur benar-benar melekat pada sosok seorang Ibu.

Maka jika kini ada pemimpin daerah yang hendak meluncurkan program “Sekolah Ibu”, bagi penulis itu tak lebih dari Ibuisme baru kepanjangan tangan dari Orde Baru. Sebab dengan hanya melihat tujuan dari didirikannya Sekolah Ibu, jelas benar telah mendomestikasi perempuan dan membatasi perannya dalam kehidupan.

Tujuan itu seperti yang beredar luas dari postingan Instagram Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan, bahwa Sekolah Ibu akan memberikan pemahaman tentang berrumah tangga bagi perempuan. Bagaimana menghadapi suami, menahan emosi, bagaimana berkomunikasi dengan anak-anak yang beranjak dewasa. Malah dari Sekolah Ibu yang semu itu, Hengky berharap Ibu akan semakin sayang suami, kompak dengan anak dan menentukan keluarga bahagia.

Secara gamblang dari penjelasan Wakil Bupati Bandung Barat itu menunjukkan adanya ketidaksalingan hubungan antar manusia, suami istri serta keluarga. Ketika urusan rumah tangga hanya dibebankan pada Ibu, atau tolok ukur kebahagiaan yang hanya dilihat dari usaha Ibu. Tanpa melibatkan yang lain, sebagai individu yang mempunyai kepentingan sama.

Selain itu jika menilik pada awal konsep Sekolah Ibu, yang mengaitkan dengan tingginya angka perceraian di Kabupaten Bandung Barat, secara nyata menudingkan jari telunjuk langsung pada muka Ibu sebagai penyebab perceraian. Padahal keluarga yang harmonis, tidak dibangun secara sepihak, tapi bersama-sama antar personal yang terlibat didalamnya.

Lalu angka kekerasan dalam rumah tangga, yang tidak hanya dalam bentuk fisik. Tetapi juga penelantaran ekonomi yang harus diterima Ibu, atau para suami yang kerap melalaikan tanggung jawab lantas melemparkan kesalahan pada Ibu yang dianggap tak lagi peduli pada keutuhan keluarga. Sehingga akar persoalan perceraian tidak bisa hanya ditujukan pada Ibu sebagai tersangka utama.

Wahai para pemangku kebijakan, berpikirlah adil gender sejak dalam pikiran. Jika menghendaki kehidupan yang lebih baik di masa depan, maka berilah ruang yang sama dan setara bagi Ibu, beri kesempatan ia bicara dan bagaimana agar mampu menjalani kesulitan dengan saling bekerjasama.

Domestik atau publik, Ibu punya hak untuk menyuarakan kepentingannya. Jika Sekolah Ibu akan benar-benar direalisasikan di 2019 nanti seperti yang direncanakan, maka sama saja dengan kita telah melestarikan peminggiran terhadap peran perempuan. Dan peradaban akan kembali mundur 90 tahun yang lalu, di mana ibu dianggap hanya sebagai babu, terbelakang dan bisu.[]

Tags: BandungHengky KurniawanIbuibuismekepala daerahperempuansekolah ibu

Get real time update about this post categories directly on your device, subscribe now.

Unsubscribe
Zahra Amin

Zahra Amin

Zahra Amin Perempuan penyuka senja, penikmat kopi, pembaca buku, dan menggemari sastra, isu perempuan serta keluarga. Kini, bekerja di Media Mubadalah dan tinggal di Indramayu.

Terkait Posts

kekerasan fisik pada anak

Memahami 4 Macam Kekerasan Fisik pada Anak Akibat Kelalaian Orang Tua

24 Juni 2022
Perempuan Bekerja

Laki-laki Penganguran Bukan Salah Perempuan Bekerja

24 Juni 2022
Kehidupan Perempuan

Kehidupan Perempuan Kini dalam Hegemoni Domestik

24 Juni 2022
Pencegahan Kekerasan Seksual

5 Tips Pencegahan Kekerasan Seksual Perspektif Islam

24 Juni 2022
Menjadi Ibu

Apakah Semua Perempuan Terlahir Menjadi Ibu?

23 Juni 2022
Gaya Hidup Minim Sampah

Maunya sih Menerapkan Gaya Hidup Minim Sampah. Eh, Kok Jadi Greenwashing?

23 Juni 2022

Discussion about this post

No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kehidupan Perempuan

    Kehidupan Perempuan Kini dalam Hegemoni Domestik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sa’i : Perjuangan Meraih Kehidupan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memahami 4 Macam Kekerasan Fisik pada Anak Akibat Kelalaian Orang Tua

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Laki-laki Penganguran Bukan Salah Perempuan Bekerja

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 5 Tips Pencegahan Kekerasan Seksual Perspektif Islam

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • 6 Cara Penangan saat Menjadi Korban KDRT
  • Sa’i : Perjuangan Meraih Kehidupan
  • Bagaimana Mengemas Dakwah Islam yang Humanis dan Kontekstual?
  • Memahami 4 Macam Kekerasan Fisik pada Anak Akibat Kelalaian Orang Tua
  • Laki-laki Penganguran Bukan Salah Perempuan Bekerja

Komentar Terbaru

  • Tradisi Haul Sebagai Sarana Memperkuat Solidaritas Sosial pada Kecerdasan Spiritual Menurut Danah Zohar dan Ian Marshal
  • 7 Prinsip dalam Perkawinan dan Keluarga pada 7 Macam Kondisi Perkawinan yang Wajib Dipahami Suami dan Istri
  • Konsep Tahadduts bin Nikmah yang Baik dalam Postingan di Media Sosial - NUTIZEN pada Bermedia Sosial Secara Mubadalah? Why Not?
  • Tasawuf, dan Praktik Keagamaan yang Ramah Perempuan - NUTIZEN pada Mengenang Sufi Perempuan Rabi’ah Al-Adawiyah
  • Doa agar Dijauhkan dari Perilaku Zalim pada Islam Ajarkan untuk Saling Berbuat Baik Kepada Seluruh Umat Manusia
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2021 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Login
  • Sign Up

© 2021 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist