• Login
  • Register
Sabtu, 1 April 2023
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Setuju dengan Seruan Alissa Wahid!

Pernyataan Alissa Wahid, tidak bisa lain, bagi saya adalah sebuah kesediaan untuk mengangguk, memang ada masalah dalam agama kita.

Lies Marcoes Natsir Lies Marcoes Natsir
31/03/2021
in Publik
0
Alissa Wahid

Alissa Wahid

98
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Alissa Wahid mengajak kita untuk jujur mengakui, terror bom di Makassar  terkait dengan agama (Islam). Dengan pernyataan ini sekaligus ia menyanggah atau mengoreksi  pendapat Presiden yang  menegaskan  terror tak ada hubungannya dengan agama. Presiden bicara di tatar normatif, sementara Alissa Wahid di ranah fakta- realitas.

Pernyataan Alissa Wahid sangat fundamental.  Sebab dengan pengakuan itu,  meski pahit, kita bisa introspeksi kolektif ada apa dengan keberagamaan kita.

Ini bukan soal Islam (semata). Pernyataan ini bagi saya merupakan ajakan untuk membaca dari cakrawala yang lebih luas.  Pernyataan Alissa Wahid, menurut saya,  bukan hanya bicara soal ajaran semata  tetapi pada problem yang dihadapi oleh agama dalam tanggung jawab moralnya  mengatasi problem kehidupan manusia.

Ibarat manusia renta, punggung agama (Islam), bagaimanapun sangat berat menanggung begitu banyak beban tanggung jawab!: beban moral, beban kehidupan manusia, beban  umat, beban kemiskinan, hubungan- hubungan sosial sejak hubungan di tingkat keluarga,  komunitas, antar warga, antar umat hingga hubungan di dunia global yang di mana-mana menunjukkan relasi kuasa yang timpang dengan dampak-dampak buruk yang ditimbulkannya. Ketidak adilan!

Ketidakadilan ekonomi yang tak selalu jelas anasir dan kait kelindannya di mata awam namun terasa nyata dampaknya sampai ke tingkat dapur masing-masing keluarga.

Daftar Isi

  • Baca Juga:
  • Kontroversi Gus Dur di Masa Lalu
  • 5 Dasar Toleransi Menurut Wahbah Az-Zuhaili
  • Toleransi dan Dialog antar Agama
  • Ramadan dan Nyepi; Lagi-lagi Belajar Toleransi

Baca Juga:

Kontroversi Gus Dur di Masa Lalu

5 Dasar Toleransi Menurut Wahbah Az-Zuhaili

Toleransi dan Dialog antar Agama

Ramadan dan Nyepi; Lagi-lagi Belajar Toleransi

Ketidakadilan akses, partisipasi menikmati hasil pembangunan global yang begitu senjang, tergambar nyata di mana-mana berkat teknologi sosial media.

Ketidakadilan akses pendidikan yang menyebabkan salah satu pihak dapat mencapai menara  langit sementara yang lain berkutat di kubangan lumpur kebodohan, begitu nyata di depan mata.

Ketidakadilan sistem hukum,  yang bagi Islam sebagai agama rahmat bagi sekalian alam membuat beban di punggung agama begitu berat tak tertangguhkan.

Seusia agama itu, manusia  telah mencari jalan keluar dengan pengetahuan dan pemikian serta pembacaan atas wahyu Tuhan. Di Barat, dari aspek relasi  hubungan negara dan agama  mereka berusaha  memisahkan urusan  itu:  urusan agama dengan urusan negara, urusan akhirat dengan urusan dunia. Namun hasrat untuk tetap menarik-narik  surga ke dunia  terus terjadi di belahan dunia sana yang  menganggap diri telah berhasil melakukan upaya sekularisasi.

Namun ketidakadilan semesta yang menyeruak dalam kehidupan sehari-hari dengan cepat mengangkat telunjuk orang untuk mencari sebab masalah tanpa mendalami akar masalahnya.  Jawaban sering begitu gampangan seperti menunjuk pada  warna kulit, ras, etnisitas, gender perempuan,  dan agama  dan pihak ” orang luar” sebagai akar masalah. Lalu hidup dengan sekat, dengan  pembatas  fisik atau imaginer mereka lihat sebagai solusi.  Seolah-olah  dengan cara itu  otomatis kesejahteraan akan mereka raih.

Sementara itu, umat Islam di dunia yang berbeda berkutat dengan problem kolektif  dan luka bawaan yang ditancapkan  ketidakadilan dari kolonialisme.  Kolonialisme tak hanya menguras harta tanah jajahan tetapi  proses berpikir waras dengan mengambil inti sari sumber ajaran.

Betapapun sulitnya pun,  umat Islam di berbagai negara terus menggali dengan upaya dan cara  untuk mengambil inti sari ajaran sebagai pedoman. Mereka menawarkan jalan keluar kesejahteraan di dunia dan akhirat. Namun kesenjangan yang begitu dalam, hilangnya pemikiran kritis,  malah menghasilkan  serpihan-serpihan tepi  ajaran daripada inti sarinya. Ini tak beda  dari cara sesat warga Barat melihat etnis, ras, warna kulit sebagai akar penyebab dan menghilangkannya sebagai solusi masalah.

Pernyataan Alissa Wahid, tidak bisa lain, bagi saya adalah sebuah kesediaan untuk mengangguk, memang ada masalah dalam agama kita. Tapi  ini juga sekaligus untuk  menegakkan kepala, kita akan terus mencari bagaimana menyelesaikan persoalan kehidupan  yang tidak adil, yang membuat setiap orang yang melihat dan merasakannya  merasa punya magma untuk berjihad, bukan jihad di jalan yang sesat dan  bukan pula jihad mereka yang jahat bagi kemanusiaan.  []

Via: https://rumahkitab.com/merebut-tafsir-setuju-seruan-alissa/?fbclid=IwAR1W807Ec7RlF9jK2ETNE7tiIw-za-2v7xjdW5OjlKq-p9wRfsqSplBbDrI
Tags: Alissa WahidkeberagamanPencegahan EkstremismePerdamaianRadikalisme Agamatoleransi
Lies Marcoes Natsir

Lies Marcoes Natsir

Direktur Rumah Kitab Jakarta

Terkait Posts

Sepak Bola Indonesia

Antara Israel, Gus Dur, dan Sepak Bola Indonesia

1 April 2023
Keberkahan Ramadan, Kemerdekaan Indonesia

Kemerdekaan Indonesia Bukti dari Keberkahan Ramadan

31 Maret 2023
Konsep Ekoteologi

Konsep Ekoteologi; Upaya Pelestarian Alam

30 Maret 2023
Kasih Sayang Islam

Membangun Kasih Sayang Dalam Relasi Laki-laki dan Perempuan Ala Islam

29 Maret 2023
Ruang Anak Muda

Berikan Ruang Anak Muda Dalam Membangun Kotanya

29 Maret 2023
Sittin al-‘Adliyah

Kitab Sittin Al-‘Adliyah: Prinsip Kasih Sayang Itu Timbal Balik

28 Maret 2023
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Melestarikan Tradisi Nyadran

    Gerakan Perempuan Melestarikan Tradisi Nyadran

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Hadis Relasi Rumah Tangga

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pekerjaan Rumah Tangga Bisa Dikerjakan Bersama, Suami dan Istri

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kiprah Nyai Khairiyah Hasyim Asy’ari: Ulama Perempuan yang terlupakan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kemerdekaan Indonesia Bukti dari Keberkahan Ramadan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Kasus KDRT: Praktik Mikul Dhuwur Mendem Jero yang Salah Tempat
  • Nabi Muhammad Saw Biasa Melakukan Kerja-kerja Rumah Tangga
  • Kiprah Nyai Khairiyah Hasyim Asy’ari: Ulama Perempuan yang terlupakan
  • Pekerjaan Rumah Tangga Bisa Dikerjakan Bersama, Suami dan Istri
  • Antara Israel, Gus Dur, dan Sepak Bola Indonesia

Komentar Terbaru

  • Profil Gender: Angka tak Bisa Dibiarkan Begitu Saja pada Pesan untuk Ibu dari Chimamanda
  • Perempuan Boleh Berolahraga, Bukan Cuma Laki-laki Kok! pada Laki-laki dan Perempuan Sama-sama Miliki Potensi Sumber Fitnah
  • Mangkuk Minum Nabi, Tumbler dan Alam pada Perspektif Mubadalah Menjadi Bagian Dari Kerja-kerja Kemaslahatan
  • Petasan, Kebahagiaan Semu yang Sering Membawa Petaka pada Maqashid Syari’ah Jadi Prinsip Ciptakan Kemaslahatan Manusia
  • Berbagi Pengalaman Ustazah Pondok: Pentingnya Komunikasi pada Belajar dari Peran Kiai dan Pondok Pesantren Yang Adil Gender
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist