Ada beberapa hal yang membuat saya berpikir berulang kali beberapa hari ini. Hingga, saya harus mencoba mendaraskan buku Ahmad Mustofa Bisri. Pria yang akrab dipanggil Gus Mus menulis sebuah buku berjudul “Agama Anugrah Agama Manusia”.
Buku tersebut cukup tipis tebalnya hanya 128 halaman dan bisa diselesaikan hanya dengan sekali duduk. Gus Mus menyebut bukunya sebagai kumpulan esai-esai perenungan sebagai seorang hamba muslim. Dalam buku ini beliau mencoba menuliskan pandangnnya mengenai ke-salahkaprah-an umat muslim dalam beragama yang seringkali dimaklumi atau bahkan menjadi sebuah kebiasaan wajib
Meski tebalnya tak sampai 150 halaman, namun bagi saya Gus Mus begitu komprehensif dalam memberikan pandangan baru tentang nilai dan ajaran Islam. Tiap bab begitu menarik dan tentu memberikan pemahaman baru bagi saya misalnya mengenai persoalan syiar dan penggeras suara.
Di mana fungsi penggeras suara masjid sudah jauh dari manfaatnya, penggeras suara yang biasanya digunakan untuk panggilan adzan meluas fungsinya untuk menyetel kaset murattal, nyanyian sholawat dan lain-lain. Hiruk pikuk suara inilah yang dikhawatirkan mengganggu orang lain yang sholat atau tidak sholat. Yang mana Nabi saja memerintahkan untuk memelankan suara jika ada orang lain sholat agar tidak menganggu bacaan sholatnya.
Ber-agama yang menjadi topik utama dalam pembahasan di buku ini coba dijelaskan melalui pembahasan Ghayah dan Wasilah. Ia menjadi modal yang penting untuk memahami agama secara esensial dan tidak hanya dipermukaan semata. Wasilah adalah perantara atau sarana, sedangkan Ghayah adalah tujuan. Namun dua istilah tersebut sering tertukar sehingga membuat seorang terjebak dalam kesalahpahaman dan kesalah-kaprahan. Bila ditanya apakah agama (misalnya Islam) itu Ghayah atau Wasilah apa jawabanya?
Menurut Gus Mus, Islam dan agama-agama yang lain adalah wasilah bukan ghayah. Kebanyakan orang seringkali menganggap bahwa Islam adalah tujuan akhir dengan mengajukan ayat “Innaddina ‘indahLlahil Islam’ (QS: 3:19) dan “sesungguhnya agama (yang diridahi) Allah hanyalah Islam” (QS 5:3).
Bagi Gus Mus ayat-ayat tersebut hanya sebagai penguat bahwa Islam sebagai wasilah dan Allah sebagai Ghayah; tujuan akhir. Ayat tersebut mendiktumkan bahwa kendaraan berupa Islam, agama tauhid yang dapat mengatarkan kita kepada ridha Allah. Jadi agama, minimal menurut Gus Mus adalah Wasilah; Allah atau ridha Allah-lah ghayah-nya.
Kesalapahaman melihat agama (dalam hal ini Islam) sebagai Ghayah akan memberikan setidaknya dua dampak. Pertama, akan mengakibatkan fanatisme agama yang begitu mengerikan. Orang yang memandang agama sebagai suatu tujuan akan dengan mudah memandang orang lain yang berbeda pandangan sebagai musuh, bukan muslim sejati, atau lebih buruknya; tidak sebagai manusia.
Pandangan semacam itu jelas menempatkan agama layaknya organsisasi yang harus dibela mati-matian. Lihat saja bagaimana beberapa kelompok Islam di Indonesia yang terkesan mudah marah kala organisasi atau pimpinan organisasinya dicela. Maka pendukung/anggota organisasinya pun ikut mencak-mencak dengan dalih seseorang telah melecehkannya. Kefanatikan yang membabi buta akan mengantarkan kita pada perpecahan umat dan ke-alpaan bahwa diri ini hidup, diri ini beragama semata untuk Tuhan.
Kedua, kesalahpahaman ini akan mengakibatkan pengetahuan tunggal. Pengetahuan tunggal cenderung menyalakan pemahaman kelompok lain yang tidak sama dengannya. Menurut Buya Hussein, proses pengetahuan tunggal ini akibat dari proses indoktrinasi yang dilakukan di pengajian-pengajian yang indoktrinatif.
Di mana tidak ditampilkannya semua pandangan dalam Islam, lantas memutuskan mana hukum yang benar, mana hukum yang tidak. Menampilkan hukum Islam yang seperti kaku dalam memandang masalah, padahal Islam tidak seperti itu. Buya Hussein berpendapat bahwa harusnya kita lebih berhati-hati dalam berbicara dan memutuskan sebuah hukum.
Pengetahuan tunggal yang mendominasi cara beragama hari ini hanya akan melahirkan agama yang tak ramah bagi semua. Harusnya kita bisa menghargai semua pandangan tanpa menghakimi. Menjadikan Tuhan hanya sebagai Ghayah, tanpa mengambil Hak Allah sebagai yang Maha. Jangan sampai kita sebagai adami lupa dan alpa bahwa kita hanya sebagai mahluk ciptaanya yang tanpa-Nya kita tak bisa apa-apa. []