Mubadalah.id – Artikel ini akan membahas isu lingkungan dalam masalah fiqih kontemporer. Berdasarkan dalam literatur fiqih klasik, persoalan isu lingkungan acap kali muncul dan beririsan dengan bidang ekonomi. Dalam bab muamalah, dikenal beberapa jenis transaksi yang bersinggungan langsung dengan alam dan tanaman. T
ermasuk di antara akad tersebut ialah ihya-ul mawat, musaqah, mukhabarah, dan muzara’ah. Hanya saja, fokus bahasan dalam bab kitab-kitab fiqih tidak secara spesifik mengkaji masalah isu lingkungan dari sudut pandang hukum Islam melainkan lebih kepada aspek ekonomi transaksionalnya.
Kajian fiqih mengenai ihya-ul mawat, misalnya, lebih banyak membicarakan soal hak milik atas tanah yang dikelola. Ihya-ul mawat, yang secara kebahasaan bermakna menghidupkan lahan “mati” (non-produktif), mengindikasikan orang yang pertama kali berinisiatif “babat alas” untuk menanami tanah kosong tak berpemilik, maka dialah yang berhak atas tanah tersebut.
Musaqah sendiri dijelaskan sebagai kerja sama dalam perawatan tanaman dengan imbalan bagian dari hasil yang diperoleh dari tanaman tersebut. Secara umum, jenis tanaman yang menjadi objek akadnya adalah tanaman keras untuk diambil buahnya.
Perawatan tersebut, menurut Amir Syarifuddin (2003), meliputi aktivitas mengairi, menyiangi, merawat, dan serangkaian kegiatan lainnya yang berhubungan dengan pengambilan manfaat buah. Sebagai imbalan, si penggarap memiliki hak sebagian dari hasil panen.
Sementara mukhabarah didefinisikan sebagai bentuk kerja sama antara pemilik sawah atau tanah dan penggarap dengan perjanjian bahwa hasilnya akan dibagi antara pemilik tanah dan penggarap menurut kesepakatan bersama. Soal biaya dan benihnya, berasal dari penggarap.
Adapun muzara’ah dimaknai dengan akad transaksi kerjasama pengolahan pertanian antara pemilik lahan dan penggarap, dimana pemilik lahan memberikan lahan pertanian dan bibit kepada penggarap untuk menanami dan memelihara dengan imbalan persentase tertentu dari hasil panen.
Meski terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai mukhabarah dan muzara’ah dimana sebagian menganggap kedua transaksi ini sama dan sebagian lain menilai keduanya berbeda dari segi akad maupun mekanismenya, secara substansial fiqih memang tidak concern pada isu lingkungan, melainkan hanya melihat sisi ekonominya.
Kesadaran Ulama atas Isu Lingkungan
Geliat kesadaran atas isu lingkungan bisa dikatakan baru menyeruak pada periode ulama kontemporer. Hal ini ditandai dengan munculnya karya-karya ulama yang fokus membahas persoalan lingkungan. Beberapa di antaranya bahkan menuliskan satu kitab khusus dengan tema fiqhul biy-ah, sebagaimana yang dilakukan oleh Yusuf Al-Qaradhawi, Muhammad Al-Husainiy Asy-Syiraziy, dan Fuad Abdul Lathif As-Sarthawiy.
Ulama dari kalangan sunni, Yusuf Al-Qaradhawi, melalui kitab Ri’ayat Al-Biy-ah fi Syari’atil Islam, menguraikan secara mendalam berbagai argumen teologis dari sumber-sumber hukum Islam yang secara eksplisit maupun implisit bersinggungan langsung dengan masalah lingkungan. Bahkan, ia menggunakan lima pendekatan bidang keilmuan dalam memahami urgensi konservasi lingkungan, yaitu ushuluddin, tasawuf, fiqih, ushul fiqih, serta ulumul Quran dan hadis.
Dari kalangan Syiah, Muhammad Al-Husainiy Asy-Syiraziy, menulis kitab berjudul Al-Fiqh Al-Biy-ah. Yang menarik dari kitab ini, Asy-Syiraziy justru lebih dominan mengupas aspek pencemaran (talawwuts) terhadap lingkungan. Ia mengkategorisasi pencemaran tersebut ke dalam beberapa jenis, mulai dari pencemaran udara, air, tanah, suara, hingga cahaya. Tak hanya mengungkap beragam bentuk polusi, ia juga memaparkan dampak negatif yang ditimbulkan dan keharamannya dengan mengacu pada dalil-dalil syariat.
Fuad Abdul Lathif As-Sarthawiy menulis kitab Al-Biy-ah Wal Bu’du Al-Islamiy. Kitab ini membahas isu lingkungan dengan sudut pandang yang menarik. Menurut Fuad, dalam Islam terdapat beberapa dasar ketetapan mengenai persoalan lingkungan hidup, yang terbagi menjadi tiga fondasi utamanya.
Pertama, keesaan Allah. Kedua, kaidah fiqih “laa dharara wa laa dhiraara” (janganlah kamu membahayakan dirimu sendiri dan orang lain). Ketiga, kaidah fiqih “jalbul mashalih wa dar-ul mafasid” (mendatangkan kemasalahatan dan menolak kerusakan). []
Demikian isu lingkungan dalam masalah Fiqih Kontemporer. Semoga bermanfaat. []