• Login
  • Register
Senin, 12 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Keluarga

Rayakan Hari Anak, Momentum Benahi Pola Relasi

Alfiyah Alfiyah
28/07/2020
in Featured, Keluarga
0
Ilustrasi Oleh Nurul Bahrul Ulum

Ilustrasi Oleh Nurul Bahrul Ulum

146
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Hari Anak Nasional yang diperingati tiap tanggal 23 Juli yang dimulai sejak masa Orde Baru memiliki sejarah panjang. Peringatan setiap tahunnya dilaksanakan dengan beragam cara dengan tujuan yang sama yakni berpartisipasi secara aktif untuk meningkatkan kepedulian, menghormati, meghargai dan menjamin hak-hak anak tanpa adanya diskriminasi.

Menurut Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemenppa) Hari Anak Nasional dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal, dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak.

Namun, sudahkah keluarga sebagai madrasatul ula atau tempat belajar pertama bagi anak menerapkan pola yang dimaksud ? jawabannya tidak serta merta sudah terlaksana atau belum, bahkan sebagian besar orang tua masih menerapkan cara asuh model lama.

Sseperti yang dikemukakan oleh Hourlock, ada tiga jenis pola asuh orang tua terhadap anaknya, yaitu : Pertama, pola asuh otoriter, yaitu ditandai dengan cara mengasuh anak dengan aturan-aturan yang ketat, seringkali memaksa anak untuk berperilaku seperti dirinya (orang tua), kebebasan untuk bertindak atas nama diri sendiri dibatasi.

Kedua, pola asuh demokratis ditandai dengan adanya pengakuan orang tua terhadap kemampuan anak, anak diberi kesempatan untuk tidak selalu tergantung pada orang tua. Ketiga, pola asuh ini ditandai dengan cara orang tua mendidik anak yang cenderung bebas, anak dianggap sebagai orang dewasa atau muda, ia diberi kelonggaran seluas-luasnya untuk melakukan apa saja yang dikehendaki.

Baca Juga:

Islam Hadir untuk Gagasan Kemanusiaan

Apakah Barak Militer Bisa Menjadi Ruang Aman bagi Siswi Perempuan?

Ibu, Aku, dan Putriku: Generasi Pekerja Rumah Tangga

Tidak Ada Cinta bagi Arivia

Ketiga model pola asuh ini tentunya berimbas pada bentukan sifat anak. Ada yang ramah, mudah bergaul, suka keteraturan atau sebaliknya bersifat keras, menunjukkan emosi dan pengkritik segala sesuatu. Sedangkan pada hakikatnya model pengasuhan merupakan sebuah usaha untuk mencapai kebahagiaan, menjaga penerus keturunan sehingga mampu menjadi manusia mandiri.

Selain itu, sebagai usaha nyata orangtua untuk menjaga totalitas potensi sehingga seorang anak dapat melaksanakan tugas dan fungsinya didunia sebagai khalifah fil ardh, KH. Quraish Shihab menafsirkan kata ini sebagai perbuatan memelihara bumi, melakukan islah, mengantar segala tujuan penciptaannya.

Relasi Orang Tua dan Anak

Dalam Buku Fiqh Anti Trafikking yang ditulis oleh KH. Husein Muhammad Dkk disebutkan bahwa hubungan anak dengan orang tua adalah hubungan orang yang melahirkan dengan yang dilahirkan, orang yang merawat dengan yang dirawat, hubungan yang mendidik dengan yang dididik dan hubungan yang lebih tua dengan yang lebih muda.

Dalam hubungan ini, kedua belah pihak memiliki hak dan kewajiban masing-masing. Hak dan kewajiban ibarat koin mata uang, yakni hal berbeda tetapi tidak dapat dipisahkan. Di samping mempunyai sejumlah kewajiban, orang tua juga memiliki hak misalnya hak untuk dihormati. Begitu juga dengan anak. Ia memiiliki hak untuk disayang oleh kedua orang tuanya. Jika orang tua memperoleh penghormatan dari anak, maka anak juga memperoleh kasih sayang dari orang tua.

Menurutnya salah satu bentuk penghormatan anak terhadap orang tua adalah mentaati perintah-perintah sejauh tidak bertentangan dengan ketaatan kepada Allah. Sementara kedua orang tua sebagai pihak yang lebih tua harus menunjukkan kasih sayangnya kepada anak sebagai pihak yang lebih muda. Dalam konteks ini, Nabi Muhammad SAW bersabda :

لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَرْحَمْ صَغِيرَنَا وَيُوَقِّرْ كَبِيرَنَا

“Dari Anas bin Malik menuturkan, bahwa Rosululloh SAW besabda : “Tidak termasuk golongan umatku, mereka yang (tua) tidak menyayangi yang muda, dan yang mereka yang (muda) tidak menghormati yang tua.” (Hadits Riwayat Imam al-Turmudzi)

Jadi, hak dan kewajiban ini bersifat timbal balik atua resiprokal. Oleh karenannya kedua belah pihak seharusnya tidak saling menunggu, malah harus saling proaktif melaksanakan kewajiban agar memperoleh hak.

Hak tersebut akan diperoleh jika kewajban telah selesai dilaksanakan. Dalam hal ini, perayaan hari anak diartikan sebagai alarm pengingat sebagai sarana untuk menumbuhkan kembali relasi yang hilang tersebut. Sehingga cita-cita untuk menggapai keluarga maslahat bukanlah sekedar impian belaka, namun dapat direalisasikan melalui upaya bersama. []

Alfiyah

Alfiyah

Alumni FKD IPMAFA 2022 | Mari saling sapa di instagram @imalfi__

Terkait Posts

Mengirim Anak ke Barak Militer

Mengirim Anak ke Barak Militer, Efektifkah?

10 Mei 2025
Menjaga Kehamilan

Menguatkan Peran Suami dalam Menjaga Kesehatan Kehamilan Istri

8 Mei 2025
Ibu Hamil

Perhatian Islam kepada Ibu Hamil dan Menyusui

2 Mei 2025
Perjalanan Thudong

Pesan Toleransi dari Perjalanan Suci Para Biksu Thudong di Cirebon

30 April 2025
Soft Spoken

Soft Spoken: Menanamkan Nilai Tata Krama pada Anak Sedari Kecil

25 April 2025
Orang Tua Gen Z

Antara Reels dan Realita: Dilema Orang Tua Gen Z di Tengah Arus Media Sosial

24 April 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Pekerja Rumah Tangga

    Ibu, Aku, dan Putriku: Generasi Pekerja Rumah Tangga

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Apakah Barak Militer Bisa Menjadi Ruang Aman bagi Siswi Perempuan?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tidak Ada Cinta bagi Arivia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vasektomi untuk Bansos: Syariat, HAM, Gender hingga Relasi Kuasa

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengirim Anak ke Barak Militer, Efektifkah?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Islam Hadir untuk Gagasan Kemanusiaan
  • Apakah Barak Militer Bisa Menjadi Ruang Aman bagi Siswi Perempuan?
  • Ibu, Aku, dan Putriku: Generasi Pekerja Rumah Tangga
  • Tidak Ada Cinta bagi Arivia
  • Menyusui adalah Pekerjaan Mulia

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version