Mubadalah.id – Kita seringkali memaknai bahwa sebuah pernikahan akan terlihat lebih islami atau lebih berkah jika maharnya adalah seperangkat alat salat. Selain itu, alat salat juga kerap menjadi salah satu opsi yang banyak terpilih oleh kalangan masyarakat kita untuk menjadi mahar. Namun, sebenarnya ada penjelasan yang cukup menarik dari Gus Baha mengenai mahar seperangkat alat salat.
Pada suatu ceramah Gus Baha sedang menjelaskan sebuah maqalah yang Sahabat Umar sampaikan mengenai golongan orang yang ahli surga. Di antaranya adalah perempuan yang mau membebaskan maharnya kepada calon suaminya.
Gus Baha menjelaskan lebih lanjut, bahwa mahar yang dimaksud ini bukan mahar yang menjadi tradisi kita. Yakni hanya seperangkat alat salat, tidak ada tambahan barang berharga lainnya. Beliau menjelaskan dengan logika yang cukup mudah untuk orang awam pahami.
Bagaimana seorang laki-laki itu bisa kita nilai menghargai seorang perempuan sebagai calon istrinya, jika mahar yang kita berikan hanya seperangkat alat salat? Sebab, jika orang nakal atau perempuan nakal saja bisa terbayar dengan harga jutaan, masa menikahi yang berkaitan dengan syariat dan selamanya hanya kita beri mahar seperangkat alat salat?
Namun, memang tidak bisa kita pungkiri juga, jika seorang perempuan memberikan “patokan” atau standar mahar yang diberikan, ia akan mendapatkan stigma, misalnya “katanya salihah, kok minatnya Fortuner.”
Ambivalensi Standar Mahar
Nyatanya dalam konteks mahar memang perempuan cukup mengalami ambivalensi. Kalau memiliki standar mahar, maka akan mendapatkan stigma buruk. Sedangkan, jika menerima apa adanya atau qana’ah maka akan dimanfaatkan.
Untuk menjembatani hal ini, Gus Baha memberikan sebuah landasan dari Sayyidina Ummar: “Wahai kelompok perempuan, kamu jangan mahal-mahal ketika minta mahar. Kalo saja ada yang berhak paling mahal, tentu putrinya Rasulullah dan istri-istri Rasulullah. Saya bersaksi pada mahar pada istri-istrinya Nabi dan putri-putrinya Nabi itu tidak melebihi angka sekian.”
Gus Baha menerangkan makna “sekian” dalam kalimat tersebut. Beliau menjelaskan bahwa pernah menghitung jumlah yang disebutkan dan itu berkisar jika dalam rupiah 4-5 juta. Itu adalah angka minimal.
Penjelasan ini yang selanjutnya memberikan keterangan secara jelas bahwa mahar seperangkat alat salat adalah mahar yang tidak ada dasarnya dalam Islam.
Selain itu, Gus Baha juga menjelaskan, bahwa pemberian mahar berupa alat salat ini bisa menjadi makna dari “merendahkan perempuan”.
Gus Baha menjelaskan: “Sebab, ada dua kemungkinan: jika istrimu tidak salat, dengan memberi seperangkat alat salat berarti sama saja dengan mengejek dia karena tidak salat. Lalu jika istrimu Ning (putri Kiai) sudah jelas jika dia adalah gudangnya mukena, kok kamu kasih mukena. Orang salehah itu mukenanya sudah banyak, masa malah kamu kasih mukena lagi.
Pertimbangkan Kembali Nilai Mahar
Lalu beliau kembali menjelaskan pada apa yang beliau jelaskan di awal bahwa perempuan yang ahli surga adalah mereka yang membebaskan mahar atas suaminya. Kenapa kok bisa besar sekali balasan Allah, hingga menyematkan perempuan tersebut ahli surga?
Sebab, mahar yang dimaksud berjumlah 1000 atau 400 dinar, seperti saat Nabi menikahi Umi Habibah. Jika rupiahkan berjumlah sekitar 100 juta. Mahar ini biasanya merreka gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makan. Hal ini sejalan dengan apa yang Al Qur’an (An-Nisa’:4) sampaikan. Jika pasca menikah tidak punya uang, maka bisa menggunakan mahar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makan.
Selanjutnya, kalau mahar yang berkembang di masyarakat kita adalah seperangkat alat salat yang jika kita uangkan hanya ratusan ribu, masa bisa sejalan dengan maksud ayat di atas? Kan tidak. Penjelasan inilah yang selanjutnya memberikan keterangan bahwa mahar seperangkat alat salat perlu menjadi pertimbangan yang lebih lanjut untuk mewujudkan kemaslahatan bersama. []