• Login
  • Register
Sabtu, 5 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Perempuan dan Panggung Politik: Refleksi QS. Al-Qashash ayat 26-27

Islam sangat menjunjung tinggi kedudukan perempuan dan memberinya ruang dalam panggung politik

Shulhan Habib Shulhan Habib
13/11/2023
in Publik
0
Panggung Politik

Panggung Politik

833
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id- Di era modern, perempuan telah mendapat panggung untuk berpendapat. Perempuan sudah tidak hanya terkurung di rumah dengan tugas memasak, menjahit atau mengurus anak. Keberadaan perempuan telah diakui dan berkontribusi besar dalam panggung politik.

Meski demikian, representasi perempuan dalam dunia politik masih sangat jauh dari keadilan dan kesetaraan. Hal ini dikarenakan diskriminasi berdasarkan gender belum seutuhnya hilang dan masih masif di seluruh aspek kehidupan.

Belum tercerabutnya akar patriarki menjadikan perempuan masih termarginalkan. Perempuan belum sepenuhnya menikmati kesetaraan dalam hak hukum, sosial maupun ekonomi. Perempuan masih pada tataran sebagai objek pembangunan belum menjadi pelaku pembangunan.

Kebijakan bias gender menjadikan perempuan terus dalam lingkaran ketidakadilan gender. Misalnya Zipper system yang menjadi contoh akan ketidakadilan gender. Selain itu, kuota kursi parlemen yang hanya 30 persen bagi perempuan menguatkan adanya ketidakadilan gender dalam ruang politik.

Padahal, demokrasi mengangkat akan persamaan akses dan peran penuh bagi laki-laki maupun perempuan. Persamaan baik dalam hal tataran kehidupan publik maupun posisi dalam pengambilan keputusan.

Islam dan Hak Politik bagi Perempuan

Islam sangat menjunjung tinggi kedudukan perempuan dan memberinya ruang dalam panggung politik. Hal ini sebagaimana tercantum dalam,

قَالَتْ اِحْدٰىهُمَا يٰٓاَبَتِ اسْتَأْجِرْهُ ۖاِنَّ خَيْرَ مَنِ اسْتَأْجَرْتَ الْقَوِيُّ الْاَمِيْنُ قَالَ اِنِّيْٓ اُرِيْدُ اَنْ اُنْكِحَكَ اِحْدَى ابْنَتَيَّ هٰتَيْنِ عَلٰٓى اَنْ تَأْجُرَنِيْ ثَمٰنِيَ حِجَجٍۚ فَاِنْ اَتْمَمْتَ عَشْرًا فَمِنْ عِنْدِكَۚ وَمَآ اُرِيْدُ اَنْ اَشُقَّ عَلَيْكَۗ سَتَجِدُنِيْٓ اِنْ شَاۤءَ اللّٰهُ مِنَ الصّٰلِحِيْنَ

Baca Juga:

Gus Dur dalam Tafsir Darurat Kepemimpinan Perempuan

Hana Rawhiti, Perempuan Pemberani dan Tarian Haka Ka Mate

Partisipasi Perempuan dalam Kontestasi Pilkada 2024

Membincang Kursi Keterwakilan Dewan Perempuan

“Salah seorang dari kedua (perempuan) itu berkata, “Wahai ayahku, pekerjakanlah dia. Sesungguhnya sebaik-baik orang yang engkau pekerjakan adalah  yang kuat lagi dapat terpercaya. Dia (ayah kedua perempuan itu) berkata, “Sesungguhnya aku bermaksud menikahkanmu dengan salah seorang dari kedua anak perempuanku ini dengan ketentuan bahwa engkau bekerja padaku selama delapan tahun. Jika engkau menyempurnakannya sepuluh tahun, itu adalah (suatu kebaikan) darimu. Aku tidak bermaksud memberatkanmu. Insyaallah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang yang baik.” (QS. Al-Qashash ayat 26-27)

Politik Anak Perempuan Nabi Syu’aib

Berdasarkan penjelasan Buya Hamka, ayat tersebut berkenaan dengan kekaguman anak perempuan Nabi Syu’aib kepada Nabi Musa karena telah membantunya menimbakan air. Anak perempuan Nabi Syu’aib terkagum akan kekuatan fisik dan kewibawaan Nabi Musa saat menimba air. Ia mengusulkan kepada ayahnya agar memperkerjakan Nabi Musa.

Ia menilai Nabi Musa layak menjadi pekerja karena kuat fisik dan dapat amanah. Nabi Musa mampu mengangkat sendirian tutup sumur yang hanya dapat terangkat sepuluh orang. Kedua, Nabi Musa adalah sosok yang amanah dan sangat sopan. Hal ini terlihat saat Nabi Musa berhadapan dengan anak perempuan Nabi Syu’aib yang tak nampak sama sekali tanda nafsu dan serakah pada wajah dan sinar matanya.

Nabi Syu’aib menerima usulan anak perempuannya dan hendak menikahkannya dengan Nabi Musa. Nabi Musa menikah dengan putri Nabi Syu’aib dengan mahar berupa tenaga. Yaitu menggembalakan kambing Nabi Syu’aib sekurang-kurangnya delapan tahun sebagaimana usulan anak perempuannya.

Muhammad Ismail Al-Ascholy, pengarang tafsir Kallā Saya’lamūn menambahkan bahwa ayat tersebut adalah dalil kepiawaian perempuan dalam berpolitik. Ayat tersebut mengisahkan tentang politik anak perempuan Nabi Syu’ab yang meminta agar Nabi Musa  tinggal dekat dengannya.

Perempuan dan Panggung Politik

Dari ayat tersebut sangatlah jelas, bahwa Islam sangat menjunjung tinggi hak-hak perempuan dalam berpendapat. Islam sangat memperhatikan dan tidak mengesampingkan akan suara perempuan. Hal ini sebagaimana kisah Nabi Musa dan anak perempuan Nabi Syu’aib.

Bahkan Abdullah bin Mas’ud mengakui akan ketajaman pandangan anak perempuan Nabi Syu’aib. Sudah selayaknya eksistensi perempuan diakui dan dilibatkan dalam panggung politik. Suara perempuan haruslah dipertimbangkan tidak hanya dipandang sebelah mata.

Kisah kepemimpinan Ratu Bilqis maupun Siti Aisyah dalam perang Jamal menjadi bukti bahwa Islam sangat menjunjung tinggi hak-hak kaum perempuan untuk punya andil di panggung berpolitik. []

 

 

 

Tags: Hak Politik PerempuanKepemimpinan Perempuankuota 30 persenpanggung politikPartai Politik
Shulhan Habib

Shulhan Habib

Mahasiswa Magister prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir Pascasarjana UIN Walisongo Semarang

Terkait Posts

Ahmad Dhani

Ahmad Dhani dan Microaggression Verbal pada Mantan Pasangan

5 Juli 2025
Tahun Hijriyah

Tahun Baru Hijriyah: Saatnya Introspeksi dan Menata Niat

4 Juli 2025
Rumah Tak

Rumah Tak Lagi Aman? Ini 3 Cara Orang Tua Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak

4 Juli 2025
Kritik Tambang

Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan

4 Juli 2025
Isu Iklim

Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim

3 Juli 2025
KB sebagai

Merencanakan Anak, Merawat Kemanusiaan: KB sebagai Tanggung Jawab Bersama

3 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Gerakan KUPI

    Berjalan Bersama, Menafsir Bersama: Epistemic Partnership dalam Tubuh Gerakan KUPI

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Belajar Inklusi dari Sekolah Tumbuh: Semua Anak Berhak Untuk Tumbuh

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rumah Tak Lagi Aman? Ini 3 Cara Orang Tua Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pesan Pram Melalui Perawan Remaja dalam Cengkeraman Militer

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tahun Baru Hijriyah: Saatnya Introspeksi dan Menata Niat

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Yang Benar-benar Seram Itu Bukan Hidup Tanpa Nikah, Tapi Hidup Tanpa Diri Sendiri
  • Islam Memuliakan Orang yang Bekerja
  • Kholidin, Disabilitas, dan Emas : Satu Tangan Seribu Panah
  • ISIF akan Gelar Halaqoh Nasional, Bongkar Ulang Sejarah Ulama Perempuan Indonesia
  • Ahmad Dhani dan Microaggression Verbal pada Mantan Pasangan

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID